3-12 bulan

6 Oktober 2020

Rekomendasi Cemilan Bayi 7 Bulan yang Menyehatkan

Menu yang lezat dan bergizi, berikut ini cemilan bayi 7 bulan yang bisa dipilih.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Bayi berusia 7 bulan akan semakin aktif bergerak. Ia mulai merangkak dan berguling, serta senang untuk berinteraksi dengan mainan yang ada di sekitarnya.

Bayi 7 bulan juga seharusnya mampu mengunyah makanan padat. Moms bisa mengenalkan tekstur makanan yang lebih tebal dari awal MPASI dimulai. Ketahui apa yang bisa dijadikan cemilan bayi 7 bulan berikut ini.

Rekomendasi Cemilan Bayi 7 Bulan

Nah, menurut rekomendasi para ahli di WebMD, setiap kali memperkenalkan makanan baru, coba tunggu beberapa hari sebelum memberikan jenis makanan lainnya. Hal ini untuk memperhatikan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, atau mengi.

Melihat aktivitasnya yang semakin lincah, bayi 7 bulan tetap memerlukan cemilan di sela waktu makan besarnya. Hal ini untuk menjaga berat badannya agar tidak menurun dan mencukupi nutrisinya.

Berikut ini cemilan bayi 7 bulan yang dapat Moms berikan, yaitu:

1. Irisan Pisang

7 Cemilan Bayi 7 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Moms, coba potong pisang menjadi irisan atau potong menjadi seukuran kepalan tangan bayi. Faktanya, pisang bisa menjadi makanan yang lembut, manis, dan bergizi sebagai cemilan bayi 7 bulan.

Warnanya yang menarik juga membuat perhatian bayi sehingga ia akan berkeinginan untuk mencobanya.

Kandungan nutrisi pada pisang juga tidak perlu diragukan lagi, ya. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry mengungkapkan, pisang mengandung potasium yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulang bayi.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk menetralkan natrium sehingga baik untuk menguatkan tulang.

Manfaat lainnya, pisang memiliki kandungan serat yang baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan bayi. Cara membuat cemilan pisang sebagai cemilan bayi juga bisa dibuat menjadi puding, pancake, atau puree.

Namun, seperti diungkapkan dalam National Health Service UK, bayi tidak membutuhkan garam atau gula tambahan ke makanannya. Alasannya karena tidak baik untuk kesehatan ginjal dan sebabkan kerusakan gigi.

Jadi, dalam menyajikan menu MPASI apa pun, hindari memberikan garam atau gula tambahan, ya, Moms.

Baca Juga: 5 Permainan Seru untuk Bayi 7 Bulan

2. Sereal Kering

7 Cemilan Bayi 7 Bulan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cemilan bayi 7 bulan yang satu ini bisa dikonsumsi bayi di sela waktu makan siangnya. Sereal kering bisa menjadi pilihan yang praktis dan mudah dibawa ketika harus bepergian bersama Si Kecil.

Pilih sereal kering bebas gula seperti cornflake sebagai cemilan bayi 7 bulan. Moms bisa mencoba memberikan sereal pada Si Kecil agar ia mampu memegang dan memasukkan ke dalam mulutnya sendiri.

Selain cornflake, Moms bisa memilih sereal yang terbuat dari beras, barley, atau oat sebagai pilihan lainnya. Sereal juga bisa dicampurkan ASi agar teksturnya lebih lembut, namun hindari dengan menambahkan gula tambahan atau jus buah.

American Academy of Pediatrics (AAP) sudah menyatakan bahwa jus buah tidak menawarkan nutrisi apa pun untuk bayi di bawah 1 tahun dan sebaiknya tidak boleh dimasukkan ke dalam makanan mereka.

3. Apel Rebus

7 Cemilan Bayi 7 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Mengupas, memotong-motong, dan merebus apel bisa menjadi cemilan yang sehat untuk bayi 7 bulan. Apel yang dikukus juga bisa menjadi pilihan lainnya. Ditambah lagi, rasanya yang manis akan menarik perhatian bayi.

Nah, kalau dilihat dari segi manfaat, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Apel mengandung phytochemical yang disebut flavonoid, yang berperan utama sebagai antioksidan yang mampu menambah sistem kekebalan tubuh bayi.

Selain itu, apel sebagai cemilan bayi 7 bulan juga mengandung polifenol untuk mengurangi cedera lambung dengan membentuk lapisan pelindung pada lambung.

Nah, apabila bayi sudah dikenalkan dengan makanan padat, Moms bisa mengajarkan bayi untuk makan di meja makan khusus untuknya. Selain itu, usahakan jadwal makan bayi juga teratur dan berbarengan dengan anggota keluarga lainnya.

Hal ini menanamkan kedisiplinan pada dirinya sejak dini. Jika tidak bisa makan bersama keluarga, cukup pastikan bayi makan di tempatnya agar lebih teratur.

Baca Juga: 3 Inspirasi Unik Menyajikan Sayuran Hijau Untuk MPASI Bayi 7 Bulan

4. Labu Panggang

7 Cemilan Bayi 7 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Ingin menu cemilan bayi 7 bulan yang sehat lainnya? Nah, Moms bisa memilih labu panggang untuk Si Kecil.

Caranya cukup panggang labu sampai matang, yang bisa dilihat dari kulitnya yang mengerut dan dagingnya terasa lunak. Setelah itu, haluskan labu dengan ditumbuk atau menggunakan mesin pelumat, dan tambahkan air secukupnya.

Rasanya yang manis akan membuat labu menjadi cemilan yang lezat untuk bayi. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam labu juga tidak boleh disepelekan, lho, Moms.

Labu mengandung vitamin C yang membantu mencegah bayi dari berbagai infeksi penyakit dan meningkatkan sistem imun tubuhnya.

Selain itu, labu juga mengandung triptofan yang membantu tubuh memproduksi serotonin. Nah, asam amino ini membantu membuat tubuh bayi menjadi lebih tenang, rileks, hingga akhirnya ia bisa tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: 5 Resep Menu MPASI Harian untuk Bayi 7 Bulan

5. Keripik Bayam

7 Cemilan Bayi 7 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Bayam jadi cemilan bayi 7 bulan, memangnya bisa? Ini bisa saja menjadi pertanyaan yang muncul di dalam pikiran Moms. Jawabannya, tentu bisa. Semua tergantung cara pengolahan bayam itu sendiri.

Menjadikan sayuran sebagai cemilan bayi juga akan mengajarkannya untuk mengenal sayuran sejak kecil.

Salah satu kreasi yang bisa dicoba adalah membuat keripik bayam dengan menggunakan minyak zaitun. Sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin K yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, bayam juga kaya kalsium dan magnesium yang berperan dalam memperkuat tulang. Bayam juga mengandung vitamin A dan membantu menjaga kelembapan kulit bayi.

Jika tidak ingin membuat keripik, bayam atau sayuran lainnya bisa dijadikan cemilan dengan merebus dan menyajikannya bersama buah-buahan manis.

“Bayi terlahir dengan ketidaksukaan alami pada makanan yang rasanya pahit, seperti kebanyakan sayuran hijau. Untuk itu, bisa dicampurkan dengan buah-buahan. Semakin sering ia memakannya, maka ia akan belajar untuk menyukainya,” ungkap Julie A. Mennella, ahli biopsikologi di Monell Chemical Senses Center, Philadelphia.

6. Puding Mangga

7 Cemilan Bayi 7 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Mangga adalah salah satu buah yang juga kaya akan vitamin C. Ada berbagai cara untuk menyajikannya sebagai cemilan bayi 7 bulan. Bisa ditaruh ke dalam wadah makanan kecil agar mudah diraih bayi. Atau dengan membuatnya sebagai puding mangga yang lezat.

Pilih mangga yang dasarnya sudah terasa manis sehingga Moms tidak perlu menambahkan gula tambahan. Alternatifnya, coba tambahkan chia untuk memperkaya rasa dari puding tersebut. Teksturnya yang lembut membuat bayi mudah untuk mengunyahnya.

Namun, ada hal penting yang perlu Moms pahami. Di dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan, mengonsumsi buah mangga bisa menyebabkan reaksi hipersensitivitas langsung dan bahkan bisa mengancam jiwa. Namun, kasus ini sebenarnya jarang terjadi.

Maka dari itu, sebaiknya Moms tetap memerhatikan reaksi alergi yang mungkin ditunjukkan bayi seusai mengonsumsi mangga.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Berbahan Jagung Untuk Bayi 7 Bulan

7. Yoghurt dengan Nanas

7 Cemilan Bayi 7 Bulan

Foto: Orami Photo Stock

Nanas sebaiknya dikenalkan pada bayi setelah usianya 6 bulan agar sistem pencernaannya lebih berjalan optimal. Memang, mengenalkan makanan dengan rasa yang cenderung asam bisa menjadi tantangan sendiri untuk Moms.

Namun, jangan khawatir. Pada dasarnya, nanas juga mengandung nutrisi yang baik untuk bayi. Coba campurkan plain yoghurt full-fat dengan nanas yang sudah dibuat dalam bentuk puree.

Dilansir dari Harvard School of Public Health, nanas mengandung antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker, mengoptimalkan kinerja organ penglihatan, dan berfungsi sebagai penangkal penyakit kronis lainnya.

Nah, tentunya bisa menjadi cemilan yang bernutrisi untuk bayi dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Itulah beberapa jenis cemilan bayi 7 bulan yang bisa Moms pilih sesuai kebutuhan. Nah, tertarik untuk mencoba yang mana?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait