Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
25 Oktober 2020

Bye-bye Pipi Tembem, Ini 7+ Cara Mudah Meniruskan Wajah!

Tak perlu operasi plastik untuk mendapatkan wajah tirus nan cantik!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Menurunkan berat badan secara keseluruhan memang bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika Moms sedang bertekad menghilangkan lemak dari area tertentu di tubuh.

Salah satu tempat tumpukan lemak yang sangat mudah ditemukan adalah area pipi. Kadang Moms akan sangat frustasi dengan kondisi ini karena bikin jadi tidak percaya diri.

Perlu Moms ingat sekali lagi bahwa menghilangkan area lemak di tubuh tertentu adalah hal yang tidak mungkin. Kecuali Moms punya biasa lebih untuk melakukan sedot lemak di pipi, maka masalah segera terselesaikan.

Namun, jika Moms ingin mencari cara meniruskan wajah secara alami, maka Moms harus menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Rahasia Kulit Glowing Tanpa Pakai Makeup

Penurunan berat badan yang dilakukan dengan konsisten lambat laun juga akan memangkas lemak di area wajah sehingga Moms bisa terlihat tirus.

Untungnya ada banyak strategi yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menjadi cara meniruskan wajah. Ingin tahu caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Cara Meniruskan Wajah yang Tembem

Ingat Moms, hampir tidak mungkin mencari cara meniruskan wajah dengan cepat. Namun, dengan melakukan cara-cara berikut dengan disiplin, maka bukan tidak mungkin tumpukan lemak di pipi akan segera hilang:

1. Lakukan Latihan Wajah

Lakukan Latihan Wajah

Foto: sharpaspirant.com

Mengutip Journal of Clinical & Diagnostic Research, senam wajah adalah salah satu cara meniruskan wajah yang tembem dan memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot.

Penelitian menyatakan bahwa menambahkan senam wajah ke rutinitas rutin juga dapat mengencangkan otot wajah, yang kemudian akan membuat wajah tampak lebih ramping.

Beberapa latihan yang paling populer melibatkan latihan menggembungkan pipi dan mendorong udara dari sisi ke sisi, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik sekaligus.

Meskipun bukti ilmiahnya masih sangat terbatas, namun ada satu penelitian dari Aesthetic Surgery Journal yang membuktikan bahwa senam wajah dapat membangun kekencangan otot di wajah.

Sementara itu, studi lain juga menunjukkan bahwa melakukan latihan otot wajah dua kali sehari selama delapan minggu meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

Perlu diingat bahwa penelitian tentang efektivitas latihan wajah untuk menghilangkan lemak secara khusus masih kurang.

Jadi hingga kini diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi bagaimana latihan ini dapat memengaruhi lemak wajah pada manusia.

Salah satu jenis latihan wajah yang bisa menjadi cara meniruskan wajah dengan cepat adalah melakukan latihan jaw release.

Dengan latihan ini, Moms bisa mendapatkan tulang pipi yang tirus. Latihan ini membantu meregangkan otot di sekitar pipi, rahang, dan bibir. Lakukan latihan dengan berdiri atau duduk tegak dan gerakkan rahang seperti sedang mengunyah sesuatu.

Pastikan bibir tetap tertutup saat Moms mencoba mengunyah, dan tarik napas dalam-dalam saat bersenandung. Selanjutnya, buka mulut lebar-lebar dengan lidah menempel di gigi bawah dan tahan selama lima detik sebelum menarik dan membuang napas lagi.

Ada juga beberapa jenis latihan wajah yang akan membantu mengencangkan 40 atau lebih otot di wajah sehingga bisa menjadi cara meniruskan wajah yang tembem:

  • Untuk mengencangkan otot di sekitar mulut, ucapkan X dan O berturut-turut. Latihan ini membuat otot wajah berkontraksi dan bergerak. Lakukan latihan ini setiap hari, ulangi sebanyak yang Moms bisa.
  • Untuk hilangkan pipi tembem, maka kencangkan otot pipi. Yang harus Moms lakukan adalah membuat wajah ikan dengan menyedot pipi. Ulangi 20 kali setiap hari untuk hasil yang positif.
  • Kerjakan semua otot wajah dengan membuka mulut lebar-lebar dan bulat. Tahan posisi selama 5 detik dan rileks. Ulangi hingga 30 kali dalam sehari.
  • Isi mulut dengan udara agar wajah terlihat gemuk dan bulat. Jaga bibir tetap tertutup, gerakkan udara di mulut dari sisi ke sisi. Lakukan ini selama 5 menit selama sehari.
  • Dengan pijat wajah secara teratur, Moms juga bisa menghilangkan banyak lemak dari wajah. Cara ini bisa meningkatkan oksigen dan sirkulasi darah yang pada gilirannya, membantu mengencangkan wajah.

2. Lakukan Latihan Kardio

Seringkali, kelebihan lemak di wajah disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh. Oleh karena itu, menurunkan berat badan dapat meningkatkan kehilangan lemak dan membantu melangsingkan tubuh dan meniruskan wajah.

Latihan kardio, atau aerobik, adalah semua jenis aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung. Latihan ini juga secara luas dianggap sebagai salah satu metode paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa kardio dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan kehilangan lemak.

Terlebih lagi, mengutip International Journal of Obesity pernah dilakukan tinjauan terhadap 16 penelitian yang menunjukkan bahwa orang mengalami kehilangan lemak lebih besar saat melakukan peningkatan latihan kardio.

Jadi, cobalah untuk mendapatkan 150-300 menit olahraga sedang hingga berat setiap minggu, yang berarti sekitar 20-40 menit latihan kardio per hari. Beberapa contoh umum latihan kardio termasuk berlari, berjalan, bersepeda, dan berenang.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

3. Minum Lebih Banyak Air

Minum Lebih Banyak Air

Foto: egyptindependent.com

Moms pasti paham bahwa air minum sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan bisa menjadi sangat penting jika Moms ingin menghilangkan lemak wajah.

Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat Moms merasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan.

Faktanya, satu penelitian kecil yang dipublikasikan Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa orang dewasa yang minum air saat sarapan menurunkan asupan kalori sekitar 13 persen.

Studi lain menunjukkan bahwa minum air meningkatkan metabolisme sementara sebesar 24 persen.

Meningkatkan jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari juga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan sehingga bisa menjadi salah satu cara meniruskan wajah dengan cepat.

Terlebih lagi, tetap terhidrasi dianggap mengurangi retensi cairan, yang mencegah kembung dan bengkak di wajah.

4. Kurangi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti kue, biskuit, dan pasta adalah penyebab umum penambahan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak.

Karbohidrat ini telah banyak diproses, menghilangkan nutrisi dan seratnya yang bermanfaat dan hanya menyisakan sedikit gula dan kalori.

Karena mengandung sangat sedikit serat, mereka dicerna dengan cepat, menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan risiko makan berlebih yang lebih tinggi.

Satu penelitian besar yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition mengamati pola makan 42.696 orang dewasa selama periode lima tahun menunjukkan bahwa asupan karbohidrat olahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan jumlah lemak perut yang lebih tinggi.

Meskipun belum ada penelitian yang melihat secara langsung efek karbohidrat olahan pada lemak wajah, menukarnya dengan biji-bijian dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan secara keseluruhan dan juga dapat membantu menghilangkan lemak wajah.

5. Perbaiki Jadwal Tidur

Tidur adalah strategi penurunan berat badan umum yang penting. Ini juga dapat membantu Moms untuk menghilangkan lemak dan meniruskan wajah.

Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, hormon stres yang memiliki banyak potensi efek samping, termasuk penambahan berat badan.

Mengutip International Journal on the Biology of Stress menemukan fakta bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah metabolisme, sehingga meningkatkan penyimpanan lemak.

Selain itu, tidur lebih lama dapat membantu Moms menurunkan berat badan. Satu studi menemukan bahwa kualitas tidur yang lebih baik dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan keberhasilan penurunan berat badan.

Baca Juga: 29 Manfaat Buah Pir, Salah Satunya untuk Menurunkan Berat Badan!

Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan asupan makanan, menyebabkan penambahan berat badan, dan menurunkan metabolisme.

Idealnya, usahakan untuk tidur setidaknya delapan jam per malam untuk membantu mengontrol berat badan dan menghilangkan lemak wajah.

6. Pijat Wajah

Pijat Wajah

Foto: yesstyle.com

Cara meniruskan wajah dengan cepat lainnya adalah dengan memijat wajah dengan menggunakan pemijat wajah atau roller giok.

Alat ini dapat membantu mengeringkan cairan limfatik yang mungkin telah menumpuk di wajah, dan membuatnya tidak terlalu bengkak.

Pijatan yang baik juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot wajah. Alhasil kulit akan terlihat lebih awet muda, dan kulit Moms akan menjadi lebih cerah dan bercahaya.

Saat Moms menggunakan penggulung wajah atau pemijat untuk meniruskan wajah, ingatlah untuk hanya menggulung ke atas (jangan menggulung ke atas dan ke bawah).

Mulailah dengan menggulung sepanjang garis rahang ke arah garis rambut selama sekitar lima repetisi, lalu gulung ke atas melewati pipi menuju telinga.

Pindah ke mata bagian dalam dan gulung ke arah pelipis, sebelum melakukan hal yang sama untuk alis mata.

Kemudian, gulung ke atas dari alis mata menuju garis rambut sambil bergerak melintasi dahi, dan akhiri rutinitas memijat wajah dengan menggulung dari tengah dahi ke arah pelipis.

7. Batasi Asupan Garam

Salah satu ciri asupan garam atau natrium berlebih adalah kembung, dan juga bisa menyebabkan wajah bengkak. Ini karena natrium menyebabkan tubuh menahan air ekstra, dan menghasilkan retensi cairan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan natrium yang lebih tinggi dapat meningkatkan retensi cairan, terutama pada orang yang lebih sensitif terhadap efek garam.

Mengutip Journal of American College Nutrition, makanan olahan menyumbang sekitar 77 persen dari asupan natrium dalam makanan rata-rata.

Jadi membatasi makanan cepat saji, camilan gurih, dan daging olahan bisa menjadi cara yang mudah dan efektif untuk mengurangi asupan natrium dalam tubuh. Jadi, pertimbangkan untuk mengurangi asupan natrium agar wajah tampak lebih ramping.

8. Batasi Konsumsi Alkohol

Meskipun sesekali menikmati segelas wine dengan makan malam tidak apa-apa, namun konsumsi alkohol berlebihan bisa menjadi salah satu kontributor terbesar untuk peningkatan lemak wajah dan kembung.

Alkohol tinggi kalori tetapi rendah nutrisi juga dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penambahan berat badan.

Menjaga konsumsi alkohol tetap terkendali adalah cara terbaik untuk mengontrol kembung dan penambahan berat badan yang disebabkan alkohol.

Jika cara meniruskan wajah di atas tidak membuat perbedaan, Moms mungkin perlu melakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Mengenal Diet Defisit Kalori, Turunkan Berat Badan dengan Cepat!

Alergi, infeksi bakteri pada kulit yang disebut selulitis, atau masalah sinus tidak akan menyebabkan penambahan berat badan di wajah, tetapi semua hal ini dapat menyebabkan pembengkakan wajah, dan semuanya dapat diobati.

Artikel Terkait