Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Showbiz | Dec 7, 2018

Curhat Kezia Karamoy Mengenai Beda Kehamilan Pertama dan Kedua

Bagikan


Kehamilan kedua untuk saya menjadi kabar gembira sekali. Senang sekaligus takjub ketika pertama mengetahui kalau saya hamil lagi.

Saya sempat berpikir akan mendapatkan tanda-tanda kehamilan yang sama dengan kehamilan pertama. Namun ternyata saya keliru, kehamilan kedua terasa berbeda.

Saya pun penasaran dan mulai mencari informasi lebih lanjut. Dari beberapa artikel medis yang saya baca, setiap kehamilan itu punya keunikan masing masing.

Jadi, sangat wajar apabila setiap Ibu hamil mengalami pengalaman yang berbeda. Berikut saya rangkumkan informasi yang saya alami selama hamil anak kedua :

Hamil Kedua Lebih Susah Tidur

Waktu kehamilan pertama, saya gampang sekali untuk tidur bahkan bisa dibilang lebih banyak tidurnya dari pada melakukan aktivitas.

Tadinya saya pikir saya sakit karena bawaannya lemas. Setelah saya baca baca artikel kehamilan ternyata bawaan lemas itu karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh kita dan perkembangan janin yang sedang terjadi.

Nah kalo kalian juga mengalaminya jangan panik ya. Tetap terus lakukan aktivitas kalian dan rutin kontrol ke dokter untuk mendapatkan asupan vitamin yang dibutuhkan.

Kehamilan kedua saya sekarang ini saya mengalami susah sekali untuk tidur, bahkan bisa dibilang selalu tidur subuh.

Tapi jangan panik juga ya, karena susah tidur ternyata normal dikarenakan saya terlalu asyik mengurus anak pertama.

Saya selalu menemani anak bermain dan mengontrol makanan dan asupan gizi yang harus dia terima. Jadinya tanpa disadari saya lupa untuk istirahat.

Catatan dari dokter kandungan saya, saya harus bisa menahan sedikit aktivitas supaya jangan terlalu lelah karena dampaknya nanti kasihan anak kedua yang ada dikandungan saya.

Peran para suami sangat penting untuk membantu istri disaat kehamilan kedua berlangsung. 

Sangat dianjurkan suami untuk menggantikan istri menemani anak bermain apalagi disaat kehamilan kedua dan anak pertama masih berumur 1 tahun ke atas.

Baca Juga : Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua yang Akan Moms Rasakan

Merasa Mudah Lelah

Pada saat kehamilan pertama, saya tidak mengalami pembengkakan kaki, sakit pinggang, cuma bawaan lemas karna perubahan hormon.

Tapi dalam kehamilan kedua ini saya merasa lebih mudah lelah. Rasanya ingin terus tidur di kasur tanpa ada yang mengganggu.

Ternyata, hal ini bisa sebabkan perubahan fisik yang dipengaruhi oleh usia. Semakin bertambah usia Ibu ,semakin berkurang pula daya tahan tubuhnya.

Selain itu, rasa lelah juga muncul dikarenakan ibu sibuk merawat anak pertama. Apalagi, jika si sulung masih balita sehingga memerlukan perhatian khusus. Tenaga ibu pun semakin berkurang, sehingga mudah lelah.

Janin Terasa Lebih Cepat Berkembang

Tidak seperti kehamilan pertama, saya merasa janin pada kehamilan kedua lebih cepat bereaksi ketika di dalam kandungan. Sampai-sampai, saya berpikir janin tersebut lebih cepat berkembang dibanding anak pertama.

Namun, faktanya tidak begitu. Setiap ibu akan lebih sensitif selama masa kehamilan kedua, sehingga lebih cepat menyadari tanda-tanda kehamilan dan perkembangan janin.

Baca Juga : 4 Artis Cantik Ini Umumkan Kehamilan dengan Cara yang Unik

Risiko Kehamilan Tidak Berubah

Risiko kehamilan dan pengalaman bersalin pertama kalinya ternyata juga memengaruhi kehamilan kedua. Apabila saat kehamilan pertama sempat mengalami masalah, ada baiknya harus lebih berhati-hati di kehamilan kedua.

Selain itu, sangat penting untuk selalu konsultasi ke dokter kandungan selama masa kehamilan sampai tiba saatnya hari persalinan ya .

Nah, itu dia beberapa perbedaan kehamilan pertama dan kedua yang saya alami. Saya harap informasi tersebut membuat para ibu lebih siap saat menghadapi kehamilan kedua. Apalagi, setiap kehamilan itu unik dan berbeda-beda.

Semangat terus menjalani kehamilan kedua yaaa ...

Kezia Karamoy

Foto : instagram.com/itskeziakaramoy/

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.