COVID-19

COVID-19
11 Juni 2020

Catat! 6 Perlengkapan Wajib untuk Anak Saat New Normal

Pastikan Si Kecil membawa hand sanitizer ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sesuai namanya, kondisi 'new normal' akan mengubah kebiasaan dan pola hidup seseorang di tengah pandemi COVID-19 dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa perlengkapan yang tentunya wajib dibawa bila Moms dan Si Kecil hendak keluar rumah, untuk mengurangi risiko paparan dari virus corona. Ketahui apa saja perlengkapan wajib anak saat new normal berikut ini.

Perlengkapan Wajib Anak Saat New Normal

Agar dapat melindungi diri dari paparan COVID-19 ketika berada di luar, ada perlengkapan yang sebaiknya dibawa oleh Si Kecil. Moms dapat membantu menyiapkan starter kit untuk anak saat new normal.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana, lewat Instagram-nya, memberikan sosialisasi tentang perlengkapan yang diperlukan saat berada di luar dalam menjalan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Tak Hanya Indonesia, Ini Kondisi New Normal di Berbagai Negara

1. Masker Anak

perlengkapan wajib anak saat new normal-1masker.jpg

Foto: insider.com

Tidak hanya dengan rajin mencuci tangan dan menjaga jarak sosial, masker adalah perlengkapan wajib anak saat era new normal. Jangan lupa sering mengingatkan Si Kecil untuk selalu memakai masker.

Siapkan masker cadangan bila Si Kecil berada di luar dalam waktu lama, karena durasi maksimal pemakaian masker adalah 4-5 jam sehari, menurut Paul Hunter, anggota Ahli WHO tentang Pencegahan dan Pengendalian Infeksi untuk COVID-19, dalam artikel The Conversation.

Karena itu, siapkan kantung plastik atau tas kecil untuk meletakkan masker yang telah dipakai.

2. Hand Sanitizer

perlengkapan wajib anak saat new normal-hand sanitizer

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun langkah pembersihan yang terbaik adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetapi hand sanitizer juga diperlukan terutama bila Si Kecil ke wilayah di mana sulit mendapatkan akses air dan sabun.

Siapkan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 70 persen, sebagai perlengkapan wajib anak saat new normal. Dikutip Harvard Health bahwa hand sanitizer dengan kadar alkohol 70 persen dapat membunuh beberapa bakteri dan virus.

Baca Juga: Seberapa Sering Kita Boleh Menggunakan Hand Sanitizer?

3. Jaket atau Luaran (Outter)

perlengkapan wajib anak saat new normal-jaket.jpg

Foto: levi.com

Jaket atau luaran (outter) juga menjadi perlengkapan untuk Si Kecil saat new normal, terutama bila hendak bepergian menggunakan sepeda motor.

Gunakan jaket yang tidak tebal, tetapi dapat melindungi Si Kecil dari paparan udara luar dengan jahitan kain yang tidak terlalu longgar. Jangan lupa langsung cuci jaket atau luaran tersebut setelah digunakan.

4. Tisu Kering dan Basah

perlengkapan wajib anak saat new normal-tisu

Foto: Orami Photo Stock

Menyiapkan tisu basah dan tisu kering adalah perlengkapan wajib lain bagi anak di era new normal. Moms bisa membeli tempat tisu basah dan kering yang digabungkan menjadi satu.

Tisu kering bisa digunakan untuk menyeka hidung ketika hendak bersin, atau mengelap tangan setelah mencuci tangan. Sementara, tisu basah dapat dipakai untuk mengelap permukaan yang perlu dibersihkan.

Tetapi, penting diingat untuk memerhatikan kandungan tisu basah yang digunakan, agar tidak menimbulkan masalah kulit pada anak ya Moms. Karena menurut jurnal Dermatitis, ada kandungan yang bisa menjadi alergen dalam tisu basah, terutama yang mengandung pewangi dan pengawet.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tisu Basah Anti Bakteri untuk Menjaga Kebersihan Kulit Bayi

5. Helm Anak

perlengkapan wajib anak saat new normal-helm.jpg

Foto: bestbeginnermotorcycles.com

Perlengkapan era new normal ini dibutuhkan khusus bagi Si Kecil yang hendak bepergian ke luar rumah menggunakan sepeda motor. Terutama dengan penggunaan ojek.

Pastikan helm tersebut memiliki ukuran yang pas dengan kepala anak. Sehingga tidak hanya memiliki standar keamanan yang baik, tetapi juga nyaman ketika digunakan Si Kecil.

6. Peralatan Pribadi

perlengkapan wajib anak saat new normal-peralatan pribadi.jpg

Foto: amazon.com

Perlengkapan wajib untuk anak saat new normal yang terakhir dan tidak kalah penting adalah perlengkapan pribadi. Misalnya seperti botol minum, tempat makan dengan sendok dan garpu, dan lain sebagainya.

Apalagi, bila kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah kembali berjalan, penting bagi Si Kecil untuk menggunakan peralatan pribadinya sendiri dan hindari berbagi dengan orang lain.

Itu dia Moms, daftar perlengkapan wajib untuk anak saat era new normal. Tetap jaga pola hidup bersih dan sehat saat wabah virus corona, terutama bila sudah melakukan aktivitas harian di luar, ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait