Newborn

NEWBORN
9 Oktober 2020

6 Cara Rumahan untuk Menurunkan Panas Bayi

Pilih cara rumahan yang aman untuk menurunkan panas bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika Si Kecil panas, biasanya Moms akan mencari obat untuk segera menurunkan panasnya karena panik dan khawatir. Padahal, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pemberian obat dan antibiotik yang salah pada anak-anak serta mengkonsumsinya dalam waktu yang cukup lama tidak menyelesaikan pengobatan.

"Orang tua adalah dokter garis depan. Sementara keluarga seharusnya tidak memercayai semua yang mereka baca di Internet, saya mencoba mengajari orang tua cara menilai kesehatan dan penyakit," kata Richard P. Walls, MD, seorang dokter anak dalam praktik pribadi di La Jolla, California.

Ricahard mengatakan, dia percaya pada ‘Aturan Tiga Hari Hingga Lima Hari’. Jika anak terserang virus, biasanya dia akan membaik dalam tiga hari dan hampir membaik dalam lima hari. "Demam dalam 24 jam pertama adalah normal. Namun, jika demam mulai terjadi setelah beberapa hari, infeksi sekunder mungkin akan muncul," jelasnya.

Cara Rumahan Menurunkan Panas Bayi

Jika bayi Moms masih bertingkah normal, masih bermain dan tidak lemas atau rewel, bisa jadi panasnya masih ringan. Moms juga jangan terlalu khawatir ketika dia tidak memiliki nafsu makan.

Selama anak minum dan buang air kecil dengan normal, nafsu makan berkurang adalah hal biasa terjadi saat sedang infeksi. Suhu yang tinggi bisa mengindikasikan tubuh anak sedang melawan infeksi.

Tetapi, jika anak mulai merasa tidak nyaman, rewel, dan merasa seperti sedang kesakitan, berikut ini beberapa cara rumahan yang dapat membantu Moms untuk menurunkan panas bayi.

1. Lap Badan Bayi

demam bayi

Foto: mylittledumbo.blogspot.com

Cara rumahan menurunkan panas bayi bisa Moms coba dengan mengelap badan bayi menggunakan waslap yang sudah direndam air hangat (suhu tidak panas).

Cara ini bisa membantu mendinginkan badan bayi yang sedang panas untuk sementara waktu. Tetapi, hindari mengelap atau memandikan bayi dengan air dingin, Moms.

“Hal ini akan membuat bayi menggigil, yang dapat meningkatkan suhu tubuhnya lebih tinggi dari sebelumnya,” ungkap Dokter Anak di St. John's Children's Hospital, Springfield, Missouri, dikutip dari parents.com.

Ketika badan bayi terkena air dingin, maka justru meningkatkan suhu mereka. Segera keringkan badan bayi setelah dilap dan kenakan pakaian yang tidak tebal.

Baca Juga: Demam Scarlet Pada Balita: Gejala, Penyebab, Dan Pengobatannya

2. Beri Ia Banyak Minum

demam bayi

Foto: happyfamilyorganics.com

Ketika bayi mengalami demam, jagalah agar Si Kecil tetap terhidrasi dengan ASI, susu formula, atau air putih jika usianya mencukupi.

Bahkan jika diperlukan, Moms bisa memberikan ASI, susu formula, atau air putih lebih banyak dari biasanya sebagai cara rumahan yang bisa diterapkan dalam menurunkan panas bayi.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

demam bayi

Foto: purewow.com

Moms bisa mengenakan pakaian yang nyaman dan ringan sebagai cara rumahan dalam menurunkan panas bayi.

Seringkali beberapa dari Moms mengenakan pakaian Si Kecil dengan beberapa lapis dan tebal saat bayi sedang demam, padahal cara ini dapat semakin menaikkan suhu tubuhnya.

Satu lapis pakaian sudah cukup untuk ia kenakan ketika demam dan Moms bisa menambahkan selimut jika bayi terlihat menggigil kedinginan.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Menangani Demam Pada Bayi

4. Istirahat Cukup

demam bayi

Foto: babycenter.com

Pastikan bayi mendapatkan istirahat cukup di tempat nyaman dan tenang. Atur penerangan lampu dalam kondisi mati atau redup, serta hindari membawa bayi yang sedang demam keluar rumah.

Dikutip momjunction.com, beristirahat adalah hal penting sebagai cara menurunkan panas bayi, karena merupakan waktu untuk bayi demam dalam menyembuhkan dirinya sendiri.

5. Dinginkan Suhu Ruangan

cara menurunkan panas pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa menyalakan air conditioner (AC) atau kipas angin pada pengaturan rendah dalam menjaga kamar bayi tetap pada suhu yang nyaman, tidak pengap, panas, atau justru tidak terlalu dingin.

Selain itu, cobalah untuk tidak membawa bayi Moms ke luar rumah, di bawah paparan sinar matahari terlebih dahulu. Moms harus menjaga Si Kecil tetap berada di tempat yang teduh.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengetahui Tubuh Kekurangan Cairan

6. Gunakan Bahan Alami

Selain mengompres menggunakan air dingin, memandikan dengan air hangat, tetap memberi asupan cairan, dan memakaikan pakaian yang nyaman sebagai penanganan pertama, Moms juga bisa menggunakan bahan alami sebagai cara rumahan lainnya untuk menurunkan panas bayi. Bahan-bahan apa saja itu?

  • Bawang
Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -1.jpg

Foto: Bbcgoodfood.com

Bawang merupakan bahan umum digunakan sebagai penambah cita rasa masakan. Namun, bawang juga dipercaya sebagai bahan rumahan untuk menurunkan panas bayi. Ini membantu menurunkan suhu tubuh dan mengurangi sakit tubuh yang disebabkan oleh demam.

Caranya, cukup potong bawang menjadi irisan dan gosok 2 - 3 iris pada kaki bayi masing-masing selama 2 menit. Lakukan ini hingga 2 kali sehari.

  • Jahe untuk Mandi
Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -2.png

Foto: Visvaka.com

Kathi J. Kemper, MD, profesor pediatri di Wake Forest University di Winston-Salem, N.C., mengatakan panas adalah pertahanan yang disiapkan oleh tubuh. "Tubuh sedang mencoba mengatur ulang suhu untuk membunuh bakteri dan virus. Itu adalah gejala, bukan sesuatu yang perlu disembuhkan," jelasnya.

Moms bisa membantu Si Kecil untuk membuat tubuhnya merasa lebih baik dengan mencampurkan sekitar dua sendok makan bubuk jahe dalam air hangat yang akan digunakan oleh bayi untuk mandi.

Biarkan bayi berendam di dalamnya sekitar 10 menit. Jahe akan membantu mengeluarkan keringat yang akan menghilangkan kotoran. Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk demam virus pada bayi.

Baca Juga: Bayi Baru Lahir Demam, Kapan Wajib Dibawa ke Dokter?

  • Minyak Mustard
Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -3.jpg

Foto: Food.ndtv.com

Mirip dengan jahe, minyak mustard yang dicampur dengan bawang putih bila dikombinasikan menjadi bahan yang efektif untuk meningkatkan keringat dan membantu membersihkan racun. Kombinasi tersebut bisa diaplikasikan sebagai olesan saat memijat bayi.

Moms bisa menggunakan 2 sendok makan minyak mustard dan panaskan dalam microwave selama tiga puluh detik.

Tambahkan satu sendok teh bawang putih ke dalamnya dan aduk rata. Panas pada dasarnya membantu mencampur pasta ke dalam minyak. Biarkan campuran selama sekitar 2 menit.

Moms bisa menijat bayi dengan campuran ini dengan lebih lama memijat pada daerah dada, punggung, leher, telapak tangan dan kaki. Karena pijatan juga memiliki efek relaksasi, perawatan ini menjadi cara rumahan untuk menurunkan panas bayi dan membuat Si Kecil terlelap.

  • Putih Telur
Jangan Panik 4 Cara Rumahan Ini Bisa Redakan Panas Bayi -4.jpg

Foto: Healthline.com

Putih telur adalah protein dalam telur yang menyehatkan. Sifatnya yang unik dan kental membuatnya menjadi penyerap panas yang efektif, karena dapat menyerap sejumlah besar energi panas dari sekitarnya saat mengering.

Moms bisa memisahkan kuning telur dari putih telur kemudian kocok putih telur sampai mengembang.

Selanjutnya, celupkan dua waslap kecil ke dalam putih telur kocok selama satu menit agar basah. Bungkus kain lap basah dengan lembut di sekitar kaki bayi dan tutupi dengan kaus kaki longgar untuk menahannya. Biarkan sekitar satu jam.

Baca Juga: Anak Panas Karena Demam? Jangan Panik Dulu

Setelah menggunakan cara rumahan untuk menurunkan panas bayi namun kondisi Si Kecil belum berubah, segera hubungi dokter. Bisa jadi, Si Kecil bukan mengalami demam biasa.

Artikel Terkait