Newborn

NEWBORN
30 Desember 2020

Ini 10 Bahan Kaos Terbaik untuk Anak dan Bayi, Jangan Salah Pilih!

Katun, bahan yang sangat cocok untuk baju bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebagaimana diketahui, baju bayi diproduksi menggunakan berbagai macam variasi kain. Moms mungkin berpikir akan membaca label dari masing-masing baju yang dibeli untuk Si Kecil, akan tetapi itu bukan pekerjaan yang mudah. Moms bukan tidak mungkin dibuat bingung oleh label yang ada pada setiap baju atau celana bayi.

Dibandingkan dengan jenis pakaian umumnya, pakaian bayi harus disesuaikan dengan kulit mereka yang masih sangat lembut. Sehingga baju bayi harus mampu memenuhi sejumlahh persyaratan seperti memiliki daya serap keringat yang tinggi, tidak panas dan sejuk di kulit bayi.

Baca Juga: 5+ Tips Memilih Pakaian Bayi, Jangan Asal Beli!

Untuk membantu Moms mempertimbangkan pilihan bahan baju bayi yang nyaman dan cocok dipakai oleh Si Kecil, di bawah ini merupakan beberapa bahan baju yang bisa Moms kenali melalui label pakaian bayi.

Bahan Kaos Terbaik untuk Anak

Berikut ini ada beberapa bahan kaos yang bisa Moms pilih saat membeli baju untuk si buah hati.

1. Cotton Viscose (CVC)

bamboo

Foto: Orami Photo Stock

Jenis katun ini biasa disebut juga CVC, yang merupakan campuran cotton combed 55% dan viscose 45%. Bahan katun viscose juga nyaman dikenakan oleh anak karena bahannya mudah menyerap keringat, selain itu tingkat susutnya lebih kecil dibandingkan dengan kemeja katun murni walaupun sudah dicuci terlalu banyak.

2. Cotton Bamboo

Dari sekian banyak pilihan bahan baju bayi dari serat alami, bamboo termasuk sebagai pilihan yang cukup populer. Sangat cocok dipakai untuk outwear dan jenis bahan baju ini juga mudah menyesuaikan dengan suhu badan bayi. Termasuk juga bersifat anti bakteri dan anti alergi. Ini juga merupakan bahan yang dihasilkan dari 100% kapas.

Nah, sekarang tentunya Moms sudah tidak perlu lagi kesulitan dalam memilih baju bayi dengan bahan yang benar-benar nyaman mereka kenakan. Secara sederhana, berat kain sebenarnya menjadi penentu dari pola atau model pakaian.

Dimana kain yang ringan umumnya digunakan untuk model pakaian musim panas atau dipakai saat cuaca sedang hangat. Adapun kain yang berat cenderung digunakan sebagai bahan dari berbagai model pakaian yang dipakai pada saat cuaca sedang dingin.

3. Cotton Modal

bahan kaos terbaik

Foto: kaospabrik.com

Banyak yang mengita bahwa bahan kaos Cotton Modal kualitasnya sama dengan bahan kaos Cotton Bamboo, apakah benar? Keduanya tidaklah sama. Bahan kaos cotton modal kualitasnya diatas cotton bamboo atau lebih bagus dari cotton bamboo.

Bahan kaos ini adalah bahan kaos yang dibuat dari bahan dasar campuran dengan komposisi 50% serat cotton dan 50% serat kayu (beechwood). Kain berbahan dasar alami dengan kualitas premium ini mempunyai karakteristik yang sangat halus dan lembut, kainnya sangat ringan di kulit, permukaan kainnya berkilau dan mempunyai anti bakteri yang juga sangat cocok untuk Moms yang memiliki akan dengan jenis kulit sensitif.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare Berbahaya untuk Bayi Kulit Sensitif, Yuk Hindari!

4. US Pima Cotton

Mungkin Moms jarang mendengar bahan kaos ini, namun sebenarnya bahan kaos ini termasuk dalam kategori kain premium, sama seperti bahan cotton bamboo dan cotton modal. Bahkan dikatakan bahwa US Pima Cotton adalah kain kaos yang paling mahal di antara kain kaos lainnya.

Berikut ini adalah kelebihan dari bahan US Pima Cotton yang membuatnya lebih mahal dari kain lainnya:

  • Serat yang langka dan lebih Kuat

Serat yang digunakan untuk membuat kain US Pima Cotton merupakan serat yang langka karena total panennya hanya 1% dari total seluruh kapas dunia. Kapasnya sendiri berasal dari Amerika dan sudah diakui oleh seluruh belahan dunia bahwa US Pima Cotton merupakan bahan kaos terbaik dan komposisi yang terdapat pada cotton supima adalah 100% serat katun.

Selain serat nya yang langka, US Pima Cotton pun mempunyai serat yang lebih panjang dan dipastikan kain yang dihasilkan pun lebih kuat dibandingkan dari kain katun lainnya

  • Kainnya lebih lembut

Kain yang dihasilkan dengan menggunakan bahan terbaik pastinya akan terbaik pula, US Pima Cotton mempunyai permukaan kain yang benar-benar lembut dan sangat nyaman digunakan maka dari itu kami merekomendasikan Moms untuk menggunakan kain US Pima Cotton ini sebagai bahan untuk membuat baju anak dan akan memberikan kesan lebih mewah.

  • Warna lebih terang

US Pima Cotton bisa menyerap pewarna dengan baik sehingga kainnya menjadi berwarna lebih cerah dan cemerlang, warnanya pun tahan lama, tidak seperti kaos kebanyakan.

Dengan kualitas terbaik ini, Moms bisa membuat anak-anak merasa nyaman ketika menggunakan kaos pada saat beraktivitas, karena bahan ini juga bisa menyerap keringat dengan baik.

Bahan Kaos Terbaik untuk Bayi

Selain untuk anak, Moms juga harus bisa memilih bahan kaos terbaik untuk bayi yang baru lahir. Ada apa saja? Yuk kita lihat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

5. Cotton (Katun)

bahan kaos terbaik untuk anak

Foto: bikin.co

Ini merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk pakaian bayi dan anak. Bahan kaos ini memiliki tekstur yang lembut dan nyaman di kulit bayi. Selain itu, katun juga bersifat menyerap.

Bahan katun dibedakan menjadi 2 macam yang dibedakan oleh pembuat benang, antara:

  • Cotton combed, adalah jenis bahan katun yang paling sering digunakan sebagai kaos. Hal ini dikarenakan bahan katun jenis ini memiliki serat yang halus sehingga akan terasa nyaman saat dikenakan dan tentunya dapat mengeluarkan keringat dengan baik. Selain digunakan sebagai bahan kaos, bahan katun juga sering digunakan sebagai bahan kaos distro.
  • Cotton carded, berbeda dengan cotton combed, katun cardboard jarang digunakan sebagai kaos. Walaupun jenis benang yang digunakan hampir sama namun sayangnya tampilan benang dan rajutannya kurang tertata dengan baik sehingga membuat tampilan kaos kurang rapi.

Bahan baju bayi umumnya adalah katun organik dan bahan ini bisa menyusut hingga 10% pada pencucian yang pertama. Terlebih jika dikeringkan menggunakan mesin pengering atau disetrika.

6. Cotton/Spandex Blends (Campuran Spandek)

Campuran katun dan spandek termasuk bahan yang sangat nyaman dipakai bayi. Cenderung longgar, bahan ini akan memudahkan bayi untuk bergerak dengan nyaman.

Umumnya, kombinasi kedua bahan yang bagus ini dikenakan bayi yang mana usianya sekitar 6 hingga 24 bulan (2 tahun). Di usia inilah bayi mulai begitu aktif dan lincah dalam pergerakannya sehingga pakaian yang nyaman sangat dibutuhkan.

Jadi jangan heran bahan ini banyak ditemukan pada celana bayi. Selain itu, bahan ini juga memiliki perawatan mudah.

7. Baby Terry

bahan kaos bayi

Foto: olympics30.com

Moms pasti sering mendengar nama kain ini kan? Ya, kain baby terry sudah sangat umum dikenal masyarakat khususnya para ibu. Awalnya, kain ini adalah bahan untuk membuat jaket atau handuk. Namun, seiring perkembangan waktu, kain baby terry ini digunakan untuk membuat pakaian bayi atau balita.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Tisu Basah Bayi yang Aman untuk Kulit Si Kecil

Sebagian besar bahan dasarnya adalah serat kapas sehingga tekstur kain ini begitu lembut. Saat Si Kecil mengenakannya pasti akan nyaman dan tentunya tidak menimbulkan iritasi di kulit bayi mengingat daya serap kain ini begitu tinggi.

8. Cashmere

Cashmere termasuk bahan pakaian yang cenderung mewah dan umum ditemukan pada baju bayi karya desain berkelas. Jika tidak ingin membuang-buang uang, sebaiknya Moms jangan memilih baju bayi dengan bahan ini. Terlebih bahan baju ini kurang direkomendasikan bagi bayi karena bayi memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.

9. Cotton/Polyester Blends (Campuran Polyester)

cottonpolyester blends

Foto: Orami Photo Stock

Baju bayi dengan bahan campuran katun dan polyester bersifat mudah kering, tahan kerut dan biasanya lebih murah dibandingkan dengan 100% katun. Baju dengan bahan campuran katun dan polyester juga memiliki perawatan yang mudah. Cocok menjadi pilihan Moms yang sangat sibuk.

10. Kasmir

Bahan kaos terbaik yang satu ini sering kali ditemukan pada pakaian bayi karya desainer berkelas karena bahannya yang mewah. Ia memiliki harga yang mahal tetapi nyaman saat memakainya.

Tetapi, penggunaan untuk di Indonesia lebih baik tidak dilakukan pada Si Kecil karena iklim tropis. Bayi pasti akan menjadi mudah gerah dan tidak nyaman

Baju serta celana bayi dengan bahan-bahan apa yang sekarang sudah Moms siapkan untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta? Moms juga bisa berbagi pengalaman memilih pakaian bayi melalui kolom di bawah ini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait