Program Hamil

18 Maret 2021

Seperti Apa Contoh Garis Evaporasi pada Test Pack? Simak Ulasannya Berikut Ini

Apa penyebab timbulnya garis samar dan tidak?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Contoh garis evaporasi pada test pack mungkin dibutuhkan supaya Moms tahu benar apa itu garis evaporasi.

Saat ini, Moms mungkin merasa asing dengan istilah garis penguapan atau garis evaporasi, tetapi istilah ini sangat umum. Garis evaporasi adalah garis pada hasil test pack yang disebabkan oleh penguapan urin pada hasil tes kehamilan.

Bila urin pada tes kehamilan menguap dan mulai hilang lalu mengering, maka akan menghasilkan garis samar. Garis ini biasanya tidak berwarna, dan sangat samar, dan bisa muncul pada tes kehamilan apa pun.

Terkadang garis evaporasi pada test pack bisa muncul pada hasil tes kehamilan positif maupun negatif, yang bisa membingungkan beberapa wanita.

Agar lebih jelas, yuk pelajari mengenai garis positif yang samar pada test pack sebelum mempelajari contoh garis evaporasi pada test pack.

Baca Juga: 3 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Mengetahui Hasil Test Pack Positif

Contoh Garis Evaporasi Pada Test Pack

garis evaporasi test pack

Foto: Orami Photo Stock

Nah, gambar di atas menunjukan contoh garis evaporasi pada test pack nih, Moms! Jadi perlu diingat bahwa jika Moms mengalami hal ini, cobalah untuk melakukan tes kehamilan kembali di 2 sampai 3 hari berikutnya, ya!

Jika Moms membaca garis samar pada tes kehamilan yang mungkin merupakan garis penguapan, langkah terbaik adalah melakukan beberapa tes kehamilan ulang.

Karena sudah mengetahui seperti apa contoh garis evaporasi pada test pack, pastikan juga Moms membaca hasilnya dalam jangka waktu yang ditentukan.

Garis Test Pack Ketika Hamil

Contoh garis evaporasi pada test pack

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui seperti apa pembahasan contoh garis evaporasi test pack, kini mari bicarakan mengenai garis test pack saat Moms mengalami kehamilan.

Ketika sedang merencanakan punya anak, mengetahui diri hamil lewat test pack tentu saja membuat Moms dan Dads bahagia.

Terkadang, ketika Moms mendapatkan hasil test pack yang samar, kemungkinan besar Moms benar-benar hamil.

Dalam kasus seperti ini, hasil test pack garis kedua biasanya muncul karena kadar hormon kehamilan yang masih rendah atau human choronic gonadotropin (hCG).

Test pack sendiri didesain untuk mendeteksi hormon tersebut. Karena ketika hamil, tubuh akan mulai memproduksi hormon hCG dan hormon terus akan meningkat seiring berjalannya kehamilan.

Nah, ketika hCG terdapat dalam urin Moms dan membuat garis kedua test pack menjadi samar, hal tersebut menandakan bahwa Moms tengah mengandung.

Kenapa garis yang muncul bisa samar? Biasanya hal ini terjadi ketika Moms melakukan tes terlalu dini pada usia awal kehamilan seperti sebelum haid atau sesegera mungkin setelah berhenti menstruasi.

Jadi, semakin banyak hormon hCG maka akan semakin jelas garis yang terlihat pada test pack tersebut.

Baca Juga: Seberapa Akurat Tes Kehamilan?

Garis Test Pack Ketika Keguguran

Contoh garis evaporasi pada test pack

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms hasil test pack samar juga bisa menjadi indikasi bahwa Moms mengalami keguguran?

Biasanya hasil samar bisa terlihat dalam 12 minggu pertama karena sel telur yang dibuahi tertanam di rahim sehingga bisa mendorong hormon kehamilan.

Nah, dalam beberapa kasus, tak lama setelah sel telur tertanam, keguguran bisa saja terjadi. Salah satu penyebab keguguran adalah kehamilan ektopik.

Hal yang membuat garis tes menjadi samar adalah, karena tubuh Moms masih memiliki sisa hormon kehamilan dalam tubuh.

Sementara itu perdarahan dan kram yang terjadi pun menyerupai menstruasi sehingga kemungkinan Moms tidak sadar tengah mengalami keguguran.

Baca Juga: Test Pack Positif Tetapi Tidak Hamil, Mengapa?

Garis Evaporasi Pada Test Pack

Contoh garis evaporasi pada test pack

Foto: Orami Photo Stock

Nah sayangnya, hasil test pack samar tidak selalu berarti Moms sedang berbadan dua. Hal tersebut dikarenakan garis positif yang muncul bukanlah garis yang sesungguhnya melainkan garis evaporasi pada test pack.

Garis evaporasi pada test pack disebut juga garis penguapan. Hal tersebut bisa muncul karena sering menguap dari stik test pack.

Dilansir dari Medical News Today, garis evaporasi biasanya tidak berwarna dan tidak terlihat tegas.

Jadi ada tiga tanda garis evaporasi pada test pack;

  • Warna garis evaporasi pada test pack tidak nyata, dan ada tanda terkena air
  • Warna garis tidak berwarna
  • Sudah 10 menit berlalu sejak tes dilakukan

Jika hal ini terjadi dan Moms bingung dengan hasilnya, cobalah untuk mengulangi tes kehamilan. Agar hasilnya lebih meyakinkan, Moms bisa melakukannya 2 hingga 3 hari kemudian.

Hal tersebut dimaksudkan agar tubuh memiliki waktu tambahan untuk memproduksi hormon kehamilan lebih banyak. Dengan demikian, Moms bisa mendapatkan hasil yang jelas jika memang terbukti sedang hamil.

Perlu diketahui, waktu terbaik untuk Moms melakukan tes kehamilan adalah pagi hari. Hal tersebut dikarenakan urin yang masih pekat sehingga hasilnya akan semakin jelas dengan akurasi tinggi.

Selain hal yang sudah disebutkan, jangan lupa untuk melihat hasilnya dalam waktu yang terlihat di kemasan ya, Moms!

Lebih dalam, Maureen Stephens, BS, RN, seorang pakar kesuburan yang mengkhususkan diri dalam perawatan kebidanan dan medis/bedah, garis penguapan tidak akan rancu dengan garis tes kehamilan samar (valid positif) jika tes dibaca dalam interval waktu reaksi lima menit.

Penjelasan lain untuk hasil test pack samar meliputi:

Baca Juga: Hasil Test Pack Samar, Apakah Ini Tanda Kehamilan?

1. Tes kehamilan Terlalu Awal

Seperti yang sudah dibahas, jika Moms melakukan tes kehamilan terlalu dini, lebih awal dari tujuh sampai sepuluh hari setelah ovulasi, kadar hCG mungkin tidak cukup untuk menghasilkan garis yang sangat akurat.

Jika Moms melihat hasil tes positif yang samar, selalu lakukan tes kehamilan ulang.

2. Tes Sensitivitas Lebih Rendah

Test pack yang berbeda memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda.

Periksalah tingkat sensitivitas tes pack yang Moms gunakan dan cobalah untuk membeli tes kehamilan dengan sensitivitas yang lebih tinggi sehingga Moms bisa memperoleh hasil yang akurat lebih cepat.

3. Sampel Urin Encer

Sampel urin mungkin mengalami "pengenceran" karena sering buang air kecil atau banyak minum cairan. Urin pertama di pagi hari disarankan untuk tes kehamilan karena mengandung jumlah hormon hCG terkonsentrasi yang paling banyak.

4. Menunggu Terlalu Lama untuk Membaca Hasilnya

Hasil test pack mungkin salah ditafsirkan dengan garis penguapan. Garis penguapan juga bisa terlihat sangat mirip dengan hasil tes kehamilan positif, jadi sangat mudah untuk salah menafsirkannya.

Karena itu, bacalah instruksi penggunaan dengan sangat hati-hati untuk memastikan bahwa Moms membaca hasilnya dalam jangka waktu yang ditentukan.

5. Kehamilan Kimia

Kehamilan kimia ditunjukkan saat penanaman telur yang telah dibuahi dan produksi hCG terjadi. Kehamilan kimiawi, menurut definisi, segera diikuti oleh keguguran sebelum tanda kehamilan lainnya dapat dideteksi.

6. Susunan Kimia Urin

Urin setiap orang memiliki susunan kimia unik yang berbeda. Beberapa urin wanita akan lebih cenderung mengembangkan garis penguapan daripada yang lain.

Beberapa garis evaporasi dapat segera muncul, beberapa mungkin memerlukan beberapa menit atau bahkan berjam-jam untuk muncul, dan beberapa mungkin bahkan tidak akan pernah muncul sama sekali.

Jika Moms membaca garis samar pada tes kehamilan yang mungkin merupakan garis penguapan, langkah terbaik adalah melakukan beberapa tes kehamilan ulang. Pastikan juga Moms membaca hasilnya dalam jangka waktu yang ditentukan.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai contoh garis evaporasi pada test pack. Semoga berguna, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait