Parenting Islami

10 September 2021

5 Ciri Perempuan yang Baik Menurut Islam, Salah Satunya Memiliki Sifat Lemah Lembut!

Ketahui juga ciri perempuan yang buruk menurut Islam
placeholder

Foto: freepik.com/marymarkevich

placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apa saja ciri perempuan yang baik menurut Islam? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Meski diciptakan berbeda dengan laki-laki, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan terkait dengan pahala atas amal yang telah diperbuat. Perempuan dapat melakukan ibadah seperti kaum laki-laki, dan mendapatkan ganjaran atas amal yang diperbuatnya.

Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT: “Barangsiapa yang mengerjakan amal soleh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan,” (QS. An-Nahl: 97).

Terkait dengan pahala, Islam juga memberikan kriteria perempuan yang memiliki karakter yang baik dan juga buruk. Diriwayatkan dari Abu Udzainah Ash-Shadafi RA, Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik perempuan di antara kalian adalah yang sangat sayang (cinta) kepada suami; yang memiliki banyak anak; tidak kasar; membantu suami dalam kebaikan; ketika mereka bertakwa kepada Allah.

Dan seburuk-buruk perempuan di antara kalian adalah yang suka berdandan/berhias (ketika keluar rumah); sombong; merekalah perempuan-perempuan munafik. Mereka tidak masuk surga, kecuali seperti burung gagak bersayap putih (atau sangat langka),” (HR. Baihaqi dalam As-Sunan 7: 82).

Dalam hadist ini terdapat beberapa petunjuk mengenai karakter perempuan yang baik dan buruk menurut Islam.

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

Ciri Perempuan yang Baik Menurut Islam

Cari Tahu Karakter Terbaik dan Terburuk Seorang Perempuan -1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam hadits tersebut, Nabi SAW menjelaskan pandangan terkait perempuan yang baik menurut Islam, yaitu:

1. Cinta kepada Suami

Ini tentu saja menjadi hak suami. Seorang perempuan shalihah tentu akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencurahkan cinta dan kasih sayangnya, baik dalam bentuk kalimat yang lembut atau sikap yang baik saat berinteraksi dengan suami.

Bentuk kecintaannya tersebut tentunya akan sampai ke hati suami, sehingga, suami akan melakukan hal yang sama dan terciptalah hubungan yang harmonis. Ada yang bertanya kepada Rasulullah SAW: “Siapakah perempuan yang paling baik?” Beliau menjawab, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai)

Inilah bentuk ketaatan yang harus ditujukan istri pada suami, sebab istri bisa masuk surga atau neraka akibat perilakunya terhadap suami. Seorang isteri harus selalu mensyukuri pemberian suaminya dan menyenangkan hatinya dengan cara berhias dan berperilaku lemah lembut.

“Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para perempuan.” Mereka bertanya, “Kenapa para perempuan menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.”

Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para perempuan itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu’,” (HR. Bukhari).

2. Subur (Memiliki Banyak Anak)

Ini juga salah satu karakter perempuan yang baik menurut Islam. Meski begitu, apabila perempuan memiliki suatu penyakit sehingga menyebabkan dirinya sulit atau bahkan tidak bisa memiliki anak, hal itu bukanlah kekurangan baginya.

Karena itu bukanlah sesuatu yang dia inginkan atau bisa dia usahakan. Allah SWT tentu tidak akan menghukumnya, dan tidaklah mengurangi keshalihannya.

Jika seorang perempuan yang subur karena tidak memiliki penyakit tertentu yang berdampak sulit atau tidak bisa memiliki anak, tapi tidak mau memiliki anak dan tidak mau berusaha memiliki anak itu adalah sifat yang tercela. Hal ini karena Nabi SAW bersabda:

“Nikahilah perempuan yang sangat penyayang dan subur (mudah memiliki banyak anak). Karena aku akan berbangga-bangga dengan jumlah umatku yang banyak pada hari kiamat.” (HR. Ahmad no. 12613, dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Al-Irwa’ no. 1784)

Oleh karena itu, hendaknya seorang perempuan berusaha untuk memiliki keturunan, mencurahkan segala upaya untuk mewujudkannya.

3. Tidak Kasar

Perempuan identik dengan sifat yang lemah lembut, apalagi saat dihadapkan pada suami dan anak-anaknya. Jika seorang istri memiliki karakter kasar dan keras, maka rumah tangga akan terasa ‘panas’ dan tidak membuat suami nyaman.

Namun, saat istri bersikap taat, selalu mendengarkan suami, dan senantiasa merespons suami dengan respon yang terbaik, juga tidak bersikap sombong dan tinggi hati di hadapan suami, ini tentunya akan membuat suami senantiasa menyayanginya karena istri telah membuat hatinya hangat.

Baca Juga: Ketahui Karakter Anda Lewat Bentuk Alis

4. Membantu Suami dalam Kebaikan

Salah satu ciri perempuan yang baik menurut Islam yang harus ada dalam karakter perempuan adalah selalu memberi dukungan pada suami. Istri yang berusaha membantu dan mensupport suami dalam kebaikan dan ketaatan kepada Allah Ta’ala, akan menjadi sumber kebahagiaan bagi perempuan.

Kebaikan tersebut jika terus dilakukan oleh suami istri tentunya akan menjadi kebiasaan yang akan terus dilakukan dan diturunkan kepada anak-anaknya.

5. Bertakwa kepada Allah

Sifat-sifat mulia tersebut hanyalah akan bermanfaat untuk seorang perempuan jika bertakwa kepada Allah SWT. Seorang istri yang senantiasa mengharapkan ridha dan pahala dari Allah Ta’ala tentu akan mengerjakan amalan-amalan yang baik.

Ciri perempuan yang baik dalam Islam ini membuatnya senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. Dia akan selalu berusaha mengerjakan shalat wajib lima waktu maupun shalat sunnah, puasa, zakat, haji, membaca alqur’an, sedekah, dan ibadah lainnya.

Allah berfirman: “Sebab itu maka perempuan yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada,” (QS. An Nisa’: 34).

Ciri Perempuan yang Buruk Menurut Islam

Cari Tahu Karakter Terbaik dan Terburuk Seorang Perempuan -2

Foto: Orami Photo Stok

Setelah mengetahui ciri perempuan yang baik menurut Islam, Moms juga perlu tahu ciri perempuan buruk menurut Islam. Adapun beberapa karakter buruk seorang perempuan adalah:

1. Suka Berdandan Ketika Keluar Rumah

Sebab, perempuan yang suka berdandan, berhias, atau memakai minyak wangi yang berlebihan ketika keluar rumah, hal itu akan menjadi sebab fitnah bagi laki-laki dan sebab kerusakan di tengah-tengah kaum muslimin.

2. Sombong

Terdapat hubungan antara suka berdandan dan kesombongan. Seorang perempuan yang saat keluar rumah dalam kondisi berhias dan berdandan, tidaklah keluar menuju jalan-jalan atau pasar dengan penuh ketundukan kepada Allah Ta’ala.

Akan tetapi, perempuan itu keluar dengan rasa sombong dan bangga dengan dirinya sendiri. Berbeda dengan seorang perempuan yang dipenuhi dengan rasa malu, tentu hal itu pun akan tercermin dari penampilannya.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa perempuan dengan karakter ini sebagai perempuan yang terburuk. Bahkan, Nabi SAW membuat kiasan bahwa mereka sangat sedikit sekali yang masuk surga.

Baca Juga: 5 Karakter Film yang Seharusnya Tetap Hidup

3. Banyak Mengeluh

Dalam Ihya’ Ulum Ad-Diin, Imam Al-Ghazali rahimahullah menyebutkan salah satu sifat buruk seorang perempuan, yakni annanah, ini adalah sifat banyak mengeluh dan mengaduh. Jika perempuan ini dinikahi, maka sama saja menikahi orang sakit atau orang yang pura-pura sakit dan tidak ada kebaikan bagi suami.

Dari Jabir RA, ia berkata, “Aku pernah menghadiri shalat ied bersama Rasulullah SAW. Beliau memulai dengan shalat kemudian khutbah tanpa azan dan tanpa iqamah. Kemudian beliau berdiri bersandar pada Bilal, beliau memerintahkan untuk bertakwa kepada Allah dan mendorong untuk taat kepada-Nya. Beliau memberikan wejangan dan mengingatkan manusia saat itu. Kemudian beliau lewat dan mendatangi jamaah perempuan lantas beliau menyampaikan wejangan dan mengingatkan mereka.

Beliau berkata: ’Wahai para perempuan, bersedekahlah karena kalian itu yang paling banyak menjadi bahan bakar neraka Jahannam,’. Kemudian ada seorang perempuan terbaik yang nampak tidak berhias diri di antara mereka berdiri lalu berkata, ‘Kenapa perempuan yang paling banyak masuk neraka, wahai Rasulullah?,’

Beliau menjawab: ‘Karena kalian banyak mengeluh dan tidak mensyukuri pemberian suami kalian,’. Jabir berkata, “Lantas para perempuan bersedekah dengan perhiasan mereka. Mereka melemparkan perhiasan mereka pada kain Bilal, ada di situ anting dan cincin mereka,” (HR. Bukhari, no. 978 dan Muslim, no. 885).

Melihat karakter perempuan yang baik menurut Islam, alangkah baiknya untuk diikuti. Salah satunya karena berpahala sebab telah mengikuti sunah nabi.

  • https://muslim.or.id/58142-beberapa-karakter-terbaik-dan-terburuk-seorang-perempuan.html
  • https://dalamislam.com/info-islami/perempuan-yang-baik-menurut-islam
  • https://rumaysho.com/19660-6-sifat-perempuan-yang-wajib-diwaspadai.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait