Kesehatan

KESEHATAN
1 Maret 2021

11 Rekomendasi Cream Wajah untuk Bayi, Dijamin Aman Penggunaannya

Cream wajah untuk bayi biasanya diperlukan terutama bila Si Kecil memiliki kulit sensitif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Menemukan cream wajah untuk bayi yang tepat membutuhkan beberapa percobaan dan kesalahan.

Namun, hal ini tidaklah membuat Moms menyerah. Karena, memulai pencarian dengan mencari tahu apa yang dibutuhkan bayi, dan apa yang bekerja dan tidak dengan cream wajah mereka saat ini.

Seorang dokter anak mungkin dapat memberikan beberapa rekomendasi cream wajah untuk bayi.

Jika Si Kecil memiliki kondisi kulit yang serius tak kunjung membaik dengan cream wajah untuk bayi, maka tanyakan pada dokter untuk rujukan ke dokter kulit.

Menurut jurnal dalam Dermatology Research and Practice, karena kulit bayi terus menjadi dewasa selama tahun-tahun pertama kehidupan, penting bahwa produk perawatan kulit misalnya pembersih dan pelembap, diformulasikan dengan tepat.

Idealnya, produk yang digunakan pada bayi tidak boleh mengganggu pH permukaan kulit atau mengganggu kulit.

Rekomendasi Cream Wajah Untuk Bayi

Waktu terbaik menggunakan cream wajah untuk bayi adalah tepat setelah waktu mandi untuk membantu mengunci kelembapan dan mendukung perlindungan kulit.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi cream wajah untuk bayi yang bisa Moms coba.

1. Aveeno Baby Daily Moisture Lotion

Aveeno Baby Daily Moisture Lotion

Foto: aveeno.com

Rekomendasi cream wajah untuk bayi dengan kulit sensitif adalah Aveeno Baby Daily Moisture Lotion.

Direktur divisi dermatologi di Loyola University, Rebecca Tung, M.D., merekomendasikan Aveeno Baby Daily Lotion ini.

“Produk ini meresap tanpa terasa lengket dan mengurangi kulit kering pada bayi serta gatal selama berjam-jam,” ungkapnya.

Selain itu, dia mencatat cream wajah untuk bayi ini juga bebas pewangi dan non-komedogenik serta memiliki bahan-bahan yang minimal.

2. Aveeno Skin Relief Healing Ointment

Aveeno Skin Relief Healing Ointment

Foto: aveeno.com

Lebih tebal dari krim, produk ini adalah pilihan yang baik untuk kulit pecah-pecah, terutama di bulan-bulan yang memicu kering.

Untuk perlindungan maksimal, orang tua dapat memijat cream wajah untuk bayi ini setelah mandi.

Selain itu, direktur medis Callender Dermatology & Cosmetics Center di Glenn Dale, Valerie Callender, M.D., memberikan rekomendasi cream wajah untuk bayi yaitu Aveeno Skin Relief Healing Ointment, untuk melindungi Si Kecil dari iritasi yang diakibatkan oleh empeng atau makanan yang berantakan.

Aplikasikan pada wajah bayi sebagai penghalang sebelum mereka makan atau tidur siang, saat air liur bayi kemungkinan besar akan menggenang di wajah.

3. Mustela Hydra Bebe

Mustela Hydra Bebe

Foto: Mustela

Menurut situs web perusahaan, formula Mustela 97% alami, dan sangat menghidrasi.

Selain itu, Mustela Hydra Bebe ini cocok sebagai rekomendasi cream wajah untuk bayi baru lahir dengan kulit kering atau eksim.

Formula dari Mustela ini diunggulkan oleh bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan, seperti minyak jojoba, minyak bunga matahari, vitamin E dan F, minyak almond manis, shea butter, alpukat perseose, dan gliserin.

Karena juga bebas dari potensi iritasi kulit seperti paraben, phthalates dan phenoxyethanol, cream wajah untuk bayi ini membuat kulit terhidrasi dan halus tanpa risiko kemerahan atau ruam.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Merk Cream Wajah untuk Anak 10 Tahun

4. Cetaphil Baby Daily Lotion

Cetaphil Baby Daily Lotion

Foto: orami.co.id

Rekomendasi cream wajah untuk bayi selanjutnya adalah Cetaphil Baby Daily Lotion.

Bahan dari Cetaphil Baby Daily Lotion ini diperkaya dengan sweet almond dan minyak bunga matahari.

Selain itu, cream wajah untuk bayi ini juga menggunakan minyak alami dan vitamin E untuk melembapkan kulit.

Cream wajah untuk bayi ini juga hipoalergenik, wangi ringan, bebas pewarna, paraben dan minyak mineral. Sehingga cocok untuk Si Kecil sehari-hari.

5. Eucerin Baby Eczema Relief Body Creme

Eucerin Baby Eczema Relief Body Cream

Foto: Eucerinbaby

Cream wajah untuk bayi yaitu Eucerin Baby Eczema Relief Body Cream ini merupakan pilihan yang bebas pewarna, tanpa pewangi yang sangat bagus bagi anak-anak yang memiliki eksim atau kulit sensitif.

Menurut pendiri dan direktur Capital Laser & Skin Care di Washington, Elizabeth Tanzi, MD, rekomendasi cream wajah untuk bayi ini memiliki kandungan oats yang mampu menenangkan ruam, sementara ceramide yang bisa memperkuat pelindung kulit yang rusak.

6. Vanicream Moisturizing Skin Cream with Pump Dispenser

Vanicream Moisturizing Skin Cream

Foto: Vanicream

Rekomendasi cream wajah untuk bayi yaitu Vanicream Moisturizing Skin Cream ini merupakan favorit di antara para ahli kulit. Hal ini berkat komposisi hipoalergeniknya sehingga krim ini bebas dari pewarna, pewangi, lanolin, formaldehida, paraben dan bahan pengiritasi kimiawi umum yang ditemukan dalam produk perawatan kulit lainnya.

Cream wajah untuk bayi ini sangat menghidrasi, sehingga sempurna juga untuk ibu menyusui dengan puting pecah-pecah atau kering selain untuk Si Kecil.

Baca Juga: 6 Resep DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah, Wajib Coba!

7. CeraVe Baby Moisturizing Lotion

CeraVe Baby Moisturizing Lotion

Foto: Cerave

CeraVe Baby Moisturizing Lotion ini memiliki campuran vitamin dan ceramide yang bebas paraben, sulfat, dan pewangi.

Meskipun cream wajah untuk bayi ini tidak menyebut dirinya sebagai produk alami. Namun, ahli kulit senang merekomendasikannya kepada Moms serta Dads yang baru memiliki Si Kecil karena bahannya yang lembut.

Selain bebas pewangi, produk ini juga diformulasikan tanpa paraben, yang telah ditandai karena potensi hubungannya dengan ketidakseimbangan hormon.

“Termasuk dalam daftar bahan yang dikandungnya adalah ceramide dan asam hialuronat, yang keduanya dipuji untuk membantu kulit mempertahankan kelembaban,” ucap Brendan Camp, MD, dokter kulit di MDCS Dermatology di New York.

8. Weleda Sensitive Care Face Cream

Weleda Sensitive Care Face Cream

Foto: Weleda

Moms dan Dads terganggu dengan bercak pipi yang kasar pada Si Kecil?

Nah, kalian boleh mencoba cream wajah untuk bayi yaitu Weleda Sensitive Care Face Cream. Terbuat dari bahan nabati seperti mallow, minyak kelapa dan minyak almond dapat memberikan nutrisi alami untuk wajah bayi.

Rekomendasi cream wajah untuk bayi ini juga memiliki bahan dasar lilin lebah yang memberikan aroma madu manis alami.

Jika ternyata produk ini bekerja dengan baik di wajah si kecil, maka bisa juga digunakan sebagai krim perawatan ruam popok yang juga mendapat tanda dari National Eczema Association.

9. Johnson & Johnson Bedtime Lotion

Johnson & Johnson Bedtime Lotion

Foto: Orami

Jika ada satu aroma lotion bayi khas, itu pasti Johnson & Johnson Bedtime Lotion, yang, menurut produsen, terbukti secara klinis membantu Si Kecil tertidur berkat infus chamomile dan lavender yang menenangkan.

Bahan pelembab utamanya adalah gliserin, yang berfungsi menutrisi kulit kering dan membantunya mempertahankan kelembapan dan cocok sebagai rekomendasi cream wajah untuk bayi.

Seperti namanya, ini adalah cream bayi yang tepat untuk digunakan tepat setelah mandi untuk membantu memudahkan bayi memasuki rutinitas waktu tidurnya.

10. Vaseline Intensive Care Deep Moisture Jelly Cream

Vaseline Intensive Care Deep Moisture Jelly Cream

Foto: Vaseline

Kelembapan yang tahan lama adalah losion terbaik untuk kulit kering bayi.

Vaseline adalah merek tepercaya yang sudah ada di rumah selama beberapa dekade, jadi tidak mengherankan jika perawatan intensif lotion bayi tanpa pewangi ini adalah pilihan tepat yang serbaguna untuk penggunaan secara keseluruhan.

Kelebihan dari cream wajah untuk bayi ini adalah hipoalergenik yang kaya dan lembut tetapi tidak menyumbat pori-pori.

Mengandung vitamin E untuk mengunci kelembapan untuk semua jenis kulit.

Hanya saja beberapa orang mengeluhkan rekomendasi cream wajah untuk bayi ini yaitu soal baunya.

11. Kiehl’s Mom and Baby Moisturizing Cream

Kiehl’s Mom and Baby Moisturizing Cream

Foto: Kiehls

Menemukan cream wajah untuk bayi terbaik berarti menemukan pelembap bayi terbaik yang cukup lembut untuk kulit bayi baru lahir.

Krim pelembap Kiehl adalah cream wajah untuk bayi kental tanpa pewangi dengan bahan-bahan seperti shea butter, minyak zaitun, dan minyak biji aprikot.

Wajah bayi akan terasa terhidrasi dan kenyal dengan penggunaan pertama bahkan akan membantu menghaluskan tambalan kering di kulit mereka.

Rekomendasi cream wajah untuk bayi ini karena memiliki kelebihan pemakaiannya hanya perlu sedikit.

Seukuran kacang polong akan menutupi seluruh wajah bayi.

Teruji untuk membantu meminimalkan risiko alergi dan sensitivitas teruji untuk penggunaan sehari-hari. Hanya yang disayangkan adalah harganya yang tidak murah alias mahal.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi yang Mengelupas?

Karena kulit bayi secara alami lebih lembut, Moms dan Dads sebaiknya mencari cream wajah untuk bayi yang diformulasikan tanpa bahan keras yang dapat membuat kulit kasar atau iritasi pada kulit sensitif Si Kecil.

Sederhana adalah yang terbaik, menurut Garshick. Itu berarti menghindari produk dengan pewangi, pengawet, paraben, dan sulfat.

Alkohol adalah bahan penting lainnya yang harus dihindari, karena dapat membuat kulit bayi menjadi kering. Jadi, kira-kira Moms dan Dads mau membeli rekomendasi cream wajah untuk bayi yang mana?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait