Kesehatan

27 Mei 2021

11+ Manfaat dan Posisi Cuddling dengan Pasangan, Biar Makin Mesra dan Lengket Terus!

Terasa nyaman dan membuat kualitas tidur membaik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memberikan rasa nyaman dan aman, cuddling merupakan aktivitas yang menyenangkan dilakukan bersama pasangan. Cuddling adalah pelukan yang terkadang disertai ciuman, ternyata tidak hanya membuat hubungan semakin intim, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kira-kira, apa saja ya Moms, manfaat kesehatan dari cuddling? Ini dia penjelasannya yang dilansir melalui The Healthy.

Manfaat Kesehatan dari Cuddling

709e81b4f6811e030d98c7d8bb6d5bb3.jpg

Foto: pinterest.com

Sebagai makhluk sosial, sentuhan fisik memang merupakan bagian dari kehidupan yang sering kali sulit dipisahkan. Ternyata, banyak manfaat kesehatan dari sentuhan fisik yang intens dan intim, contohnya adalah cuddling. Manfaat bagi kesehatan tersebut sangat berkaitan dengan hormon.

“Memeluk meningkatkan kadar oksitosin yang merupakan hormon 'ikatan', dan menurunkan kadar kortisol yaitu hormon 'stres'," jelas Lina Velikova, MD, seorang peneliti dan ahli imunologi dari Sofia University, Bulgaria.

Berikut adalah beberapa manfaat pelukan bagi kesehatan yang sudah terbukti.

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa Berpelukan dengan Suami

1. Meredakan Stres

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 di PLoS One, peserta yang mendapat cuddling, terbukti lebih mampu menghadapi peristiwa yang membuat stres dan bangkit kembali lebih cepat daripada mereka yang tidak.

Tidak hanya oksitosin, cuddling juga bisa meningkatkan kadar serotonin, "hormon bahagia", yang membuat perasaan bahagia dan senang. Jadi, jika merasa sangat stres, sedih, atau hanya mengalami hari yang berat, berpelukan dapat membantu suasana hati dan diri baik kembali.

Semakin banyak pelukan, semakin besar efeknya. Tidak semua stres itu sama, tentu saja. Tetapi setidaknya, cuddling dapat membantu tubuh untuk lebih rileks.

2. Sistem Imun Tubuh Menjadi Lebih Kuat

Orang yang melakukan cuddling secara teratur, ternyata lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh sakit saat terkena virus flu dibandingkan orang yang tidak.

Ternyata, cuddling membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan kemampuannya untuk bertahan melawan penyakit, baik dengan mengurangi stres dan dengan meningkatkan kesehatan mental.

Baca Juga: Ini Ternyata Beragam Manfaat Berciuman Bagi Kesehatan!

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat cuddling, akan ada perasaan nyaman dan hangat yang membuat kita mudah terlelap, ya Moms.

Lebih dari 60 persen dari koresponden yang menanggapi survei Touch Test mengatakan, pelukan dari pasangan sebelum tidur memiliki efek positif pada tidur mereka. Sangat penting bagi banyak pasangan untuk mempertimbangkan melakukan cuddling sebagai bagian penting dari rutinitas waktu tidur mereka. Salah satu alasannya tentu saja karena peningkatan kadar oksitosin yang membantu tidur lebih cepat dan berkualitas.

4. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Efek selanjutnya dari oksitosin adalah meemicu refleks "istirahat dann mencerna." Selain itu, semakin sering kita cuddling, maka semakin banyak pula serotonin yang dihasilkan, dan semakin banyak serotonin yang kita hasilkan, semakin baik pula kemampuan tubuh untuk mencerna dan mengolah makanan.

“Saat dilepaskan ke aliran darah, serotonin menyampaikan pesan yang kuat ke seluruh tubuh, terutama di usus,” kata Dr. Dana Dorfman, PhD., yang merupakan seorang psikoterapis.

Saat serotonin disimpan di usus, maka secara signifikan dapat mempengaruhi fungsi pencernaan, rasa lapar, dan kenyang. Inilah mengapa tubuh lebih menikmati makanan saat bahagia dan ketika merasa tertekan, kemungkinan akan kehilangan nafsu makan.

Walaupun demikian, tentu saja cuddling tidak akan secara ajaib memperbaiki masalah pencernaan, dan jika Moms mengalami gejala gangguan pencernaan berkepanjangan, pastikan untuk mencari pertolongan medis.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Mencari sentuhan dari orang terkasih saat merasakan sakit merupakan reaksi yang normal. Ternyata, gerakan kecil ini dapat secara signifikan memengaruhi seberapa banyak rasa sakit yang dirasakan. Menurut para peneliti, hal tersebut bisa jadi karena rasa empati bersama yang memberikan penghilang rasa sakit.

Cuddling terkadang dapat menghalangi sinyal rasa sakit mencapai otak, sehingga membantu Moms untuk mentolerir rasa sakit dengan lebih baik. Ditambah, kita menurunkan kepekaan terhadap rasa sakit saat cukup mendapatkan istirahat dan merasa lebih bahagia.

Baca Juga: Tips Liburan untuk Pasangan Suami Istri

Posisi Cuddling Terbaik dengan Pasangan

Tidak harus berpelukan menghadap satu sama lain, sebenarnya cuddling bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, ada tujuh posisi cuddling terbaik menurut Healthline yang bisa memberikan kenyamanan maksimal.

6. Posisi "The Spoon"

efe.jpg

Foto: pinterest.com

Posisi The Spoon atau Spooning banyak menjadi favorit pasangan karena nyaman jika dilakukan dalam waktu yang lama. Posisi ini mengharuskan Moms dan Dads berbaring miring.

Saat melakukan The Spoon, maka akan ada yang berperan sebagai big spoon dan little spoon. Untuk big spoon, posisikan diri di belakang pasangan, kemudian berikanlah pelukan lebar dengan lengan. Sedangakan little spoon yang berada di depan, di dalam pelukan.

7. Posisi "Half Spoon"

freepikkk-e7611cb2efe4c96b01e207221d34e74d.jpg

Foto: freepik.com

Berbeda dengan posisi The Spoon yang mengharuskan kedua pasangan berbaring miring, pada posisi Half Spoon hanya satu orang saja yang melakukannya. Sedangkan, pasangan dapat memeluk dari samping.

Intimasi dapat ditambahkan dengan merangkul pundak, dan biarkan pasangan tidur di atas lengan atau dada.

Posisi ini akan membiarkan Moms dan Dads tetap dekat, namun masih memiliki ruang gerak yang luas sehingga tidak merasa sesak. Biasanya posisi ini banyak digemari oleh pengantin baru.

Baca Juga: Ingin Pernikahan Anda Lebih Intimate? Begini Caranya

8. Saling Bersentuhan Pantat/Butt Cheek-to-Cheek

-f.jpg

Foto: cuddlesanctuary.com

Dalam posisi cuddling ini, Moms dan Dads akan menghadap ke arah yang berlawanan, namun pantat dan punggung bawah saling bersentuhan. Biasanya, posisi lutut sering kali ditekuk, meskipun dapat pula tetap meregangkan satu kaki dan memainkannya,

Posisi ini berarti menunjukkan untuk teta menjaga hubungan dengan pasangan, tetapi saling menghargai kebebasan dan tidur sebagai agenda utama.

9. Posisi "Honeymoon Hug"

fv.jpg

Foto: pinterest.com

Sesuai dengan namanya, posisi cuddle ini memang sering menjadi pilihan bagi pasangan baru yang sedang berbulan madu.

Pasangan yang baru menikah, akan selalu ingin berdekatan satu sama lain. Dalam posisi ini, Moms dan pasangan akan saling berhadapan dan setiap anggota tubuh dipastikan untuk menempel. Dari posisi ini, Moms dan Dads bisa saling mendengarkan nafas dan detak jantung saking dekatnya.

10. Posisi "Sweetheart Cradle"

sweetheart.jpg

Foto: pinterest.com

Sebenarnya posisi cuddle satu ini hampir sama dengan Half Spoon. Namun, terdapat perbedaan dari pasangan yang menjadi tempat bersandar. Karena biasanya akan ada belaian kepala atau pundak, untuk memberikan kenyamanan.

Pada posisi ini, Dads bisa berbaring telentang dan memegangi Moms yang bersandar di dadanya. Ini adalah bentuk cuddling yang menenangkan yang menciptakan perasaan percaya dan nyaman.

11. Posisi "Leg Hug"

21-032605-best_cuddling_positions.jpg

Foto: askmen.com

Sama seperti posisi pantat yang berhadapan, posisi Leg Hug atau pelukan kaki, biasanya dilakukan oleh pasangan yang memprioritaskan kebebasan saat tidur.

Posisi cuddling ini tidak mengharuskan pasangan berpelukan badan, cukup dengan mengaitkan kaki satu sama lain sehingga merasakan kedekatan. Moms juga bisa menumpuk kaki sehingga seperti sandwich.

12. Posisi "Lap Pillow"

cute-young-couple-relaxing-couch-home-living-room_264277-821.jpg

Foto: freepik.com

Meletakkan kepala di pangkuan pasangan dan menjadikan pahanya sebagai bantal, adalah posisi cuddling yang menyenangkan.

Walaupun tidak terlalu intim, posisi ini memberikan kenyamanan ketika menghabiskan waktu bersama. Moms dan Dads bisa melakukan posisi ini saat mengobrol sebelum tidur, menonton film, atau bahkan ketika piknik di taman.

Sebenarnya, ada banyak posisi cuddling yang mungkin Moms dan Dads bisa coba dan sukai. Karena cuddling merupakan love languange yang menunjukkan bentuk rasa sayangnya antara satu sama lain.

Baca Juga: 6 'Selingan' Saat Berhubungan Intim yang Bisa Bikin Cepat Hamil

Itu dia Moms informasi seputar manfaat cuddling bagi kesehatan dan posisi cuddling terbaik yang bisa meningkatkan keintiman dengan pasangan.

  • https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2018/february/affection
  • https://www.thehealthy.com/mental-health/how-to-cuddle/
  • https://www.wellandgood.com/health-benefits-cuddling/
  • https://www.healthline.com/health/how-to-cuddle
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait