3-12 bulan

6 Oktober 2020

7 Cemilan Bayi 10 Bulan, Si Kecil Pasti Suka Moms!

Moms, ketahui cemilan bayi 10 bulan yang lezat dan bergizi berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Perkembangan yang bisa terlihat dari bayi berusia 10 bulan adalah giginya yang sudah mulai tumbuh, setidaknya 4 gigi di depan mulutnya. Ia sudah mulai mampu menggigit, namun masih sulit untuk mengunyah dengan benar. Perihal memberikan makanan pada bayi 10 bulan, Moms tetap harus memerhatikan teksturnya dengan baik.

Dilansir dari laman Pregnancy, Birth & Baby, pada usia 10 bulan berat badan bayi mungkin saja akan menurun. Hal ini wajar terjadi karena ia akan lebih aktif bergerak dan bermain. Untuk itu, coba tambahkan asupan karbohidrat pada makanannya agar ia tetap bertenaga.

Baca Juga: 8 Cara Aman Menaikkan Berat Badan Bayi, Ampuh!

Cemilan Bayi 10 Bulan

Cara yang bisa dilakukan agar berat badan bayi tetap normal, Moms bisa memberikan cemilan di tengah waktu makan besarnya. Nah, berikut ini cemilan bayi 10 bulan yang dapat dicoba, yaitu:

1. Salad Kentang

7 Cemilan Bayi 10 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Cemilan bayi 10 bulan yang pertama adalah salad kentang. Mudah sekali untuk membuat salad kentang sebagai cemilan yang sehat untuk bayi.

Moms cukup mengukus atau merebus kentang hingga lunak, dan dicampurkan dengan yogurt tanpa rasa selagi masih hangat. Avokad juga bisa dicampurkan untuk menambah rasa.

Kentang kaya akan karbohidrat dan memberikan energi untuk bayi 10 bulan yang sedang aktif-aktifnya. Kentang bukan hanya termasuk ke dalam jenis karbohidrat kompleks, tetapi juga mengandung protein dan vitamin C.

Varian lainnya yang bisa Moms coba yaitu membuat keripik atau stik kentang rumahan yang renyah dan tetap bergizi.

Baca Juga: Resep Perkedel Kentang Enak, Bikin Ketagihan

2. Cupcake

7 Cemilan Bayi 10 Bulan.jpg

Foto: wifemamafoody.com

Cemilan bayi 10 bulan yang selanjutnya adalah cupcake. Pada dasarnya, bahan roti yang terbaik untuk bayi yang baru mengenal makanan padat adalah gandum. Nah, tidak ada salahnya Moms membuat kreasi baru yaitu cupcake yang terbuat dari gandum. Cemilan satu ini sudah pasti akan mengenyangkan untuk Si Kecil. Jadi, Moms tidak perlu takut berat badan bayi akan menurun.

Beberapa tambahan varian cupcake lainnya yang bisa dipilih yaitu blueberry, selai kacang, atau keju. Cupcake juga bisa dijadikan finger food untuk melatih koordinasi tangan dan mulutnya, serta melatih kemampuan mengunyahnya menjadi lebih baik lagi.

Namun, ada baiknya untuk tetap membuat cupcake sendiri di rumah untuk menghindari adanya garam atau gula tambahan yang masih belum dikonsumsi bayi di bawah 1 tahun.

“Pendekatan memberi makan bayi adalah mengikuti isyaratnya dan mengadopsi pemberi makan dengan sendok dan finger food. Jika ingin nutrisi maksimal didapatkan bayi, tentunya ibu masih harus menyuapinya.

Namun, cara terbaik untuk melatih bayi makan sendiri adalah memberikan finger food,” ungkap ahli diet pediatrik, Dr. Kyla Smith dari Baby Mealtimes.

3. Kurma

7 Cemilan Bayi 10 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Cemilan bayi 10 bulan yang selanjutnya adalah kurma. Memperkenalkan kurma pada bayi tidak perlu menunggu bulan puasa dulu, ya, Moms! Faktanya, buah satu ini bisa menjadi cemilan yang sehat, manis, dan bergizi untuk Si Kecil.

Namun, hindari memberikan kurma kering karena kekuatan mengunyah bayi 10 bulan belum optimal. Cemilan dari kurma dengan merebusnya atau dibuat menjadi bentuk puree.

Studi yang diungkapkan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition menyebutkan, kurma matang dapat membantu memperkuat gusi dan membuat gigi bayi yang baru tumbuh menjadi lebih kuat.

Selain itu, mengunyah kurma yang matang mampu menjadi latihan baik untuk bayi yang sedang tumbuh gigi.

Kurma juga mengandung antioksidan yang berguna untuk membantu bayi melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya setiap hari.

Selain itu, kurma juga menjadi buah dengan kandungan serat yang tinggi dan berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuhnya.

Baca Juga: Memberikan Kurma pada Bayi yang Baru Lahir, Amankah?

4. Potongan Pisang

7 Cemilan Bayi 10 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Cemilan bayi 10 bulan yang selanjutnya adalah potongan pisang. Saat bayi berusia 10 bulan, Moms tidak perlu lagi membuat puree atau bubur pisang. Teksturnya lembut membuat pisang menjadi buah yang mudah dicerna oleh bayi 10 bulan.

Cukup potong pisang menjadi ukuran yang kecil-kecil, lalu berikan sebagai finger food untuk bayi. Nah, pisang bisa menjadi cemilan instan dan menyehatkan untuk bayi 10 bulan.

Varian lainnya, Moms bisa mencampurkan yoghurt tanpa rasa buatan agar memperkaya cita rasanya. Rasa pisang yang umumnya manis akan membuat Si Kecil lebih mudah tertarik. Pisang adalah buah yang tinggi kandungan serat sehingga membuat kenyang lebih lama dan membantu membersihkan usus.

Selain itu, pisang juga dinilai mampu mengatasi infeksi saluran kemih yang biasanya sering menyerang bayi. Kandungan kalium dan kalsium yang terdapat dalam pisang juga mampu memperkuat tulang bayi yang sedang bertumbuh.

5. Anggur

7 Cemilan Bayi 10 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Cemilan bayi 10 bulan yang selanjutnya adalah anggur. Buah anggur dapat menjadi cemilan yang menyehatkan untuk bayi. Buah yang kaya karbohidrat ini mampu mendukung pertumbuhan sel otak bayi. Selain itu, ada banyak nutrisi lainnya yang terdapat dalam anggur.

Studi dari Food & Nutrition Research mengungkapkan anggur mengandung serat, vitamin B6, vitamin C, dan mineral penting lainnya seperti kalsium, folat, magnesium, dan kalium.

Kandungan asam folat dalam buah anggur juga berguna untuk pembentukan sel saraf dan otak bayi. Sementara itu, kandungan magnesium akan membantu melancarkan pencernaan dan mencegah bayi sembelit. Jadi, nutrisi dalam anggur tidak perlu diragukan lagi, ya, Moms. Lantas, bagaimana cara mengolah anggur menjadi cemilan yang aman untuk bayi?

Sebenarnya, anggur sudah mulai bisa diperkenalkan pada bayi saat berusia 8 bulan. Namun, tekstur yang paling aman adalah dengan cara ditumbuk atau dibuat puree.

Saat bayi berusia 10 bulan, Moms sudah bisa mencoba memotong anggur menjadi potongan kecil-kecil dan menjadikannya finger food. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar karena berisiko membuat bayi tersedak.

Baca Juga: 5 Jenis Buah dan Sayur yang Terbaik Sebagai MPASI untuk Bayi

6. Pancake Mangga

7 Cemilan Bayi 10 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Cemilan bayi 10 bulan yang selanjutnya adalah pancake mangga. Pancake mangga bisa menjadi menu cemilan yang lezat dan menyehatkan untuk Si Kecil. Cara membuatnya juga mudah sekali. Bahan yang diperlukan hanya telur, susu formula/ASI, dan irisan mangga yang matang. Semua bahan dimasukkan ke dalam food processor dan dimasak dalam bentuk pancake.

Jika ingin tambahan lainnya, Moms bisa mencampurkan setengah cangkir oat. Nah, cemilan yang lezat ini juga menyehatkan karena tidak mengandung gula atau garam tambahan. Selain itu, Moms juga belum boleh memberikan madu sebelum Si Kecil berusia 1 tahun.

Dilihat dari bahan utamanya, mangga, tentunya mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Mangga mengandung serat yang tinggi, jadi ada baiknya mengenalkan pada bayi sesudah ia berusia 8 bulan lebih.

Manfaat yang bisa didapatkan dari mangga adalah melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi dari bahaya radikal bebas, dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi GTM Bayi dengan Mudah

7. Potongan Keju

7 Cemilan Bayi 10 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Cemilan bayi 10 bulan yang instan lainnya, Moms bisa memilih keju. Coba mulai dengan variasi keju yang dipasteurisasi seperti mozarella atau cheddar. Caranya dengan dipotong berbentuk dadu kecil atau diparut.

Keju menjadi dairy yang mengandung kalsium dan baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Keju parut juga bisa menjadi topping yang lezat untuk aneka makanan bayi lainnya.

Itulah cemilan bayi 10 bulan yang bisa dipilih. Moms tertarik untuk mencoba yang mana?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait