Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Fashion & Beauty | Jun 4, 2018

Agar Hasilnya Efektif, Begini Cara Pemakaian Sunblock Sesuai Tingkat SPF

Bagikan


Siapa di sini yang masih malas menggunakan sunblock? Sunblock seringkali dilewatkan dalam perawatan kulit karena kita yang lupa atau tidak terbiasa memakainya.

Sunblock sendiri berfungsi besar pada kesehatan kulit kita, lho. Karena produk ini bisa mencegah kulit kusam dan bernoda akibat sinar matahari.

Supaya tidak salah pakai dan hasilnya efektif, yuk ketahui cara pemakaian sunblock sesuai tingkat SPF!

Tingkat SPF Sunblock

Bagi kita yang sering beraktivitas di dalam ruangan, sebenarnya tingkat SPF 15 sudah cukup, karena kulit tidak langsung terekspos sinar matahari. Namun untuk yang aktif di luar ruangan, sebaiknya menggunakan SPF 30.

“Sinar matahari paling jahat adalah pada jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Makanya di saat-saat itu kita nggak boleh lupa memakai sunblock,” ujar Dr. Maria Adhysti, dokter kecantikan dari Ultimo Clinic.

“Meski kerja di dalam ruangan juga kita tetap harus pakai sunblock, karena sinar matahari bisa menembus jendela. Makanya kadang kulit suka belang padahal cuma berada di dalam mobil,” lanjutnya.

Maria memberikan trik untuk menghitung kapan kita harus mengaplikasikan ulang sunblock sesuai jumlah SPF dan jenis kulit.

Untuk kulit sensitif, terdapat hitungan khusus dalam menggunakan sunblock, yakni 1 SPF x 5 menit. Contohnya, 15 SPF x 5 menit = 45 menit.

Itu artinya, setiap 45 menit, si kulit sensitif harus mengaplikasikan kembali sunblock pada kulit mereka.

Sedangkan untuk kulit normal memiliki jangka waktu yang lebih panjang untuk mengaplikasikan ulang sunblock.

Kalkulasinya adalah, 1 SPF x 15 menit. Misalnya, 15 SPF x 15 menit = 225 menit, 225 menit = 3,7 jam. Berarti kulit normal harus menggunakan ulang sunblock setiap 3,7 jam sekali.

Jika tidak mengaplikasikan ulang di jam-jam yang sudah dihitung ini, fungsi sunblock sudah menghilang dari kulit dan tidak bisa melindunginya lagi dari sinar matahari.

Kalau tidak memungkinkan mengaplikasikan ulang menggunakan sublock berbentuk lotion, Maria juga memperbolehkan kita memakai sunblock dengan bentuk spray yang lebih praktis. Tapi tetap sunblock lotion lebih direkomendasikan, ya.

Bahaya Tidak Memakai Sunblock

Sunblock memang seringkali diremehkan dan dilewatkan untuk dipakai. Padahal sunblock bermanfaat untuk menangkal dampak jahat sinar matahari pada kulit.

“Kalau tidak memakai sunblock, kulit akan jadi kusam, timbul flek-flek hitam karena cahaya UVB, dan jadi gampang keriput,” jelas Maria.

Melewatkan sunblock akan mempercepat penuaan dini, membuat kulit jadi belang, dan bahkan bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Seram!

Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan lagi malas untuk menggunakan dan mengaplikasikan ulang sunblock ya!

(INT)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.