Balita dan Anak

5 Juni 2020

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak

Selain waktu tidur yang cukup, ada hal-hal lain yang perlu dilakukan supaya anak bisa konsentrasi dengan baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms sering melihat Si Kecil terlalu aktif dengan kegiatannya dan kesulitan untuk fokus hanya pada satu aktivitas saja? Bisa jadi Si Kecil tengah mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi.

Jangan biarkan begitu saja. Moms perlu membantu Si Kecil untuk meningkatkan konsentrasinya. Sebab, apabila anak tidak bisa berkonsentrasi pada satu kegiatan, hal ini akan membuatnya sulit di masa depan.

Cara Meningkatkan Konsentrasi pada Anak

Menurut The Royal Children Hospital Melbourne, anak-anak kurang berkonsentrasi karena aktivitas yang tidak teratur, kurang tidur, dan waktu bermain gadget yang tidak terkendali, bahkan sampai sebelum tidur.

Masalah ini biasa terjadi dan mungkin Moms tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Jangan khawatir Moms, beberapa cara di bawah ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak.

1. Mengurangi Gangguan

Cara Meningkatkan Konsentrasi pada Anak 1.jpg

Foto: pexels.com

Agar latihan konsentrasi bisa efektif, Moms perlu mengurangi gangguan yang ada. Sebelum masuk ke sesi belajar, pastikan Si Kecil sudah makan atau ke kamar mandi sebelumnya untuk meminimalisir distraksi yang akan mengganggu.

Ketika Si Kecil sedang beraktivitas, berikan perhatian penuh kepada mereka, dan hindari membawa gadget selama menemaninya. Menyetel lagu-lagu yang menenangkan juga dapat membantu Si Kecil konsentrasi selama beraktivitas.

Baca Juga: Tips Menghadapi Anak Tantrum Tanpa Bantuan Gadget

2. Mengatur Jadwal

Cara Meningkatkan Konsentrasi pada Anak 2.jpg

Foto: unsplash.com

Jadwal yang teratur dapat menolong Si Kecil mengetahui kapan waktunya belajar dan bermain. Bukan hanya itu, dengan adanya jadwal ini, anak sejak dini juga bisa diajarkan untuk bisa mengelola waktu dengan baik.

Usahakan membuat jadwal yang rutin dilakukan setiap harinya, mulai dari waktu tidur, belajar, mandi, makan, dan kegiatan lain. Moms cukup atur saja jadwal Si Kecil, tanpa perlu membatasi aktivitasnya.

3. Aktivitas Fisik

Cara Meningkatkan Konsentrasi pada Anak 3.jpg

Foto: pixabay.com

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang melakukan aktivitas fisik mempunyai konsentrasi yang lebih baik. Maka, pastikan Moms memberi waktu yang cukup untuk Si Kecil bermain dengan teman-temannya, ya.

Aktivitas fisik juga dapat dilakukan dengan bermain sendiri. Ada banyak permainan yang yang dapat mengasah kemampuan berpikir anak, seperti permainan puzzle dan blok susun.

Kurangi penggunaan gadget, karena gadget mengurangi aktivitas fisik. Ini adalah salah satu cara meningkatkan konsentrasi pada anak yang paling efektif untuk Moms ikuti.

Baca Juga: Anak Tidak Suka Aktivitas Fisik? Ketahui Alasannya dan Tips Membuat Si Kecil Lebih Aktif

4. Memberikan Makanan dengan Gizi Seimbang

Cara Meningkatkan Konsentrasi pada Anak 4.jpg

Foto: pexels.com

Makanan dengan gizi seimbang juga penting bagi konsentrasi Si Kecil. Memberikan makanan cepat saji terlalu sering akan membuat kinerja otak Si Kecil melambat, sedangkan memberikan makanan yang kaya protein akan membuat konsentrasinya meningkat.

5. Istirahat yang Cukup

Cara Meningkatkan Konsentrasi pada Anak 5.jpg

Foto: pexels.com

Istirahat yang cukup dan teratur menjadi kebutuhan anak-anak untuk mendukung tumbuh kembang dan kemampuan konsentrasinya. Tidur siang selama 20 menit juga mampu membuat Si Kecil berkonsentrasi dengan baik.

Selain itu, waktu tidur yang teratur juga sangat penting agar si Kecil dapat memulai aktivitasnya di pagi hari dengan segar dan bersemangat.

Baca Juga: Berbahaya, Ini 4 Dampak Negatif Anak Kurang Tidur

6. Memberikan Apresiasi

Cara Meningkatkan Konsentrasi pada Anak 6.jpg

Foto: freepik.com

Cara meningkatkan konsentrasi pada anak yang terakhir ialah dengan memberikannya apresiasi. Moms dapat memberikan apresiasi kepada Si Kecil bila ia menyelesaikan tugasnya.

Selain memotivasi, apresiasi juga membuat Si Kecil merasa berharga dan bangga karena sudah berhasil dengan baik. Memberikan apresiasi dapat dilakukan dengan melemparkan pujian dan sesekali memberikan hadiah.

Konsentrasi adalah sesuatu yang dapat dilatih. Keenam cara meningkatkan konsentrasi pada anak di atas akan efektif bila Moms dan Si Kecil melakukannya secara teratur. Selain itu, hal-hal di atas apabila dilakukan secara kompak antara orang tua dan anak juga dapat menguatkan bonding satu sama lain.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait