Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jan 30, 2018

5 Cara Mudah Mengajarkan Si Kecil Makan Dengan Bersih dan Rapi

Bagikan


Pasti Moms sangat mengerti bagaimana sulitnya mengajarkan balita makan, kan? Apalagi saat mulai mengajarkannya untuk makan sendiri, rasanya pasti gemas campur kesal. Moms harus punya mental kuat dan kesabaran ekstra hanya untuk membuat si kecil makan dengan bersih dan lahap.

Tapi tenang Moms, sebenarnya ada kok trik mudah untuk mengajarkan balita makan dengan bersih dan rapi. Yuk coba lakukan 5 hal berikut ini, agar balita cepat mandiri dan mampu makan sendiri dengan bersih!

1. Berikan porsi yang lebih sedikit

foto: momtomomnutrition.com

Balita yang makan dengan berantakan atau acak-acakan biasanya terjadi karena karena Moms terlalu banyak memberikan porsi makan pada Si Kecil. Akibatnya, dia malah memainkan makanan yang diberikan dengan cara dilempar atau diaduk sesuka hati.

Jika setiap kali makan balita selalu memainkan makanannya, coba berikan porsi yang lebih sedikit dan pilih jenis makanan yang solid dan padat. Porsi sedikit akan membuatnya fokus pada makanan yang tersedia, sekaligus menurunkan niatnya untuk bermain dengan makanan.

2. Buat waktu makan lebih cepat

foto: momlifeproject.com

Ayo, apa Moms termasuk orang tua yang sering terlambat menyiapkan makan balita? Jika iya, coba buat waktu makan lebih cepat agar Si Kecil dapat makan dengan bersih dan rapi.

Caranya juga cukup mudah, yaitu jangan berikan makan sebelum balita benar-benar lapar. Jika buah hati diberikan makanan sebelum merasa lapar, besar kemungkinan dia tidak akan tertarik untuk makan berat dan malah memainkannya. Akibatnya, meja makan menjadi kotor dan makanan yang diberikan terbuang dengan percuma.

Baca juga: Ini 4 Tahapan untuk Mengajari Balita Makan Sendiri

3. Gunakan perlengkapan khusus

foto: uncommongoods.com

Perlengkapan makanan yang tidak lengkap atau tak sesuai dengan usia balita juga termasuk salah satu penyebab makan kotor dan tidak rapi lho, Moms. Sekarang sudah banyak piring dan peralatan makan yang dirancang khusus untuk balita, seperti piring dengan suction cup agar tidak mudah jatuh didorong atau dilempar.

Moms juga bisa memakaikan bib atau lap makan pada Si Kecil untuk mencegah makanan jatuh mengenai bajunya.

4. Biasakan makan di tempat dan waktu yang sama

foto: stokke.com

Mempunyai rutinitas makan di tempat dan waktu yang sama setiap harinya ternyata akan membantu Si Kecil makan dengan bersih dan rapi. Biasakan untuk menaruh balita di kursi khusus makan atau booster seat khusus setiap kali dia makan.

Jika memungkinkan, samakan waktu makan Moms dengan Si Kecil agar dia dapat melihat secara langsung bagaimana caranya makan dengan bersih. Perlihatkan padanya contoh makan yang baik, mulai dari mengambil makanan hingga selesai makan.

Baca juga: Moms, Waspadai 4 Makanan Pemicu Alergi Pada Balita Ini

5. Ajak balita untuk membersihkan tempat makannya

foto: rd.com

Mengajarkan balita makan dengan rapi tentu akan sedikit sulit bila tak sambil mengajaknya berpartisipasi. Karena itulah, coba ajak Si Kecil untuk ikut membersihkan tempat makannya setiap kali dia selesai makan.

Caranya tidak sulit kok, cukup minta buah hati untuk menaruh sendok atau garpu di dalam piring dengan rapi. Setelah itu barulah mintanya mengambil dan membuang sisa makanan yang ada di sekitar piringnya. Kalau hal ini dilakukan secara rutin, balita pasti bisa cepat makan dengan bersih dan rapi.

Ternyata tak sulit untuk mengajarkan balita makan makan sendiri tanpa berkotor kan, Moms? Jelas perlu waktu dan kesabaran ekstra untuk melakukannya, tapi percayalah hasilnya akan sepadan.

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.