Kesehatan Umum

5 Oktober 2021

Ini Beberapa Contoh Latihan Otot Lengan yang Bisa Dads Lakukan di Rumah

Jika dilakukan rutin, maka Dads bisa mendapatkan lengan yang kuat dengan gerakan sederhana ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Debora

Apakah Dads ingin tahu contoh latihan otot lengan yang efektif untuk dilakukan?

Dads pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan mungkin berotot sehingga terlihat gagah.

Tidak hanya membentuk perut supaya punya sixpack, ada beberapa orang yang juga ingin memiliki lengan yang berotot sehingga terlihat kuat.

Push-up bisa menjadi salah satu contoh latihan otot lengan tersebut.

Latihan sederhana ini juga bisa menjadi cara melatih otot lengan agar besar.

World Health Organization (WHO) juga menyarankan supaya orang dewasa melakukan olahraga kardio atau aerobik sebanyak 150 hingga 300 menit per minggu.

Tak hanya itu saja, disarankan juga untuk melakukan latihan kekuatan setidaknya 2 kali per pekan, termasuk latihan otot lengan tersebut.

Untungnya berikut ini terdapat beberapa contoh latihan otot lengan yang bisa Dads ikuti sebagai cara melatih otot lengan agar besar.

Namun, Dads harus melakukan pemanasan setidaknya lima menit sebelum melakukan latihan ini. Pemanasan adalah hal yang penting demi mengurangi risiko cedera otot selama berolahraga.

Baca Juga: 7 Manfaat Jumping Jack dan Panduan Gerakan yang Aman

Ini Contoh Latihan Otot Lengan

Berikut ini adalah beberapa contoh latihan otot lengan yang bisa Dads coba lakukan di rumah:

1. Push-up

contoh latihan otot lengan

Foto: Orami Photo Stock

Latihan ini memang cukup umum dilakukan, dan ternyata ia memiliki banyak sekali manfaat.

Begini cara melakukannya:

  1. Coba untuk berbaring telungkup pada lantai atau matras dan posisikan kedua tangan sebagai tumpuan sedikit lebih lebar dari bahu dan rentangkan kedua kaki lurus ke belakang.
  2. Jaga posisi tubuh dalam satu garis lurus dengan mengencangkan otot perut.
  3. Setelah itu, tekuk siku dan turunkan tubuh secara perlahan sambil menarik napas.
  4. Dorong tubuh dengan tangan kembali ke posisi awal sambil membuang napas.
  5. Dads busa mengulangi gerakan sebanyak 10 kali dalam 2 kali pengulangan.

2. Bicep Curls (Menekuk Lengan Atas)

contoh latihan otot lengan - Bicep Curls

Foto: dmcc.com

Ini juga merupakan contoh latihan otot lengan yang bisa Dads lakukan di rumah.

Gerakan ini juga cocok diterapkan sebagai langkah permulaan latihan membentuk otot lengan.

Namun, Dads memerlukan alat bantu berupa dumbel atau botol berisi air.

Begini cara melakukannya:

  1. Coba berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu sambal memegang dumbel dengan kedua lengan dalam posisi lurus di kedua sisi tubuh.
  2. Tekuk kedua lengan ke atas dengan perlahan hingga posisi botol setinggi bahu.
  3. Tahan untuk beberapa detik, kemudian turunkan kembali.
  4. Ulangi sebanyak 5 kali dan lakukan sebanyak 3 set.
  5. Saat melakukan gerakan ini, pastikan untuk mengencangkan perut dan bokong untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Lakukan 11 Gerakan Ini Agar Otot Kaki Kuat dan Fleksible

3. Plank Sidewalk (Plank dan Jalan ke Samping)

contoh latihan otot lengan - Plank Sidewalk

Foto: popsugar.com

Ini adalah contoh latihan otot yang jua sangat sederhana untuk dilakukan.

Begini caranya:

  1. Atur timer selama 1 menit sebelum memulai latihan ini.
  2. Mulailah dalam posisi plank yang ditinggikan dengan lengan terentang di bawah bahu dan telapak tangan ditanam dengan kuat di lantai.
  3. Rentangkan kaki ke belakang dengan jari-jari kaki menekan ke lantai. Area inti harus bergerak dan sejajar dengan bagian tubuh lainnya.
  4. Daripada tetap diam, gerakkan tangan dan kaki ke satu sisi. Ambil 2 atau 3 langkah dalam satu arah (atau sejauh Dads bisa melakukannya).
  5. Kemudian, kembali ke tempat awal dan ambil jumlah langkah yang sama ke arah lain. Lanjutkan berjalan dari sisi ke sisi sampai waktu habis.
  6. Perpanjang latihan selama 30 detik atau lebih jika Dads membutuhkan lebih banyak tantangan.

4. Arm Circle (Melingkarkan Lengan)

contoh latihan otot lengan - Arm Circle

Foto: kanal247.com

Perkuat bahu dan lengan dengan gerakan melingkar yang sederhana namun efektif.

Dads dapat melakukan latihan ini dalam hitungan menit tanpa peralatan apa pun.

Begini cara melakukannya:

  1. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Rentangkan kedua lengan lurus ke samping untuk membentuk huruf T dengan tubuh.
  2. Perlahan putar bahu dan lengan untuk membuat lingkaran ke depan dengan diameter sekitar 30 cm.
  3. Lanjutkan selama 15 lingkaran, lalu balik arah dan selesaikan 15 putaran ke arah yang berlawanan.
  4. Lakukan total sebanyak 3 set.

Baca Juga: 10 Latihan Otot Punggung di Rumah, Ada Gerakan Superman

5. Tricep Dips

contoh latihan otot lengan - Tricep Dips

Foto: wixstatic.com

Dads juga bisa melatih otot trisep hanya dengan menggunakan berat badan sendiri.

Meskipun Dads dapat melakukan ini di lantai, memilih sofa, bangku, kursi, atau meja kopi yang kokoh juga berfungsi sebagai alas yang baik.

Begini cara melatih otot lengan agar besar dengan tricep dips:

  1. Letakkan tangan selebar bahu di atas furnitur yang Dads sandarkan.
  2. Geser panggul dan bagian bawah ke depan sehingga ada celah 8 hingga 15 cm antara punggung dan objek, ini akan memberi Dads jarak saat turun.
  3. Tekuk kaki dalam sudut 90 derajat dengan kaki tertanam kuat di lantai, atau rentangkan di depan (tetapi jangan mengunci lutut).
  4. Perlahan-lahan turunkan tubuh ke bawah dan kembali ke atas, dengan fokus melatih trisep .
  5. Selesaikan 3 set dan masih-masing set sebanyak 12 repetisi.

6. Side Plank

contoh latihan otot lengan - Side Plank

Foto: digitaloceanspaces.com

Meskipun umumnya dianggap sebagai latihan untuk area samping tubuh, tetapi side plank juga merupakan contoh latihan otot lengan.

Begini cara melakukannya:

  1. Berbaring di sisi kanan di lantai, angkat bagian inti tubuh ke atas.
  2. Tekan lengan bawah ke tanah untuk stabilitas. Lengan dan bahu penyangga juga harus membentuk sudut 90 derajat.
  3. Rentangkan kaki dengan kaki menopang tubuh. Selain itu, tubuh harus membentuk garis yang relatif lurus dengan leher, kepala, dan kaki.
  4. Libatkan lengan yang tidak dijadikan penopang dengan meregangkannya ke arah langit-langit.
  5. Tahan selama 30 detik lalu beralih ke sisi kiri selama 30 detik.
  6. Selesaikan 2 set di kedua sisi.

Baca Juga: 15 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Bye Perut Buncit!

7. Plank Press

contoh latihan otot lengan - Plank Press

Foto: stack.com

Ini adalah variasi gerakan plank yang bisa menjadi contoh latihan otot lengan yang baik.

Begini cara melakukannya:

  1. Tempatkan dumbel di atas matras dan posisikan tubuh seperti push up dengan lengan selebar bahu dan tangan lurus di bawah bahu. Lalu buka kedua kaki sedikit lebih lebar dari bahu.
  2. Sambil menjaga pinggul tetap terangkat, kemudian angkat tangan kanan dengan mengangkat satu dumbbell.
  3. Ayunkan tangan kanan ke depan dan ke belakang setara dengan bahu dan lakukan gerakan yang sama pada tangan kiri.
  4. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali dalam 2 kali pengulangan untuk membentuk otot lengan.

8. Kickboxing Punches (Pukulan Kickboxing)

contoh latihan otot lengan - Kickboxing Punches

Foto: videohive.net

Jika Dads pernah memasuki ring atau kelas cardio kickboxing, Dads tahu bahwa melempar pukulan nyatanya juga membakar banyak kalori.

Mereka juga membantu memperkuat lengan dan punggung atas.

Begini cara melakukannya:

  1. Mulailah sikap dengan kaki selebar pinggul.
  2. Angkat lengan kanan ke atas membentuk sudut 45 derajat dengan kepalan tangan tepat di bawah rahang.
  3. Rentangkan lengan melintasi tubuh saat meninju sasaran imajiner di depan. Letakkan kekuatan di belakang pukulan, tetapi jangan terlalu memaksakan otot bahu.
  4. Lemparkan 15 pukulan keras dengan satu tangan sebelum beralih ke tangan lainnya.
  5. Selesaikan 4 set di kedua sisi.

Baca Juga: 7 Gerakan Pemanasan Sebelum Lari, Tak Boleh Dilewatkan!

Itulah contoh latihan otot lengan yang bisa Dads lakukan rutin sebagai cara melatih otot lengan agar besar. Selamat mencoba, ya!

  • https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
  • https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/arm-exercises-no-weights
  • https://www.alodokter.com/cara-membentuk-otot-lengan-dalam-10-menit
  • https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/cara-membentuk-otot-lengan/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait