Kesehatan

13 Mei 2021

5 Manfaat Cod Liver Oil, Mendukung Perkembangan Anak

Apa saja manfaat cod liver oil untuk kesehatan? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Cod liver oil atau minyak hati ikan kod adalah salah satu suplemen kesehatan yang baik dikonsumsi oleh Moms dan keluarga. Tujuannya untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai infeksi penyakit.

Cod liver oil juga dapat dikonsumsi oleh Si Kecil, terutama ketika memasuki pergantian musim, yaitu dari musim kemarau ke musim hujan atau yang disebut musim pancaroba. Sebab, ketika musim pancaroba seperti ini, Si Kecil biasanya menjadi lebih rentan terserang penyakit batuk, pilek, bahkan demam.

Nah, orang tua harus memerhatikan daya tahan tubuh Si Kecil sebagai salah satu langkah untuk membuatnya tetap aktif dan sehat. Banyak dokter juga yang merekomendasikan cod liver oil sebagai pendukung asupan makan Si Kecil setiap harinya.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa Moms dapatkan dari cod liver oil? Selain itu, seberapa banyak cod liver oil yang dapat dikonsumsi setiap harinya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Baca Juga: 5 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan Nutrisi Cod Liver Oil untuk Kesehatan

manfaat cod liver oil

Foto: babycenter.com

Cod liver oil sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh,” ungkap dr. Weston A. Price, DDS, pada laman healthychild.com.

Hal ini juga didukung menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 1918 – 2001 menurut laman yang sama, di mana disebutkan bahwa cod liver oil mempunyai rating A+.

Secara garis besar, cod liver oil merupakan minyak hati ikan kod yang berasal dari perairan laut dalam. Ikan kod ini memiliki timbunan lemak yang tinggi sebagai pertahanan hidup di laut dalam.

Ikan kod juga mengonsumsi tanaman dasar laut (phytoplankton) yang kaya akan asam lemak omega-3, membuatnya baik dikonsumsi untuk tubuh dan menjaga bertujuan untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Dikutip dari laman WebMD, asam lemak omega-3 yang baik yang dikenal sebagai asam docosahexaenoic (DHA). Penelitian menunjukkan bahwa DHA meningkatkan fungsi kognitif dan dapat melindungi dari penyakit Alzheimer dan demensia.

Jika dilihat dari nutrisinya, satu sendok makan minyak ikan cod mengandung 123 kalori dan 14 gram lemak.

Nah, meskipun belum ada penelitian yang menentukan anjuran resmi berapa banyak mengonsumsi cod liver oil per hari, Moms dapat mengonsumsi 250-500 mg cod liver oil per harinya atau tentukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dilansir dari Journal of the American College of Nutrition, dijelaskan bahwa cod liver oil mengandung asam lemak omega-3, vitamin A, dan vitamin D yang tinggi.

Masih dalam jurnal yang sama, penelitian klinis yang telah dilakukan menghasilkan fakta bahwa cod liver oil sangat cocok digunakan sebagai suplemen multivitamin atau mineral. Sebab, cod liver oil mempunyai tingkat kemurnian yang dapat diterima oleh bayi dan anak kecil, serta mampu menjaga daya tahan tubuh.

Sumber lain mengatakan, dikutip dari The Medscape Journal of Medicine, kandungan yang terdapat dalam cod liver oil, yaitu vitamin A dan vitamin D sangat baik untuk kesehatan.

Vitamin A penting untuk sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan tulang, penglihatan malam hari, pertumbuhan sel, fungsi testis dan ovarium.

Nah, peranan Vitamin D tidak hanya mencegah rakhitis tetapi juga penting untuk fungsi otot dan dapat mencegah diabetes tipe 1, hipertensi, dan banyak kanker umum lainnya.

Baca Juga: 4 Rahasia Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Manfaat Cod Liver Oil dengan Minyak Ikan Biasa

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa ikan kod hidup di perairan laut dalam. Di mana ikan yang hidup di perairan laut dalam mempunyai kelebihan seperti bebas kontaminasi, timbunan lemak tinggi, sampai mengonsumsi makanan tinggi omega-3 seperti phytoplankton.

Berbeda dengan minyak ikan biasa, cod liver oil mempunyai kandungan omega-3, vitamin A, dan vitamin D lebih tinggi. Berikut ini beberapa manfaat cod liver oil untuk kesehatan, di antaranya:

1. Baik untuk Perkembangan Anak

Baik untuk Perkembangan Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cod liver oil dapat dikonsumsi oleh anak-anak, karena dapat memberikan manfaat yang beragam, seperti:

  • Mengoptimalkan perkembangan jaringan otak dan saraf pada janin, bayi, dan anak.
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang retina mata pada janin, bayi, dan anak.
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.
  • Meningkatkan nafsu makan Si Kecil.

Baca Juga: Anak Masuk Sekolah Lagi? Pastikan Daya Tahan Tubuhnya Prima

2. Baik untuk Penderita Radang Sendi

Baik untuk Penderita Radang Sendi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms atau anggota keluarga lainnya yang saat ini sedang berjuang dengan radang sendi, maka cod liver oil ini adalah suplemen kesehatan yang cocok untuk dikonsumsi.

Penggunaan minyak laut, seperti cod liver oil, terbukti membantu dalam rheumatoid arthritis. Minyak ikan diketahui dapat mengurangi peradangan pada sendi.

3. Mencegah Penyakit Arteri Koroner

Mencegah Penyakit Arteri Koroner

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari laman Medical News Today, asupan harian cod liver oil dapat membantu mencegah aterosklerosis koroner.

Ada asam lemak dalam cod liver oil yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Penumpukan plak di sistem peredaran darah merupakan akibat dari peradangan. Oleh karena itu, asupan cod liver oil secara teratur membantu melindungi dari arteriosklerosis.

4. Jenis Lemak yang Baik untuk Tubuh

Jenis Lemak yang Baik untuk Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Setiap sel dalam tubuh membutuhkan lemak. Lemak seperti asam lemak omega-3, yang terdapat dalam cod liver oil ternyata bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Di antaranya adalah meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makan lemak sehat juga membantu memperlambat pemecahan karbohidrat menjadi gula dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Otak juga membutuhkan lemak agar berfungsi dengan baik.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Foto: Orami Photo Stock

Cod liver oil yang dikonsumsi secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa penelitian menunjukkan, minyak omega-3 mendukung kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia.

Asupan nutrisi yang lebih tinggi dalam cod liver oil, seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) mencegah degenerasi makula.

Nutrisi lain yang dapat membantu mencegah kondisi ini adalah karotenoid. Minyak hati ikan kod juga tinggi karotenoid, yang dibutuhkan orang untuk menghasilkan vitamin A. Selain itu, di dalam cod liver oil juga terkandung DHA dan EPA.

DHA yang bertindak sebagai pembentuk 8-10 persen jaringan otak dan berfungsi sebagai pembentuk struktur syarat/ myelin sheath.

Baca Juga: Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

Sedangkan kandungan EPA dalam ikan kod merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan ikan lainnya atau minyak ikan yang lain. Di mana EPA sendiri berfungsi sebagai penghantar impuls syaraf.

Yuk Moms, konsumsi cod liver oil untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan mencegah dari berbagai infeksi penyakit.

Lebih baik mencegah, daripada mengobati kan, Moms? Yuk, mulai konsumsi cod liver oil secara rutin bersama keluarga mulai dari sekarang, ya!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21677119/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2258476/
  • https://www.webmd.com/diet/cod-liver-oil-health-benefits#1
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/270071#benefits
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait