Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | May 8, 2018

Cegah Bau Mulut Saat Puasa, Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar?

Bagikan


Cegah Bau Mulut Saat Puasa, Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar?

Banyak orang yang mengalami gangguan bau mulut saat berpuasa karena kurang memerhatikan kesehatan giginya. Padahal, menjaga kesehatan gigi selama puasa bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana yang tak membutuhkan banyak biaya.

Selain membuat napas lebih segar, kesehatan gigi yang terjaga juga menghindarkan kita dari risiko sakit gigi lantaran sering mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka.

Apakah Mom ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi selama bulan puasa? Yuk, simak informasinya berikut ini:

1. Menyikat gigi rutin

Saat berpuasa, Mom harus menyikat gigi minimal 2 kali sehari untuk menghilangkan sisa makanan dan bakteri jahat yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Selain itu, ada baiknya juga Mom menggosok lidah menggunakan sikat khusus untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel dan menjadi penyebab utama dari bau mulut. Kegiatan menyikat gigi ini bisa Anda lakukan setelah sahur dan berbuka puasa atau sebelum tidur malam.

Baca Juga : Wajah Segar Saat Berpuasa, Simak 5 Tips Ini

2. Banyak minum air putih

Selain penting untuk memenuhi cairan tubuh, mengonsumsi air putih dengan jumlah cukup juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Biasakan untuk selalu minum air putih setelah menyantap hidangan sahur dan berbuka agar sisa makanan tidak menempel di gigi.

Mom harus memperbanyak konsumsi air putih apabila sering menyantap makanan dan minum manis seperti cokelat, cake, dan juga es buah.

3. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, terutama organ dalam seperti paru-paru dan jantung. Tak hanya itu, rokok juga tidak baik untuk kesehatan gigi karena kandungan bahan-bahan kimia di dalamnya membuat gigi jadi kuning dan mulut menjadi kering.

Agar kesehatan gigi senantiasa terjaga, hentikanlah kebiasaan buruk ini dan ganti dengan aktivitas lain yang lebih positif, misalnya saja minum air putih atau menyantap berbagai sayur dan buah segar.

Baca Juga : 9 Tips Mempersiapkan Tubuh Agar Tak Kaget Saat Puasa

4. Kontrol ke dokter gigi

Banyak orang yang menganggap pergi ke dokter gigi hanya perlu dilakukan apabila gigi sakit dan berlubang, padahal kegiatan ini harus Mom jalani secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Dengan rajin memeriksakan kesehatan gigi, Mom akan terhindar dari berbagai gangguan seperti gigi berlubang serta munculnya karies atau karang gigi.

Tak hanya membutuhkan perawatan dari luar, Mom juga perlu melakukan perawatan dari dalam untuk menjaga kesehatan gigi selama berpuasa dengan memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Pilihlah makan dan minuman yang mengandung nutrisi penting terutama kalsium yang bermanfaat untuk menguatkan gigi.

Selain itu, hindari kudapan yang memiliki bahan pewarna buatan dan mengandung terlalu banyak gula karena dapat menyebabkan gigi keropos dan mudah berlubang.

Selamat berpuasa!

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.