Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
10 Desember 2020

8 Ciri Anak Indigo yang Bisa Dikenali Orang Tua, Apakah Anak Moms Termasuk?

Sudah tahu apa saja ciri-ciri anak indigo, Moms? Simak ulasannya berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Diberikan bakat kemampuan supranatural sehingga membuat ia berbeda dengan anak-anak lainnya. Itulah yang menjadi ciri khas dari anak indigo.

Istilah anak indigo sendiri pertama kali dipopulerkan oleh psikolog bernama Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Pada tahun 1980-an pun Nancy menulis buku yang berjudul Understanding Your Life Thru Color.

Anak indigo mempunyai keistimewaan, namun terkadang ia tidak menyadari hal tersebut. Umumnya, ia akan semakin sadar ketika sudah beranjak dewasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya Moms melihat ciri-ciri yang menjadi tanda anak indigo.

Kebiasaan-kebiasaan sederhana, apakah ia dapat bermain lebih menikmati permainan yang tenang?

Apakah anak seolah mampu membaca pikiran Moms? Atau, apakah Si Kecil mengajukan banyak pertanyaan layaknya orang dewasa?

Diulas berdasarkan beberapa sumber, berikut ini penjelasan ciri-ciri anak indigo yang bisa Moms ketahui.

Baca Juga: 5 Cara Kreatif Menyiapkan Bekal Sekolah Anak

Ciri-ciri Anak Indigo

Anak indigo dapat menunjukkan ciri-ciri yang berbeda dari anak seusianya. Hal ini mungkin saja akan menjadi tantangan bagi dirinya sendiri.

Namun, seharusnya orang tua tetap mendampinginya agar ia tidak merasa sendirian. Sebab, anak indigo terlahir spesial. Berikut ini ciri-ciri anak indigo yang bisa diketahui, yaitu:

1. Idealis dan Kritis

Idealis dan Kritis.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ciri-ciri anak indigo adalah idealis dan kritis. Anak indigo sangat percaya diri terhadap kemampuan yang mereka miliki.

Untuk itu, mereka cenderung idealis dalam mengerjakan hal yang disukai. Ia punya ekspektasi yang tinggi untuk dirinya sendiri dan orang lain.

Namun, hal ini terkadang membuat mereka sulit bekerja bersama orang lain karena mereka memiliki keyakinan yang begitu keras.

Sering kali pula anak indigo akan terlalu kritis dan menuntut karena prinsip yang ia mau begitu kuat. Hal inilah yang membuat terkadang anak indigo cenderung sulit bergaul dengan teman-teman sepantarannya.

Sifatnya yang kritis membuat anak indigo juga mempertanyakan banyak hal di sekitarnya. Seringnya, pertanyaan yang ia ajukan seperti orang dewasa.

Misalnya saja, anak indigo tidak menghormati aturan hanya karena itu aturan. Mereka ingin memahami mengapa itu aturan, dan kemudian, jika masuk akal, anak indigo akan menghormatinya.

Jika Si Kecil menunjukkan sifat yang demikian, sebaiknya orang tua jangan memaksa anak sesuai dengan kehendak sendiri.

Tetap berikan ruang untuknya diri sendiri. Namun, Moms bisa tetap mendampinginya dan menjadi teman untuk berkeluh kesah.

Di sela-sela waktu tersebut, Moms bisa menyelipkan pengalaman yang lebih realistis.

Berikan juga keyakinan pada anaknya, sifat idealisme yang dimilikinya akan berdampak positif apabila digunakan secara tepat.

2. Pemikir

Pemikir.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Melihat fakta bahwa anak indigo terlahir idealis dan kritis, hal ini juga yang membuat ia mampu berpikir secara mendalam.

Anak indigo berpikir tentang banyak hal, yang juga mencakup pertanyaan tentang eksistensinya di dunia serta hubungan sosial yang ada di sekitarnya.

Perlu Moms pahami juga, anak indigo memiliki perspektif yang berbeda dari orang umumnya.

Anak indigo memiliki dorongan yang kuat untuk menemukan tujuan dalam hidup. Anak indigo sangat ingin membuat hidup bermakna.

Hal ini bukan berarti memperkaya diri dengan materi, namun lebih kepada pemenuhan tujuan mengapa ia dilahirkan ke dunia.

Sayangnya, pemikirannya yang keras dan mendalam membuat anak indigo rentan mengalami sakit kepala hingga gangguan sistem pencernaan.

3. Terlahir dengan Empati yang Kuat

Terlahir dengan Empati yang Kuat

Foto: Orami Photo Stock

Anak indigo tidak bisa memahami mengapa ada orang-orang yang bersifat dingin. Sebab, anak indigo terlahir degan empati yang kuat.

Anak indigo tidak mampu memperlakukan orang dengan buruk. Hal ini berasal dari kepekaannya yang sangat kuat.

Namun, terkadang hal ini bisa menyebabkan masalah dalam situasi tertentu, misalkan ada konflik yang mengharuskan anak indigo untuk memilih.

Pada dasarnya, meskipun anak indigo mandiri, ia sangat peduli dengan semua orang. Ia tidak ingin mengecewakan orang lain, terlebih lagi itu orang-orang yang terdekatnya.

Pada dasarnya pula, ciri-ciri anak indigo adalah memiliki perasaan yang begitu halus dan sensitif.

Tidak jarang, ia mudah tersinggung apabila orang lain tidak sesuai dengan pemikirannya.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Anak Gemar Olahraga sejak Bayi, Yuk Coba!

4. Mengetahui Hal yang akan Terjadi

Mengetahui Hal yang akan Terjadi

Foto: Orami Photo Stock

Mengapa anak indigo dikaitkan dengan kemampuan indra keenam? Sebab, ciri-ciri anak indigo, yaitu mengetahui hal yang akan terjadi. Anak indigo juga tanggap dan segera memahami apabila terjadi sesuatu yang salah.

Anak indigo akan memahami apabila terjadi kejanggalan hanya dari bahasa tubuh lawan lainnya.

Ia juga bisa mengetahui masa lalu yang menyakitkan dari seseorang hanya dengan melihat. Kelebihan ini juga yang membuat anak indigo rata-rata menyukai topik paranormal.

Anak-anak indigo punya pikiran terbuka dan akan tertarik dengan topik yang mungkin bagi sebagian besar orang dianggap tabu.

Anak indigo juga senang belajar tentang penjelasan lain untuk dunia di sekitar mereka. Hal ini bisa terjadi karena keingintahuannya yang besar ditambah lagi dengan kepekaannya yang tinggi.

5. Pemberontak

Pemberontak

Foto: Orami Photo Stock

Anak indigo tahu betul bahwa ada yang spesial dalam dirinya. Ia tahu bahwa ia terlahir istimewa dan ditakdirkan melakukan hal-hal yang hebat dari dalam dirinya.

Untuk itu, ia akan merasa lebih superior dibandingkan teman-temannya. Namun, ciri-ciri anak indigo juga termasuk dalam kerumitannya.

Anak indigo akan lebih dewasa daripada anak seusianya, terlihat dari pemikiran-pemikirannya.

Anak indigo akan merasa ia tidak cocok bergaul dengan teman-temannya. Kondisi ini yang membuat anak indigo kerap kali tumbuh menjadi sosok introvert.

Kesulitannya akan terjadi ketika ia berteman dengan anak yang bukan indigo. Akan sering terjadi banyak perdebatan untuk membuktikan dirinya benar dan orang lain salah.

Namun, di sisi lain, anak indigo juga mempunyai empati yang tinggi sehingga sulit untuk membenci orang lain. Hal inilah yang membuat ia menjadi pemberontak dalam dirinya sendiri.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Anak Agar Tidak Jadi Pembully

6. Memiliki Teman Khayalan

Memiliki Teman Khayalan

Foto: Orami Photo Stock

Dalam memahami anak indigo memang kadang sulit dan di luar nalar. Sering kali, anak indigo melihat hal-hal yang tidak dapat dilihat oleh orang dewasa.

Ciri-ciri anak indigo lainnya adalah memiliki imaginary friend atau teman khayalan.

Dengan demikian, anak akan dipandang memiliki kepribadian yang lebih positif dan unik. Hal ini bukan tanpa alasan.

Menurut para peneliti di Journal of Alternative and Emergent Religions, gagasan tentang anak indigo muncul karena mereka dikatakan memiliki aura berwarna indigo dan kemampuan spiritual yang unik.

Namun, anak indigo kesulitan untuk menyesuaikan diri sehingga sering dianggap mengidap Attention Deficit Disorder (ADD).

Tracy Gleason, profesor Psikologi di Universitas Wellesley telah mempelajari mengenai hubungan anak, baik dengan yang nyata maupun khayalan.

Ia menjelaskan bahwa lewat teman khayalan, anak seakan ingin memberitahu orang dewasa tentang apa yang dipikirkannya mengenai hubungan antar manusia.

Lalu, bagaimana orang tua menyikapi anak yang memiliki teman khayalan? Hal yang terpenting adalah kondisi tersebut tidak mengganggu atau justru dinikmati oleh Si Kecil dan Moms, tidak ada masalah.

Namun, ketika sudah mengganggu, sebagai orang tua, Moms bisa memberi pengertian kalau apa yang dilihatnya itu tidak nyata.

7. Cerdas

Cerdas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ya, anak indigo terlahir cerdas dengan segala keunikannya. Anak indigo juga mampu memecahkan masalah dengan cara yang tidak dapat dibayangkan orang dewasa.

Terkadang, mereka mungkin terlihat teralihkan dan lalai, mungkin karena sesuatu yang tidak terlihat menarik perhatian mereka.

Anak indigo juga mungkin sering terlihat lebih serius dari yang seharusnya, daripada tersenyum dan bermain.

Namun, sebenarnya anak indigo bertingkah seperti orang dewasa dalam kebijaksanaan memberikan anak indigo perasaan telah hidup beberapa kali sebelumnya.

Kecerdasan anak indigo yang membuat ia memiliki keberanian untuk mengutarakan pendapatnya.

Namun, kembali pada ciri-ciri anak indigo yang idealis dan kritis, terkadang pendapat mereka akan berseberangan dengan orang lain.

Akhirnya, kondisi ini membuat mereka dikucilkan atau sulit diterima dengan lingkungan di sekitarnya.

8. Mudah Merasa Bosan

Mudah Merasa Bosan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ciri-ciri anak indigo berikutnya adalah mudah merasa bosan. Mengapa demikian?

Pemikiran anak indigo sangat tajam dan membuat mereka mudah bosan untuk melakukan rutinitas yang sama setiap harinya.

Anak indigo tidak suka dipaksa untuk mengikuti aturan, terlebih apabila mereka punya pemikiran sendiri.

Hal yang perlu diketahui juga, anak indigo biasanya didiagnosis dengan attention deficit hyperactivity disorder atau ADHD.

Ini mungkin diagnosis yang tepat untuk beberapa, tetapi untuk yang lain mungkin hanya tentang ketidakmampuan orang lain untuk menerima cara berpikir dari anak indigo.

Itulah ciri-ciri anak indigo yang bisa dilihat oleh orang tua. Jika Si Kecil menunjukkan tanda bahwa ia anak indigo, bagaimana Moms harus menyikapinya? Simak ulasan berikutnya, ya!

Baca Juga: 3 Cara Menenangkan Balita Tantrum Tanpa Perlu Memberikan Gadget

Cara Menghadapi Anak Indigo

Cara Menghadapi Anak Indigo.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Anak indigo memahami bahwa ia terlahir spesial dan dapat melakukan hal-hal yang luar biasa dalam hidupnya.

Di sisi lain, anak indigo memiliki perasaan yang begitu halus dan mudah tersinggung apabila dikritik.

Maka dari itu, peran orang tua sangat penting untuk tetap mendampinginya dalam segala situasi.

Begini cara menghadapi anak indigo yang perlu Moms dan Dads tahu:

1. Hindari Sikap yang Meremehkan

Anak indigo mempunyai pemikiran yang kritis dan terlihat seperti orang dewasa.

Nah, awalnya mungkin Moms akan menganggapnya sebagai lelucon saja. Padahal, sikap meremehkan hanya akan membuat anak indigo merasa tidak dihargai.

Tetap hargai apa yang menjadi pemikirannya. Jika bisa, Moms juga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ia ajukan. Jangan sungkan juga untuk menjadi teman diskusi bagi anak.

2. Memberikan Ruang untuk Anak

Anak indigo membutuhkan ruang sendiri untuk ia menjadi dirinya sendiri. Maka dari itu, hindari sikap yang mengekang, ya, Moms!

Berikan anak ruangan sendiri untuk ia bisa bermain sendiri. Biarkan Si Kecil menggambar, mencorat-coret, melukis, memecahkan teka-teki, atau melakukan apa pun yang dia inginkan di ruangan itu selama beberapa menit sepanjang hari atau kapan pun dia mau.

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Mau Bercerita Tentang Kegiatan di Sekolah

3. Ajak Anak untuk Bersantai

Anak indigo punya pemikiran yang idealis dan pemikiran yang dalam, sehingga terkadang ia sulit menjadi rileks.

Nah, Moms bisa mengajaknya bersantai dalam beberapa waktu agar ia tetap mampu menikmati momen-momen yang berharga.

Itulah ciri-ciri anak indigo dan cara menghadapinya. Anak indigo dapat menjadi pemimpin yang hebat di masa yang akan mendatang.

Jadi, tetap mendampinginya dan mendukungnya dengan segala kemampuan yang ia punya.

Jangan sampai pula anak indigo merasa terkucilkan. Maka dari itu, peran dukungan keluarga sangat dibutuhkan, ya, Moms!

Artikel Terkait