Gaya Hidup

16 Agustus 2020

9 Cara Mudah Mengatasi Sakit Gigi

Cara mudah ini bisa Moms lakukan dengan cepat di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak yang mengatakan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Hal ini mungkin menunjukkan bahwa sakit gigi benar-benar sangat sakit dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Sakit gigi paling sering disebabkan ketika saraf pada gigi mengalami iritasi, tetapi ada banyak alasan lain bagi seseorang untuk mengalami sakit gigi.

Dilansir dari jurnal Dental (Odontogenic) Pain, sakit gigi disebabkan oleh peradangan pulpa gigi, paling sering akibat karies gigi (kerusakan gigi), penyakit infeksi manusia yang paling umum di seluruh dunia, mempengaruhi 60-90% anak-anak sekolah di seluruh dunia.

Baca Juga: Sakit Gigi saat Hamil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Faktor risiko sakit gigi yang lain termasuk penyakit gusi, plak, kerusakan gigi, cedera gigi, tambalan atau mahkota yang jelek, kehilangan gigi (termasuk pencabutan gigi), dan masih banyak lagi. Makanya banyak cara dilakukan orang untuk meringankan sakit gigi yang dialami. Jika Moms mencari cara mudah untuk meringankan sakit gigi, beberapa cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi sakit gigi. Dicoba, yuk.

1. Menggunakan Minyak Esensial

meringankan sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

Minyak esensial tidak hanya baik digunakan untuk lebih dari sekedar aromaterapi,” kata Jennifer Palmer, pemilik pusat kesehatan Nourishing Journey dan doktor naturopati.

Minyak esensial, terutama minyak atsiri cengkeh atau minyak atsiri pohon teh pada kapas merupakan cara mudah meringankan rasa sakit gigi.

Menurut Dr. Irina Sinensky, dokter gigi di Rumah Gigi New York City, minyak cengkeh mengandung eugenol yang mematikan saraf gigi ketika kita menggunakannya. Minyak ini dapat meringankan rasa sakit.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa bagi Bayi

2. Kumur Air Garam

meringankan sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

Cara meringankan sakit gigi yang sudah melegenda dan diketahui semua orang adalah kumur air garam.

“Larutan saline tidak hanya membersihkan mulut dan bertindak sebagai antiseptik, tetapi juga lebih lembut daripada obat kumur biasa.

“Berguna sebagai antiseptik untuk infeksi gusi dan abses karena air garam menarik semua hal buruk ke dirinya sendiri,” kata Dr. Irina Sinensky. Namun, menurutnya orang dengan tekanan darah tinggi harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba ini.

3. Kompres Dingin

meringankan sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

"Kompres dingin efektif sebagai cara mudah meringankan sakit yang terkait dengan peradangan dan pembengkakan gusi," kata Dr. Irina Sinensky.

Moms dapat membuat kompres dingin sendiri baik dengan merendam handuk dalam air dingin, mengantonginya, dan memasukkannya ke dalam freezer untuk mendinginkannya selama sekitar 15 menit.

Baca Juga: Sinusitis Bisa Menyebabkan Sakit Gigi? Ini Penjelasannya

4. Obat Pereda Sakit Gigi

meringankan sakit gigi

Foto: Orami Photo Stock

Dr. Irina Sinesky menyarankan, minum 600 mg ibuprofen (seperti Motrin) dan dua acetaminophen kekuatan ekstra (seperti Tylenol) setiap 4-6 jam sekali jika rasa sakit berlanjut sampai Moms mengobatinya ke dokter gigi.

Kombinasi ini memberikan analgesik yang kuat untuk pasien dan mengurangi peradangan, yang biasanya menjadi penyebab ketidaknyamanan pada gigi.

5. Gunakan Kompres Panas

mengatasi sakit gigi

Foto: preferreddentalcaresantarosa.com

Selain menggunakan kompres dingin, Moms juga bisa mengurangi ketidaknyamanan pada gigi dengan menempelkan kompres panas ke sisi rahang kita.

Jika tidak punya hot pack, Moms bisa membuatnya dengan mengisi kaus kaki bersih dengan nasi dan mengikat salah satu ujungnya. Kemudian, masukkan kaus kaki berisi nasi ke dalam microwave dan panaskan selama beberapa menit. Panas dari kemasan akan membantu mengganggu sinyal rasa sakit dari mulut ke otak kita.

6. Gunakan Kantong Teh Peppermint

kantong teh untuk sakit gigi

Foto: scitechdaily.com

Secara umum cara ini dianggap aman, kantong teh peppermint memiliki sifat mati rasa ringan yang dapat meredakan nyeri mulut untuk waktu yang singkat.

Sebagian orang lebih suka mendinginkan kantong teh mereka di freezer selama beberapa menit sebelum digunakan. Moms juga bisa mengoleskan kantong teh saat masih hangat lalu menunggu hingga dingin. Ini dapat menciptakan sensasi menyenangkan yang dapat membantu mengalihkan pikiran dari sakit gigi.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

7. Coba Gunakan Bawang Putih

meringankan gigi yang sakit

Foto: Orami Photo Stock

Selama ribuan tahun, bawang putih telah digunakan untuk berbagai khasiat pengobatan. Selain membunuh bakteri yang berpotensi merugikan, ini juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai cara mengatasi sakit gigi, hancurkan satu siung bawang untuk membuat pasta lengket dan oleskan ke area yang sakit. Sebagai alternatif, Moms bisa mengunyah satu siung bawang putih segar dan meludahkannya sebagai penutup.

8. Cobalah Akupresur

sakit gigi pada anak

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupresur mungkin dapat mengatasi sakit gigi dengan menyebabkan tubuh melepaskan endorfin.

Ada poin-poin penting tertentu pada tubuh yang diyakini terkait dengan ketidaknyamanan mulut. Jika Moms ingin mencoba akupresur, pertimbangkan untuk meneliti lebih lanjut tentang hal ini ya.

9. Gunakan Minyak Cengkeh

meredakan sakit gigi dengan cengkeh

Foto: Orami Photo Stock

Digunakan untuk mengatasi sakit gigi sepanjang sejarah manusia, minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan dan nyeri mulut yang mematikan. Ia juga mengandung eugenol, antiseptik alami yang dapat mensterilkan luka mulut.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Kemiri yang Gurih dan Nikmat

Untuk mengatasi sakit gigi, oleskan sedikit minyak ke bola kapas bersih dan oleskan ke area yang gigi yang sakit. Moms dapat mengencerkan minyak cengkih dengan beberapa tetes air atau menambahkan minyak pembawa jika tampaknya terlalu kuat.

Itu dia Moms beberapa cara mudah meringankan sakit gigi yang bisa dilakukan di rumah.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait