Rupa-rupa

8 September 2021

6 Ciri-Ciri Penipuan Giveaway di Instagram, Moms Harus Waspada!

Cari tahu ciri-cirinya yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat ini modus penipuan di Instagram sedang marak terjadi, oleh karena itu Moms harus mengetahui ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram.

Giveaway merupakan salah satu promosi yang biasanya dilakukan oleh toko online untuk mengenalkan merek mereka dan untuk menambah pengikut di media sosial. Giveaway diadakan dengan melakukan iming-iming hadiah berupa uang tunai, peralatan elektronik, voucher belanja, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini, giveaway menjadi sebuah modus yang sering digunakan oleh para pelaku kriminal online. Sasarannya adalah orang yang memiliki akun media sosial seperti Instagram.

Oleh karena itu, Moms harus sangat berhati-hati ketika diberitahu menang giveaway di Instagram.

Baca Juga: 4 Cara Verified Instagram, Cari Tahu Juga Syaratnya di Sini

Ciri-Ciri Penipuan Giveaway di Instagram

Penipuan giveaway yang terjadi di Instagram sebenarnya bisa kita cegah dengan cara mengetahui ciri-cirinya. Lantas, apa saja ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram? Yuk, cek Moms!

1. Mengirimkan DM secara Tiba-tiba

Ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram yang pertama adalah adanya DM (direct message). DM adalah pesan yang dikirimkan secara langsung sehingga sifatnya cukup pribadi karena hanya bisa diketahui oleh Moms dan orang yang mengirimkan pesan.

Para pelaku kriminal online yang menggunakan modus penipuan giveaway di Instagram akan mengirimkan DM secara tiba-tiba dan mengatakan kalau Moms menang hadiah, padahal Moms tidak merasa pernah mengikuti undian atau lomba.

Jika hal ini terjadi pada Moms, sebaiknya langsung waspada karena itulah salah satu ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Instagram Bisnis, Ketahu Juga Fiturnya!

2. Diminta untuk Transfer Uang

Transfer Dana

Foto: sbnri.com

Saat mengirimi Moms DM di Instagram, pelaku kriminal online tersebut biasanya akan meminta sejumlah uang sebagai biaya administrasi atau biaya ongkos kirim atas hadiah yang Moms menangkan.

Di sinilah kita kadang terlena. Ingat baik-baik kalau giveaway yang sebenarnya atau yang asli tidak akan meminta uang kepada pihak pemenang. Hal ini dikarenakan giveaway itu gratis.

Jadi kalau Moms dikirimi DM di Instagram lalu diminta untuk mentransfer sejumlah dana sebagai biaya administrasi atau ongkos kirim, Moms harus waspada karena hal tersebut bisa menjadi modus penipuan.

3. Meminta Data Pribadi yang Sifatnya Rahasia

Ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram selanjutnya adalah adanya permintaan data pribadi yang sifatnya rahasia.

Biasanya data pribadi yang boleh diberikan pada saat menang giveaway yang resmi hanyalah nama panjang asli, alamat lengkap, nomor telepon, hingga nomor rekening.

Tapi kalau dimintai password akun, kode OTP, nama ibu kandung, hingga PIN kartu kredit atau debit, Moms harus waspada karena hal tersebut sangat dicurigai sebagai penipuan.

Baca Juga: 3 Cara Hapus Akun Instagram Permanen hingga Lupa Password

4. Punya Testimoni Palsu dan Mencurigakan

Testimoni yang Palsu

Foto: pojoksosmed.com

Ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram lainnya adalah akun Instagram tersebut memiliki testimoni palsu yang terlihat cukup mencurigakan.

Jika sebuah akun Instagram, terutama akun untuk jualan alias punya toko online yang resmi, mereka akan mengupload testimoni dari para pembeli atau penyewa jasa.

Dari sinilah Moms bisa melihat, kalau testimoni tersebut terlihat palsu dan nama akun yang memberikan testimoni tersebut tidak bisa dilacak alias akun bodong, maka Moms harus waspada.

Bisa jadi pemilih akun toko online sengaja membuat testimoni palsu dengan menggunakan akun Instagram palsu.

5. Punya Followers Palsu

Ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram biasanya juga punya followers palsu. Ketika sebuah akun Instagram yang memberikan giveaway punya followers yang sangat banyak, Moms harus langsung curiga.

Lakukan pengecekan followers dengan melihat apakah akun followers tersebut benar ada atau hanya akun bodong yang sengaja dibuat untuk menambah followers akun Instagram giveaway.

Cara mengeceknya, Moms bisa melihat postingan pada akun followers tersebut. Jika tak ada postingan atau postingannya berupa hal yang aneh dan mencurigakan, Moms harus waspada.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung Lagi, Ini Cara Membuat Filter Instagram Sendiri!

6. Kolom Komentar Dinonaktifkan

Kolom Komentar Dinonaktifkan

Foto: insider.com

Ciri-ciri penipuan giveaway di Instagram yang terakhir adalah adanya penonaktifan pada kolom komentar postingan milik akun pemilik giveaway.

Adanya komentar bisa menjadi salah satu hal yang bisa membuktikan kalau akun giveaway tersebut benar adanya. Hal ini dikarenakan kita bisa melihat apakah komentar yang ada dalam postingan tersebut banyak yang negatif atau positif.

Jadi kalau kolom komentar tersebut dinonaktifkan, itu tandanya pemilik akun giveaway tidak ingin ada orang yang berkomentar negatif di dalamnya.

Jika Moms melihat ciri-ciri penipuan giveaway di atas, sebaiknya waspada dan langsung blokir pengguna supaya tidak bisa menghubungi Moms kembali.

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk Moms dalam mengenai ciri-ciri penipuan giveaway.

  • https://www.easypromosapp.com/blog/en/2019/09/fake-instagram-giveaways/
  • https://www.kompas.tv/article/199797/waspada-ini-ciri-ciri-penipuan-giveaway-instagram-kenali-sebelum-jadi-korban
  • https://www.infoperbankan.com/penipuan/ciri-ciri-penipuan-giveaway.html
  • https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1222363227/waspada-pahami-ciri-ciri-penipuan-giveaway-instagram
  • https://inews.co.uk/inews-lifestyle/money/clone-accounts-instagram-scam-target-giveaways-fake-979529
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait