Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Dec 23, 2017

Cegah Gemuk Setelah Liburan dengan Tips Ini

Bagikan


ayunan

Liburan kerap kali diisi dengan bersantai dan menjajal makanan enak khas daerah setempat. Menyenangkan, ya, Moms? Namun, banyak yang tak sadar bahwa pola hidup seperti ini dapat membuat berat badan Moms naik beberapa kilogram sepulang liburan. Duh!

Sebelum menyesal, yuk, lakukan tiga langkah ini agar Moms tetap sehat dan bugar sepulang liburan:

1. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

buah-buahan potong

Saat liburan, umumnya orang jarang memerhatikan asupan makanan. Makanan enak yang berlemak, tinggi gula, dan kolesterol jadi santapan yang sulit dihindari. Bertambahnya waktu senggang yang kemudian diisi dengan wisata kuliner khas daerah setempat juga membuat pola makan menjadi lebih sering.

Untuk mengimbanginya, tingkatkan konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran segar untuk menghambat penyerapan lemak dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain menambah jumlahnya, variasikan juga jenis buah dan sayur yang Moms makan agar kebutuhan vitamin dan mineral tubuh bisa terpenuhi.

Zat warna alami yang bernama bioflavonoid dalam buah dan sayur berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh selama liburan. Jika bosan menyantapnya dalam bentuk potongan, Moms bisa mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus tanpa gula atau salad.

2. Tetap Berolahraga

jogging untuk pantai

Saat liburan, bukan berarti olahraganya libur juga, dong, Moms. Moms perlu tetap beraktivitas fisik meski dengan porsi terbatas dan ringan, seperti jogging, berenang, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki sambil menikmati sinar matahari dan udara segar. Tujuannya agar tubuh tetap bugar.

Setelah liburan selesai, barulah kembali lakukan olahraga secara optimal. American College of Sport Medicine menyarankan agar orang dewasa melakukan latihan seperti aerobik, latihan kelenturan, dan latihan kekuatan setidaknya 45-60 menit setiap harinya. Tak perlu latihan berlebihan, karena overtraining bisa meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh.

3. Istirahat Cukup

hammock

Banyaknya aktivitas seru dan menarik saat liburan biasanya membuat waktu tidur berkurang. Akibatnya, karena tubuh tidak punya waktu cukup untuk regenerasi sel, Moms akan merasa lelah.

Sebaiknya, ambil waktu 1-2 hari di sisa waktu liburan untuk beristirahat dan mendapatkan tidur berkualitas sebelum kembali beraktivitas. Cara ini juga mujarab untuk melawan jetlag, lho.

Perlu diingat, tidur berkualitas bukan berarti tidur sepanjang hari. Ini justru akan membuat badan Moms lemas. Tidurlah selama delapan jam, lalu sempatkan olahraga ringan untuk melancarkan peredaran darah. Ketika bangun keesokan harinya, tubuh akan terasa lebih segar dan siap kembali menjalankan rutinitas.

Baca juga: 4 Manfaat Liburan bagi Kesehatan

(MEG)

Foto: Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.