Trimester 3

21 Mei 2021

Kenali Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan, Cek di Sini Moms!

Tendangan yang semakin terasa tajam merupakan salah satu ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Trimester ketiga merupakan akhir dari kehamilan Moms. Sepanjang trimester ketiga, bayi dalam kandungan bertumbuh dengan cepat, sehingga Moms pun penasaran seperti apa ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan.

Selain itu, dilansir dari plantparenthood.org, hamil usia 8 bulan membuat Moms bernafas lebih sulit serta cepat merasa lelah. Beberapa Moms mengalami wasir saat hamil usia 8 bulan yang tentunya mengganggu aktivitas hari-hari.

Kontraksi Braxton-Hicks juga akan sering terjadi. Bisa jadi juga menjadi ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan.

Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Gerakan yang semakin terlihat bisa menjadi salah satu ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan. Selain itu, reaksi juga aktif sebagai respon terhadap rangsangan juga termasuk. Berikut ini ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yaitu 33 minggu hingga 32 minggu:

Usia 32 Minggu

hamil-8-bulan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Organ Bayi sudah Terbentuk Sempurna

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan dalam bulan di 32 minggu adalah semua organ Si Kecil telah berkembang sepenuhnya sekarang kecuali paru-paru. Peluangnya untuk bertahan hidup jika dia lahir di minggu ini besar.

Latihan Pernapasan

Janin usia 32 minggu sekarang tengah berlatih pernapasan. Si Kecil menghirup cairan ketuban untuk melatih paru-parunya.

Perubahan Kulit

Tahukah Moms ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan ini mengalami perubahan kulit. Jadi, selamat tinggal bayi tembus pandang! Kulit Si Kecil sekarang menjadi buram, bukan lagi transparan saat melakukan USG.

Kekuatan Menendang

Selain itu, Moms mungkin memerhatikan bahwa Si Kecil menendang lebih banyak. Otak bayi berkembang pesat saat ini dan Si Kecil dapat melihat serta mendengar. Sebagian besar sistem internal berkembang dengan baik namun paru-paru masih belum matang.

Ukuran Bayi

Panjang janin usia 32 minggu yaitu sekitar 16 inci dengan beratnya mencapai 5 pon atau sekitar 2267,96 gram.

Baca Juga: Perkembangan Janin Minggu Ke-32

Usia 33 Minggu

Ilustrasi ibu hamil usia 33 minggu

Foto: Orami Photo Stock

Fleksibilitas tengkorak

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan di minggu ke-33 ini adalah tulang tengkorak tidak menyatu yang memungkinkannya untuk bergerak dan sedikit umpang tindih, membuatnya lebih mudah untuk masuk melalui jalur lahir. Tekanan di kepala saat lahir sangat kuat sehingga banyak bayi lahir dengan penampilan seperti kepala kerucut.

Perkembangan janin usia 33 minggu ini adalah tulang-tulang ini tak sepenuhnya menyatu sampai awal masa dewasa. Sehingga, dapat tumbuh saat otak dan jaringan lain mengembang selama masa bayi dan masa kecil.

Kulit Mulai Halus

Si Kecil dengan cepat kehilangan keriput dan kulitnya menjadi kurang merah serta transparan. Kulit janin usia 33 minggu ini berubah menjadi lembu dan halus saat dia gemuk dalam persiapan kelahiran.

Tendangan Terasa Lebih Tajam

Minggu ini bayi mungkin memiliki panjang antara 16 dan 17 inci atau lebih dan dapat tumbuh hingga satu inci penuh minggu ini terutama jika ia berada di sisi yang lebih pendek. Penambahan berat badan dapat berkisar dari sepertiga lebih banyak hingga dua kali lipat penuh sebelum debut besar.

Dengan bayi sebesar itu di dalam rahim Moms, maka tingkat cairan ketuban telah maksimal pada usia kehamilan 33 minggu. Itulah salah satu alasan mengapa beberapa tendangan Si Kecil terasa cukup tajam.

Sistem Kekebalan Janin Sedang Berkembang

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan saat 33 minggu yaitu Si Kecil telah mencapai tonggak penting. Dia memiliki sistem kekebalannya sendiri. Antibodi sedang diturunkan dari Moms kepada Si Kecil saat ia terus mengembangkan sistem kekebalan janinnya, yang akan berguna setelah ia berada di luar rahim dan menangkis segala jenis kuman.

Baca Juga: Menariknya Perkembangan Janin pada Usia Kehamilan 30 Minggu

Usia 34 Minggu

Usia kandungan 34 minggu

Foto: Orami Photo Stock

Melihat Warna Merah

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan yaitu 34 minggu adalah Si Kecil bisa melihat warna pertamanya yaitu merah. Kenapa merah? Begitulah warna bagian dalam rahim Moms.

Jadwal Tidur

Janin usia 34 minggu yang berada di rahim Moms kini menutup matanya saat dia tertidur dan membukanya saat dia bangun, membantunya menyesuaikan diri dengan jadwal tidur.

Perbedaan Jenis Kelamin Bayi

Jika bayi berjenis kelamin laki-laki, maka minggu ini testis turun dari perut ke skrotum. Beberapa bayi laki-laki cukup bulan kira-kira 3 sampai 4 persen lahir dengan testis yang tidak turun, tetapi mereka biasanya melakukan perjalanan turun beberapa saat sebelum ulang tahun pertama. Sekitar 30 persen anak laki-laki prematur juga dilahirkan dengan testis yang tidak turun.

Kuku Tangan dan Kaki Kecil

Dalam perkembangan janin usia 34 minggu, kuku-kuku kecil itu mungkin sudah mencapai ujung jarinya sekarang dan bersiap untuk manikur pascapartum yang pertama.

Menumpuk Lemak

Moms, lapisan lemak bayi akan membantu mengatur suhu tubuhnya setelah ia lahir. Jika Si Kecil lahir pada minggu ini dan Moms merasa gugup dengan persalinan prematur. Dilansir dari Baby Centre, bila Si Kecil lahir pada minggu ini, maka mereka mungkin perlu tinggal sebentar di kamar bayi baru lahir dan mungkin memiliki beberapa masalah kesehatan jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang mereka biasanya melakukannya sebaik bayi cukup bulan.

Verniks

Lapisan tebal, lilin, seperti krim keju yang menutupi kulit bayi Anda telah menebal sampai sekarang. Pada minggu ke 34, vernix mulai keluar ke dalam cairan ketuban. Para ilmuwan percaya bahwa saat bayi menelan vernix dalam cairan, hal itu dapat membantu perkembangan perut dan usus mereka menurut Journal Cellular and Molecular Life Science.

Air Ketuban

Cairan ketuban yang ditinggali bayi Anda mencapai puncaknya sekitar 34 minggu. Ada sekitar 1 1/2 pint (800 mililiter) cairan di sekitar bayi, dan bayi bergerak di dalam cairan ketuban, menelannya, dan "menghirupnya". Cairan ketuban berkontribusi pada perkembangan otot dan tulang bayi, pencernaan sistem, dan paru-paru.

Usia 35 Minggu

Usia kehamilan 35 minggu

Foto: Orami Photo Stock

Posisi Kepala Janin

Dalam usia 35 minggu yang menjadi penanda ciri bayi sehat dalam 8 bulan adalah posisi kepala janin yang sudah menunduk dalam persiapan untuk persalinan. Alhasil, keadaan ini menekan kandung kemih Moms sehingga tak heran jika kalian merasa kebutuhan buang air kecil meningkat bahkan sepanjang waktu.

Seolah belum cukup, posisi kepala janin yang menunduk itupun membuat Moms kesulitan mengontrol kandung kemih saat batuk, bersin bahkan tertawan. Apa pun yang Moms lakukan, jangan mengurangi cairan. Kenakan panty liner jika Moms membutuhkannya dan latih senam kegel, yang akan memperkuat otot panggul dan mencegah atau memperbaiki sebagian besar kasus kehamilan- inkontinensia yang diinduksi.

Cairan Ketuban Surut

Pada saat ini, janin usia 35 minggu ini sudah mengapung sekitar satu liter cairan ketuban. Sekarang akan berkurang secara bertahap sampai Moms melahirkan dia.

Perkembangan Fisik Sudah Mulai Selesai

Ginjalnya telah berkembang sepenuhnya sekarang, dan hatinya dapat memproses beberapa produk limbah. Sebagian besar perkembangan fisik dasarnya sekarang sudah selesai. Si Kecil akan menghabiskan beberapa minggu ke depan menambah berat badan hingga waktu kelahiran tiba.

Lanugo Mulai Menghilang

Rambut halus yang disebut lanugo yang menutupi tubuh mungilnya selama beberapa minggu terakhir mulai menghilang. Rambut di kepalanya sekarang mungkin mulai tumbuh sebagai gantinya.

Otak Terus Berkembang

Di bawah rambut itu, otak bayi terus berkembang, ke titik di mana dia sekarang dapat mengontrol suhu tubuhnya dengan lebih baik sebuah fungsi yang dia perlukan ketika dia berada di luar rahim.

Meski beberapa tulangnya sudah mulai mengeras, tengkoraknya masih lunak sehingga memungkinkannya melewati jalan lahir dengan lebih mudah ketika saatnya tiba. Jika Moms melahirkan minggu ini, bayi An dianggap prematur dan membutuhkan perawatan khusus.

Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa bayi yang lahir pada usia 35 minggu berisiko mengalami masalah pencernaan, masalah pernapasan, dan tinggal lebih lama di rumah sakit. Sama saja, peluang bayi untuk bertahan hidup dalam jangka panjang juga sangat bagus.

Baca Juga: Perkembangan Janin Minggu Ke-9

Setelah mengetahui ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan dengan penjabaran minggu per minggu. Maka, saat ini dibutuhkan persiapan Moms dan Dads. Jadi dengan hanya beberapa minggu tersisa sampai semester penuh, pastikan untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Kurangi waktu luang Moms dan istirahatlah jika bisa. Sekaranglah waktunya untuk memprioritaskan kesejahteraan Moms dan mulai merasa nyaman dengan proyek yang belum selesai dan meminta bantuan.

  • https://www.verywellfamily.com/35-weeks-pregnant-4159237
  • https://www.cdc.gov/Features/PrematureBirth/
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/35-weeks-pregnant#takeaway
  • https://www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/3rd-trimester/week-34/
  • https://link.springer.com/article/10.1007/s00018-005-5260-7 - Vernix
  • https://medlineplus.gov/ency/article/002220.htm
  • https://www.google.com/search?q=34+week+pregnancy+baby&rlz=1C1CHFX_enID754ID754&oq=34+week+pregnancy&aqs=chrome.1.69i57j0j0i22i30l3j69i60l3.6444j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/top-7-signs-of-a-healthy-pregnancy/articleshow/15401495.cms
  • https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/
  • https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-33.aspx
  • https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-34.aspx
  • https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-35.aspx
  • https://abbottfamily.com.sg/pregnancy-guide/week/33#:~:text=Baby's%20Growth%20and%20Development%20When%20You're%2033%20Weeks%20Pregnant&text=She%20weighs%20about%204%C2%BD%20pounds,a%20half%20pound%20a%20week.
  • https://www.healthhub.sg/live-healthy/941/pregnancy-is-my-baby-developing-normally
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait