Kesehatan

KESEHATAN
29 April 2019

Cari Tahu Yuk Moms, Apakah Boleh Menggunakan Softlens Saat Berolahraga

kacamata dan softlens, apakah boleh digunakan saat berlatih?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat ini, kacamata bisa digunakan sebagai alat untuk menunjang penampilan seseorang. Bahkan untuk membuatnya terlihat keren. Meski begitu, akan ada saatnya datang, di mana Si Kecil mulai meminta lensa kontak atau softlens, agar anak tidak perlu menggunakan kacamata lagi.

Lalu, apakah aman jika menggunakan softlens saat sedang berolahraga?

Food and Drug Administration mengkategorikan softlens dan produk perawatannya sebagai suatu perangkat medis. Meski begitu, menggunakan softlens saat berolahraga tidak pernah dilarang.

Softlens bisa menjadi penunjang yang baik saat berolahraga, karena penggunanya tidak perlu khawatir akan kaca yang pecah atau bingkai yang patah seperti kacamata. Di samping itu, soflens juga memberikan pandangan yang tajam saat olahraga atau mengemudi,” jelas Bernard P. Lepri, seorang dokter mata di Contact Lens and Retinal Devices Branch.

Meski begitu, menurutnya kita sebagai pengguna juga harus ingat bahwa softlens merupakan alat medis, bukan kecantikan. Jadi harus digunakan dengan hati-hati dan saat diperlukan saja. Tentunya di bawah anjuran dokter mata.

“Cedera serius pada mata dapat terjadi, terutama jika pengguna tidak mematuhi peraturan penggunaan softlens,” ujar Lepri.

Tips Aman Menggunakan Softlens

soft2

Foto: allaboutvision.com

Orang tua yang mempertimbangkan penggunaan softlens pada anaknya, harus bisa terlebih dahulu mengajarkan mereka cara untuk merawat softlens yang diberikan, terutama dalam hal kebersihan. Moms harus benar-benar memastikan bahwa anak dapat menjaga softlens dengan baik.

Anak-anak memiliki kecenderungan tidak peduli terhadap kebersihan. Bahayanya, bukan tidak mungkin Si Kecil menggunakan air liur sebagai pelembab softlens, atau bisa saja menggunakan softlens palsu yang didapatkan dari pasar, toko peralatan kecantikan, atau internet.

Oleh sebab itu, untuk mencegah cedera mata pada anak, ada baiknya Moms mempelajari tentang cara menggunakan softlens yang baik dan benar, baru kemudian mengajari anak.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Merawat Lensa Kontak

contact lens

Foto: corona-vision

1. Menjaga Kebersihan

Moms yang mengizinkan anaknya untuk memakai softlens di usianya yang masih cukup muda, perlu mengajarkan anak bagaimana cara menjaga softlens tetap bersih dan higienis. Ajari ia untuk selalu mencuci tangan sebelum memasukkan atau melepaskan softlens.

Sesudah mencuci tangan, jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan handuk atau kain yang bersih dan pastinya tidak berbulu.

2. Taati Aturan Pemakaian

Pastikan putra atau putri Moms, menggunakan softlens sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Jangan terlalu lama dari waktu yang dianjurkan.

Hal ini sekaligus menerangkan bahwa memakai softlens saat tidur dilarang, meskipun hanya tidur sebentar saja. Taati aturan yang ada, agar tidak terjadi cedera mata.

Baca Juga: Sebelum Pakai, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan Memakai Lensa Kontak

081816 contactlenses thumb large

Foto: healthline

3. Jangan Memakai Softlens Milik Orang Lain

Ajari anak agar selalu menggunakan softlens milik sendiri. Jangan meminjan milik orang lain atau bahkan softlens bekas pakai. Moms harus pastikan anak hanya menggunakan softlens miliknya seorang.

4. Hentikan Pemakaian jika Terjadi Iritasi

Jangan pernah mengabaikan rasa gatal pada mata, mata perih, iritasi hingga kemerahan, yang dapat menjadi penyebab infeksi yang serius. Lepaskan softlens, lalu segera hubungi dokter mata.

Jika Moms tidak mensosialisasikan hal ini pada anak, bahaya penggunaan softlens seperti luka pada kornea mata hingga kebutaan bisa terjadi. Moms tentu tidak ingin kejadian menyeramkan ini terjadi, kan. Makanya, yuk jadi Ibu yang cerdas untuk melindungi Si Buah Hati.

(AWD/IRN)

Artikel Terkait