Fashion & Beauty

30 April 2021

Ketahui Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Jangan Sampai Salah!

Simak tentang cara mewarnai rambut sendiri di rumah berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Cara mewarnai rambut sendiri di rumah memang gampang-gampang susah. Moms perlu tahu teknik yang tepat agar hasil cat rambutnya dapat merata dan keluar warnanya.

Selain itu, rambut adalah bagian tubuh yang esensial bagi wanita sehingga cara mewarnai rambut sendiri tentunya tidak bisa sembarangan.

Karenanya, tidak mengherankan jika banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat rambutnya. Bukan hanya masalah panjang dan pendek serta keriting lurus, warna rambut memerlukan perhatian tersendiri.

Namun, selama masa pandemi ini, mungkin ada keraguan Moms untuk pergi ke salon. Jangan khawatir, berikut ini akan dijelaskan tentang cara mewarnai rambut sendiri, dengan atau tanpa bleaching. Disimak, ya, Moms!

Baca Juga: Bolehkah Mewarnai Rambut saat Menyusui?

Lakukan Patch Test Sebelum Mewarnai Rambut

Lakukan Patch Test sebelum Mewarnai Rambut .jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mewarnai rambut di rumah itu dapat dilakukan dengan tahapan yang ada. Namun, ada baiknya Moms melakukan patch test terlebih dulu untuk mengurangi risiko terkena alergi atau iritasi karena cat rambut.

Bagaimana cara melakukan patch test sebelum mengenal cara mewarnai rambut sendiri di rumah? Perhatikan beberapa hal ini:

  1. Pertama, pilih cat rambut yang bebas amonia agar lebih aman.
  2. Kemudian, ambil sedikit cat pewarna rambut dengan menggunakan cotton bud. Pastikan Moms mengencangkan kembali tutup botol cat rambut agar bahan aktifnya tidak teroksidasi.
  3. Oleskan cat rambut tadi sedikit ke area belakang telinga Moms.
  4. Biarkan selama 48 jam dan usahakan untuk tidak dicuci atau dibilas.
  5. Jika terdapat tanda-tanda reaksi alergi, segera cuci bersih. Namun, apabila tidak ada tanda-tanda reaksi terhadap cat pewarna, maka Moms bisa melanjutkan proses mewarnai rambutnya.

Pentingnya melakukan patch test, karena alergi atau iritasi pada kulit kepala yang disebabkan cat pewarna rambut bisa berbahaya, lho, Moms.

Alergi cat rambut bisa dilihat dari beberapa tanda-tanda, seperti kulit kepala kering, gatal, kemerahan, dan terasa panas. Selain itu, wajah dan bibir juga akan membengkak, yang diikuti dengan sesak napas.

Baca Juga: Perawatan Tepat untuk Rambut Kering dengan Kulit Kepala Berminyak

Cara Mewarnai Rambut di Rumah Tanpa Bleaching

Cara Mewarnai Rambut di Rumah Tanpa Bleaching

Foto: Orami Photo Stock

Cara mewarnai rambut sendiri di rumah yang penting dan terutama, yaitu memilih warna rambut yang tepat. Tentukan sesuai keinginan dan kecocokan dengan warna kulit Moms.

Nah, apabila Moms baru pertama kali mencoba mewarnai rambut, sebaiknya pakai warna-warna yang natural dan tidak memerlukan bleaching rambut.

Proses bleaching rambut ini, yaitu menghilangkan pigmen warna rambut sehingga hasilnya helaian rambut akan menghasilkan warna yang lebih terang.

Ada kelebihan dan kekurangannya tidak memakai bleaching. Kelebihannya adalah rambut tidak berisiko rusak, kering, rapuh, atau rontok.

Selain itu, proses bleaching sebenarnya mampu membuka lapisan kutikula sehingga akan membuat warna rambut semakin memudar.

Namun, kekurangan dari mewarnai rambut tanpa bleaching adalah hasil warna yang diberikan terkadang tidak terang atau keluar seperti yang diinginkan.

Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba, ya, Moms. Bagi yang berminat mewarnai rambut tidak perlu lagi pergi ke salon, berikut ini cara mewarnai rambut sendiri tanpa bleaching:

Alat dan Bahan:

  • Cat rambut
  • Jepit rambut
  • Kain gelap
  • Kuas rambut
  • Sisir
  • Air
  • Cermin sedang
  • Sarung tangan plastik
  • Shower cap
  • Wadah
  • Sampo dan kondisioner khusus rambut yang diwarnai
  • Handuk bersih
  • Kapas
  • Baby Oil

Cara Pengerjaan:

  1. Campurkan cat rambut dengan air dalam suatu wadah ukuran sedang aduk dengan kuas. Usahakan jangan terlalu encer dan cair.
  2. Pasang kain gelap untuk menutupi baju dan badan hingga ke pangkal leher. Ketika memasang kain ke tubuh tempelkan tisu wajah ke badan pangkal leher untuk melindungi badan dari cairan cat. Siapkan cermin menghadap depan.
  3. Bagilah rambut dalam beberapa bagian dengan sisir dan jepit. Ambil cairan dengan kuas, warnai rambut dengan kuas secara vertikal (pangkal ke bagian ujung) lalu sisir ke belakang.
  4. Lakukan hal yang sama ke seluruh bagian rambut terutama anak rambut di atas telinga dan bagian samping. Lepaskan jepit rambut satu persatu setelah diwarnai banyak dan kecil.
  5. Jika sudah selesai tutup rambut menggunakan shower cap dan tunggu sampai kering lalu bilas.
  6. Gunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai agar hasilnya lebih maksimal. Lanjutkan pula dengan menggunakan kondisioner agar rambut tetap terasa lembut.
  7. Pakai kapas dan baby oil untuk membersihkan sisa cat rambut di belakang telinga dan daerah sekitar dahi.

Itulah cara mewarnai rambut sendiri di rumah tanpa memakai bleaching. Nah, bagaimana dengan cara mewarnai rambut di rumah dengan menggunakan bleaching? Tidak perlu bingung, simak ulasan berikutnya, ya, Moms!

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

Persiapan Sebelum Melakukan Bleaching Rambut

Persiapan sebelum Melakukan Bleaching Rambut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum Moms mengetahui cara mewarnai rambut di rumah dengan memakai bleaching, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hal ini karena tidak setiap jenis rambut cocok untuk menggunakan bleaching dan proses ini tentunya berisiko.

Bleaching rambut dapat sangat mungkin untuk merusak kesehatan kulit kepala. Atau bisa saja hasilnya rambut akan berada di antara warna oranye dan kuning,” ungkap Shvonne Perkins, ahli pewarna rambut di Madison Reed.

Untuk itu, menurut Perkins, pahami persiapan yang belum dilakukan sebelum memahami cara mewarnai rambut dengan bleaching:

  1. Tentukan apakah rambut Moms sudah cukup sehat atau tidak untuk di-bleaching. Jika saat ini Moms memiliki rambut yang kering, patah, dan sangat halus, pertimbangkan kembali sebelum melakukan bleaching rambut.
  2. Jika perlu, usahakan Moms untuk dapat merawat rambut dengan baik dan benar terlebih dulu sebelum memutuskan memakai bleaching rambut.
  3. Sebelum bleaching, pastikan rambut dalam keadaan bersih dan kering. Artinya, tidak ada sampo yang menempel, produk hairstyling rambut, atau pun tidak ada minyak yang berlebihan.
  4. Gunakan pakaian yang memungkinkan Moms untuk mencuci rambut dengan mudah.
  5. Selanjutnya, pahami cara mewarnai rambut yang baik dan benar. Gunakan berbagai media yang ada, jika Moms ingin mewarnai rambut sendiri di rumah.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Tips Sukses Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Cara Mewarnai Rambut di Rumah dengan Memakai Bleaching

Cara Mewarnai Rambut di Rumah dengan Memakai Bleaching.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika sudah melakukan persiapan di atas, berikut ini cara mewarnai rambut dengan memakai bleaching yang bisa dilakukan di rumah.

Alat dan bahan:

  • Produk bleaching rambut yang dipilih
  • Wadah
  • Handuk bekas
  • Baju bekas
  • Sarung tangan latex
  • Baby oil
  • Sampo
  • Kondisioner
  • Aluminium foil
  • Sisir
  • Sampo dan kondisioner

Cara Pengerjaan:

  1. Campurkan produk bleaching rambut dan krimnya sampai merata. Sesuaikan dengan panduan yang biasanya sudah tertulis pada kemasan. Pastikan Moms membacanya dengan seksama.
  2. Bagi rambut menjadi empat bagian dengan menggunakan sisir. Lalu, aplikasikan secara merata. Apabila Moms ingin meng-highlight rambut, gunakan aluminium foil untuk membungkus rambut. Mintalah bantuan apabila Moms merasa kesulitan.
  3. Pakai kapas dan baby oil untuk membersihkan sisa bubuk bleaching yang masih ada menempel di belakang telinga dan daerah sekitar dahi.
  4. Jika ingin hasilnya berwarna oranye, cukup diamkan selama 15 menit. Nah, Moms dapat mendiamkan sekitar 30-45 menit jika Moms menginginkan warna yang lebih pucat.
  5. Bilas rambut sampai bersih. Kemudian, keramas dan gunakan kondisioner agar tetap menjaga nutrisi rambut.
  6. Usai proses bleaching rambut selesai, Moms bisa langsung pada tahap cara mewarnai rambutnya.
  7. Gunakan sarung tangan. Siapkan cat rambut ke wadah yang sudah dibersihkan. Campurkan semua komponen pewarna rambut dan aduk sampai merata.
  8. Sisir rambut menjadi empat bagian. Lalu, aplikasikan secara merata dengan cara mengambil sedikit demi sedikit bagian rambut.
  9. Aplikasikan cat rambut mulai dari akar sampai ujungnya.
  10. Sisir aplikasi cat rambut memiliki dua bagian yang berbeda, yaitu sisir dan brush. Nah, Moms bisa menggunakan bagian brush ini untuk menyapukan cat rambut. Sementara itu, bagian sisirnya untuk meratakan cat rambut ke seluruh batang rambut.
  11. Diamkan selama 30 menit atau sesuaikan waktu dengan kondisi rambut Moms sampai warnanya benar-benar meresap.
  12. Bilas dengan air dingin untuk menutup kutikula rambut yang terbuka selama proses pewarnaan rambut.
  13. Gunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai agar hasilnya lebih maksimal. Lanjutkan pula dengan menggunakan kondisioner agar rambut tetap terasa lembut. Keringkan rambut.

Baca Juga: Bolehkah Mewarnai Rambut Saat Hamil?

Itulah penjelasan tentang cara mewarnai rambut sendiri di rumah, tanpa atau dengan menggunakan bleaching rambut. Tertarik untuk mencoba yang mana, Moms? Pastikan pilih cat rambut sesuai dengan keinginan Moms, ya!

  • https://www.harpersbazaar.com/beauty/hair/a32110293/how-to-bleach-hair/
  • https://www.marieclaire.co.uk/beauty/how-to/how-to-dye-your-own-hair-6656
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait