Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perkembangan Anak | Dec 22, 2018

Cegah Anak Tumbuh Dewasa Sebelum Waktunya

Bagikan


Saat ini Anda mungkin pernah mendapati beberapa anak yang menyanyikan lagu-lagu orang dewasa dan sebenarnya belum pantas dinyanyikan oleh anak seusianya. Atau mungkin anak Anda menjadi salah satu dari fenomena ini? Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat tayangan anak-anak terbilang lebih sedikit dibandingkan dahulu. Berikut adalah hal yang harus Anda jauhkan agar anak tidak dewasa sebelum waktunya.

Menonton tayangan televisi yang tidak mendidik

Dewasa ini banyak sekali tayangan televisi yang jelas-jelas mengekspos perilaku dan perkataan yang tidak baik. Sebaiknya saat anak sedang menyaksikan acara di televisi, Anda harus mendampinginya. Pilih saluran televisi yang menampilkan acara anak-anak seusianya, seperti film kartun anak dan acara yang memiliki keterangan BO (Bimbingan Orangtua).

Mendengarkan lagu orang dewasa

Bisakah Anda menghitung berapa banyak lagu anak-anak yang muncul saat ini? Tidak? Karena jumlahnya yang memang tidak banyak. Lantas, bisakah Anda menghitung berapa banyak lagu dewasa yang muncul saat ini? Tidak juga? Karena terlalu banyak. Tidak heran jika anak-anak lebih tahu lagu-lagu bertema cinta, sakit hati, dan perselingkuhan. Oleh karena itu, Anda harus mengontrol anak Anda agar tidak berkata-kata seperti orang dewasa, padahal dia sendiri tidak mengerti maksud perkataannya.

Kurang pengawasan

Bagi Anda yang sibuk bekerja dan menyerahkan anak Anda pada baby sitter, sebaiknya coba luangkan waktu sesibuk apapun Anda bekerja untuk mengontrol sang buah hati. Anda tidak tahu apa yang dilakukan baby sitter pada anak Anda, apakah dia menonton sinetron bersama anak Anda, mendengarkan lagu-lagu dewasa, atau mengobrol tentang masalah orang dewasa dengan temannya. Tanpa disadari, anak Anda ikut melihat dan mendengarkan. Pada usia anak-anak, mereka senang sekali meniru apa yang orang lain ucapkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk selalu mengawasinya.

Berdandan ala orang dewasa

Selain televisi, youtube juga salah satu perantara yang mudah diakses untuk mengubah anak-anak menjadi dewasa. Mereka akan terhubung dengan konten-konten yang berbau dewasa, salah satunya adalah fashion. Maka, tidak heran jika saat ini banyak anak-anak yang sebenarnya masih muda namun berpenampilan seperti orang dewasa sehingga terliht lebih tua.

Banyak sekali hal yang dapat mengubah karakter dan penampilan anak-anak saat ini. Kemajuan teknologi juga turut memberi pengaruh terhadap anak-anak. Banyaknya progam acara sinetron, musik untuk dewasa, dan humor juga telah merajai ranah televisi saat ini sehingga anak-anak tidak banyak pilihan untuk dapat mengonsumsi acara yang sesuai usianya.

--DA

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.