Rupa-rupa

1 Agustus 2021

8 Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Pohon mangga ternyata harus "disiksa" supaya cepat berbuah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Cara merawat pohon mangga rasanya penting untuk diketahui ketika Moms ingin mencoba untuk menanamnya di kebun atau pekarangan rumah nih.

Atau apakah Moms sudah punya pohon mangga di rumah? Apakah pohonnya selalu berbuah Moms? Atau justru tidak pernah berbuah?

Nah, bagi Moms yang punya pohon mangga di rumah tapi selalu bertanya-tanya mengapa tidak kunjung berbuah, mungkin Moms perlu melakukan perlakuan khusus untuk merangsang pertumbuhan buahnya.

Ternyata Moms perlu merangsang terbentuknya bunga dan buah pada pohon mangga yang sudah memasuki umur produktif, sekitar 1,5-3 tahun.

Berikut ini adalah cara merawat pohon mangga yang baik dan benar sehingga pohon tersebut bisa berbuah banyak dan Moms sekeluarga bisa panen! Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 7 Jenis Kain Katun dan Keunggulannya, Pilih yang Mana?

Cara Merawat Pohon Mangga

Cara merawat pohon mangga memang bisa dibilang susah-susah gampang, Moms. Terlebih ketika ia sudah mulai tidak berbuah. Berikut cara merawat pohon mangga yang bisa Moms lakukan!

1. Pemangkasan

pohon mangga

Foto: YouTube (HiipHooray)

Cara merawat pohon mangga agar bisa cepat berbuah yang pertama adalah dengan melakukan pemangkasan. Pemangkasan bisa menjadi langkah pertama untuk membuat pohon mangga menjadi cepat berbuah.

Moms bisa memangkas cabang dan ranting yang sudah tidak produktif, cabang dan ranting yang terkena penyakit, ranting-ranting bersilangan serta tumbuh rapat.

Guna pemangkasan adalah untuk membuat penggunaan energi dari proses fotosintesis lebih efisien sehingga kandungan karbohidrat pada pohon mangga akan meningkat. Selain itu dengan pemangkasan juga dapat membuat sinar matahari bisa merata.

Baca Juga: Inilah Caranya Menanam Stroberi Sendiri di Rumah

2. Pemberian Nutrisi

pohon mangga

Foto: syekhfanismd.lecture.ub.ac.id

Cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemberian nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan pohon mangga berupa fosfor dan protein tinggi yang bisa merangsang pembentukan bunga. Moms bisa menggunakan pupuk organik atau anorganik.

Contoh pupuk organik seperti tepung tulang, tepung ikan, tepung darah, dan minyak ikan. Moms juga bisa menyiram air cucian ikan dan hewan laut lain ke pohon mangga karena kandungan protein di dalamnya cukup tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Wajah Agar Putih, Bye-bye Kulit Kusam!

3. Penyiraman

pohon mangga

Foto: paktanidigital.com

Cara merawat pohon mangga agar bisa cepat berbuah yang selanjutnya adalah dengan melakukan penyiraman. Bagi Moms yang baru saja menanam pohon mangga, sebaiknya penyiraman dilakukan setiap minggu karena akar belum terbentuk dengan sempurna, kecuali jika kondisi cuaca sedang musim hujan.

Moms harus melakukannya sampai pohon mangga berusia 8 minggu. Selain itu, Moms juga harus meletakkan atau menanam pohon mangga di tempat yang cukup sinar matahari.

Baca Juga: 4 Tips Menanam dan Merawat Tanaman Buah di Dalam Pot (Tabulampot)

4. Penyayatan

pohon mangga

Cara merawat pohon mangga agar bisa cepat berbuah yang selanjutnya adalah dengan melakukan penyayatan. Maksudnya di sini adalah memberikan sayatan atau luka pada batang pohon mangga.

Tujuannya apa? Dengan Moms memberi luka pada batang pohon mangga, proses distribusi hasil fotosintesis dari daun menuju akar akan melambat. Dengan begitu karbohidrat akan menumpuk di bagian cabang dan daun.

Moms bisa membuat sayatan sekitar 10-20 cm pada batang pohon mangga secara melingkar dengan tujuan mengeluarkan getah pohon sebanyak mungkin. Setelah disayat, kelupas batang pohon mangga sampai kambiumnya hilang ya Moms.

Baca Juga: Simak Cara Menanam Strawberry Sendiri di Rumah, Mudah!

5. Mengusir Hama

pohon mangga

Foto: kristianoey.blogspot.com

Cara merawat pohon mangga agar bisa cepat berbuah yang selanjutnya adalah dengan mengusir hama. Saat musim hujan, biasanya pohon mangga lebih mudah terserang hama penyakit lho Moms.

Maka dari itu, Moms harus peduli akan kesehatan pohon mangga di rumah, karena hama dapat menghambat pertumbuhannya.

Moms bisa menggunakan insektisida dan fungisida. Lalu hilangkan gulma dan buang tangkai yang terdapat benalu pada pohon mangga, karena dapat menghambat penyaluran nutrisi yang diserap.

Baca Juga: Cara Menanam Sawi di Pot dan Hidroponik, Yuk Terapkan!

6. Mengatur Jarak Antar Pohon Mangga

cara merawat pohon mangga

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Rumah123, mengatur jarak antar pohon mangga adalah salah satu cara merawat pohon mangga yang penting.

Bagi Moms dan Dads yang ingin ingin menanam pohon mangga lebih dari 1, cara merawat pohon mangga yang benar adalah dengan mengatur jarak antar pohon mangga dengan bangunan rumah.

Menanam pohon mangga lebih dari satu memang bisa menjadi hal yang menggiurkan. Terlebih karena hasil yang mungkin didapatkan bisa memberikan keuntungan saat panen.

Nah cara merawat pohon mangga lebih dari 1 adalah Moms perlu memerhatikan jarak antar tanaman di halaman rumah.

Hal tersebut perlu diperhatikan karena faktor jarak bisa memengaruhi langsung zat dan unsur hara serta air dalam komposisi yang seimbang.

Jadi, jika air dan unsur hara posisinya berdekatan, maka hal tersebut bisa membuat pohon mangga jadi sulit tumbuh bahkan tak berbuah sama sekali nih, Moms!

Tak hanya itu, selain faktor irigasi dan proses pembuahan, pastikan jarak halaman dengan pohon mangga dalam kondisi ideal agar tak terganggu fasilitas dan distribusi kabel rumah ya, Moms!

Baca Juga: 6 Cara Menanam Mawar di Rumah Supaya Kebun Tampak Cantik

7. Melakukan Pelilitan Batang

cara merawat pohon mangga

Foto: mango.org

Cara merawat pohon mangga selanjutnya adalah dengan melakukan pelilitan batang. Pelilitan dalam pohon mangga sendiri sudah banyak dilakukan lho, Mom!

Dengan melakukan cara merawat pohon mangga yang satu ini, pohon cenderung bisa lebih cepat berbuah.

Tujuan dari pelilitan batang sendiri adalah agar distribusi hasil fotosintesis dari daun ke akar menjadi terhambat. Hak ini terjadi karena penumpukan nutrisi pada bagian batang.

Jadi, nantinya hasil pelilitan dan penumpukan nutrisi akan kembali disalurkan ke bagian sisi buah.

Untuk mengetahuinya, proses pelilitan batang menggunakan kawan untuk mendapatkan hasil buah yang jauh lebih banyak lagi nih, Moms!

Baca Juga: Bagaimana Cara Menanam Kacang Hijau? Ikuti 10 Langkahnya!

8. Pelengkungan Batang

cara merawat pohon mangga

Foto: pxfuel.com

Selain melakukan penyayatan pada batang, cara merawat pohon mangga yang lain adalah dengan cara melakukan pelengkungan batang nih, Moms!

Pelengkungan batang pohon mangga dilakukan untuk merangsang produktivitas buah. Hal ini dilakukan agar pohon melakukan pertumbuhan generatif sehingga bunga dan buah bisa bermunculan.

Dengan melakukan pelengkungan batang, hal itu bertujuan agar batang menjadi datar. Hal ini perlu dilakukan agar nutrisi dan unsur hara menjadi terhambat.

Cara melengkungkan batang adalah dengan menarik cabang yang akan dilengkungkan ke tanah lalu kemudian ditahan dengan tali.

Moms juga perlu memastikan ujung cabang diikatkan oleh pada patok agar cabang tak kembali pada posisi awal.

Baca Juga: 7 Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Itu dia Moms 8 cara merawat pohon mangga agar bisa cepat berbuah. Tips lainnya, Moms jangan terlalu banyak menambahkan pupuk ya, karena hal tersebut justru akan membuat pohon mangga lebih lebat daunnya daripada buah.

  • https://artikel.rumah123.com/9-tips-jitu-membuat-pohon-mangga-di-rumah-berbuah-lebat-ada-cara-gampangnya-68440
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait