3-12 bulan

24 Desember 2020

7+ Cara Merawat Kulit Bayi, Salah Satunya DImandikan di Waktu yang Tepat!

Tidak boleh sembarang, begini cara yang paling tepat untuk merawat kulit bayi, ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah Moms merasa kebingungan bagaimana cara merawat kulit bayi? Hal itu wajar terjadi. Yuk simak ulasan lengkap cara merawat kulit bayi di bawah ini.

Moms, mempunyai seorang bayi tentunya menjadi anugerah terindah yang dimiliki. Rasanya Moms pasti setuju, setiap ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya sejak dini.

Memberikan ASI sebagai makanan utama bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya menjadi salah satu bukti ibu yang menyayangi anaknya.

Terkait perawatan bayi baru, kulit menjadi salah satu yang perlu Moms perhatikan. Kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa karena jauh lebih tipis. Ini berarti lebih halus dan sensitif. Karenanya lebih rentan terhadap perubahan lingkungan seperti perubahan kelembapan dan suhu.

Karena bayi memiliki reputasi memiliki kulit yang sempurna, jadi agaknya sedikit mengejutkan sebagian besar orang tua baru yang mengetahui bahwa kulit bayi tidak selalu lembut.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare Berbahaya untuk Bayi Kulit Sensitif, Yuk Hindari!

Masalah kulit pada bayi sebenarnya cukup umum terjadi pada tahun pertama kehidupan Si Kecil. Jadi jangan heran jika kulit Si Kecil lebih rentan terhadap alergi, infeksi, ruam dan masalah iritasi lainnya.

Oleh karena itu, menjadi tugas Moms untuk selalu memastikan kulit bayi kita tetap halus dan sehat.

Perawatan apa saja yang harus Moms berikan agar kulit Si Kecil tetap terjaga kesehatannya? Bagaimana cara merawat kulit bayi yang tepat? Yuk kita cari tahu, Moms.

Kulit Bayi Masih Rentan

4 Cara Tepat Merawat Kulit Bayi-1.jpg

Tidak hanya itu, ternyata bayi juga harus dirawat kulitnya dengan baik. Kulit bayi masih sensitif dan rentan terkena alergi, maka cara merawat kulit bayi yang Moms lakukan harus tepat.

Menurut Dr. Bincy Varghese, dermatologis asal India mengungkapkan setiap bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Perawatan utama bayi dilihat dari cara memandikannya.

Sebagian besar bayi yang lahir di rumah sakit akan dimandikan oleh para staf perawat. Namun sepulangnya dari rumah sakit, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menjaga kesehatan kulit bayi.

“Bayi cukup mandi tiga kali seminggu dan pastikan menggunakan air hangat saat memandikannya. Suhu terbaik bisa diukur dengan tangan Moms. Gunakan pembersih yang tidak mengandung pewangi dan setelah mandi bisa gunakan pelembap yang mengandung anti alergi,” ujar Dr. Bincy.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Kulit pada Bayi? Ini Jawabannya

Cara merawat kulit bayi memang perlu berhati-hati, untuk itu saat Moms ingin mengangkat bayi keluar dari bak mandi maka perhatikan hal ini.

Letakkan satu tangan di lehernya untuk menopang kepala dan menopang pantatnya dengan jari-jari Moms di sekitar paha.

Lalu, pakaikan handuk pada seluruh tubuh bayi termasuk juga kepalanya. Setelahnya, Moms baru bisa menggunakan pelembap untuk mencegah kulit bayi menjadi kering.

Mengenai produk perawatan bayi yang Moms pakai, menurut Dr. Bincy, sebenarnya tidak melulu harus berpatok pada produk yang organik atau alami.

“Sebagai orang tua, Moms pasti ingin membatasi paparan kulit anak terhadap bahan kimia. Namun ternyata, produk organik atau alami belum tentu lebih aman atau lebih baik. Faktanya, banyak reaksi alergi dari kulit bayi yang disebabkan produk alami tersebut. Terpenting adalah menentukan produk yang cocok untuk kulit bayi,” lanjut Dr. Bincy.

Baca Juga: Bayi Rewel Karena Kulit Gatal? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Cara Merawat Kulit Bayi dan Anak

Berikut beberapa hal yang harus Moms perhatikan dalam merawat kulit bayi dan anak secara umum. Diperhatikan ya cara merawat kulit bayi di bawah ini, Moms!

1. Mandikan Bayi di Waktu yang Tepat

cara merawat kulit bayi dan anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat kulit bayi yang pertama adalah mandikan bayi di waktu yang tepat. Bayi perlu mandi dua sampai tiga kali seminggu di air hangat, bukan air panas ya Moms. Tujuannya agar tetap bersih.

Langkah pertama untuk mandi bayi yang baik adalah menemukan suhu yang sempurna dan kemudian mengisi bak mandi dengan air tidak lebih dari 2-3 inci. Untuk mencegah bayi kedinginan saat memandikannya.

“Sebaiknya Moms memandikan bayi di suhu ruangan yang hangat, tanpa AC. Lalu gunakan sponge bath hingga tali pusarnya puput. Waktu mandi anak juga tidak harus pagi ya, Moms,” jelas dr. Susie Rendra, Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah – Puri Indah, dalam acara webinas RSPI “Cara Menjaga Kesehatan Kulit dan Anak” Kamis (10/12/2020).

Dokter Susie juga menambahkan untuk anak yang sudah lebih besar dari satu tahun, bisa menggunakan air kran suhu biasa (tanpa pemanas air), atau sedikit hangat. Hindari juga mandi sambil “bermain air” terlalu lama (maksimal 10 menit saja).

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Panduan untuk Ibu Baru

2. Gunakan Sabun Mandi

cara merawat kulit bayi dan anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah gunakan sabun mandi. Namun Moms harus memilih sabun mandi yang tepat untuk Si Kecil ya. Perlu perhatikan tingkat pH, kandungan pelembap, kandungan pewangi, jenis sabun batang atau cair, dan kecocokan individualnya.

“Yang terpenting, ibu perlu memperhatikan kandungan bahan aktifnya dan kandungan pelembap di dalam sabun,” kata dr. Susie.

3. Mengganti Diaper Anak

merawat kulit bayi

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah menggenati diapers. Jumlah pergantian diaper anak harus disesuaikan dengan usia dan jumlah urine Si Kecil. Semakin besar, maka frekuensi akan makin berkurang. Moms perlu segera mengganti diaper anak bila BAB.

Berikut tips benar cara mengganti diaper anak untuk Mom:

  • Bersihkan area popok, ambil air dengan kapas, lalu siram air kran (bila bukan BAB), atau bisa juga gunakan tisu basah.
  • Bersihkan dari arah depan ke belakang.
  • Gunakan cream pencegah ruam popok. Sebaiknya yang mengandung ZnO2.

4. Waspadai Kulit Kering

merawat kulit bayi dan anak

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah waspadai kulit kering. Tidak semua bayi membutuhkan pelembap. Bayi biasanya mengalami bercak kecil kulit kering dalam beberapa minggu pertama setelah pulang dari rumah sakit. Bercak ini sering kali akan hilang dengan sendirinya, tanpa perlu pelembap tambahan.

Baca Juga: 7+ Masalah Kulit Bayi Baru Lahir yang Umum Terjadi

Jika kulit bayi sangat kering atau pecah-pecah, Moms bisa mengoleskan produk berbahan dasar petroleum jelly. Kita juga dapat mengoleskan losion pelembap ke kulit jika bebas dari parfum dan pewarna, yang dapat semakin mengiritasi kulit bayi Moms.

Minyak nabati alami, seperti minyak zaitun, kelapa, atau biji bunga matahari, telah disarankan sebagai pelembap untuk bayi, tetapi ada beberapa bukti bahwa minyak tersebut sebenarnya dapat memperburuk kulit kering atau eksim pada anak-anak.

5. Pakai Popok yang Bersih

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah selalu pakai popok yang bersih. Cegah ruam popok dengan memastikan bayi memakai popok yang bersih dan kering. Periksa popok sesering mungkin, cuci area popok dengan pembersih ringan bebas pewangi.

Moms bisa menggunakan kain bersih yang lembut untuk membersihkannya. Tidak lupa, segera ganti popok saat basah atau kotor.

6. Jangan Pakai Bahan yang Ketat

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah hindari pakaian ketat. Pakaian yang bayi pakai sebaiknya berbahan kain katun yang longgar dan tidak ketat. Hal ini untuk mencegah munculnya biang keringat pada bayi.

Terutama apabila bayi berada pada ruangan di suhu yang hangat atau di luar ruangan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tisu Basah Anti Bakteri untuk Menjaga Kebersihan Kulit Bayi

7. Pijat Bayi

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah lakukan pijat bayi. Nyatanya, memijat kulit bayi adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk merawat kulit bayi. Pijatan juga menjadi cara menyampaikan kasih sayang orang tua pada bayi.

Tidak ada teknik khusus, Moms cukup baringkan bayi di atas selimut atau kain yang lembut dan berada di ruangan yang hangat.

Pijat bagian dada dan perut bayi dengan lembut dan coba untuk melakukan kontak mata dan berbicara pada bayi. Moms bisa menggunakan baby oil yang lembut.

8. Hindari Memakai Bedak

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah hindari memakai bedak. Saat bayi berusia di bawah 1 tahun, sebaiknya hindari memakai bedak yang memiliki partikel halus karena berisiko dihirup oleh bayi. Cukup gunakan pelembap bayi yang tidak mengandung pewangi.

Itulah cara-cara yang bisa Moms lakukan untuk perawatan kulit bayi. Jika terjadi masalah kulit pada bayi, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat, ya, Moms. Jaga kulit Si Kecil karena kulit mereka masih sangat sensitif.

Itu dia Moms beberapa cara merawat kulit bayi dan anak. Ikuti tips di atas ya, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait