Rupa-rupa

25 Juli 2021

Sangat Beragam, Simak Daftar Alat Musik Tradisional Indonesia dan Cara Memainkannya!

Indonesia yang kaya dengan budaya dan keragaman alat musiknya
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Amelia Puteri

Indonesia memiliki banyak suku dengan masing-masingnya mempunyai kebudayaan dan ciri khas seperti tarian, musik, dan tentunya alat musik tradisional Indonesia.

Dilansir dari buku "Seni Musik Tradisi Nusantara" karya Ketut Wisnawa, musik tradisional merupakan jenis musik yang lahir dan berkembang dari budaya daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun.

Dengan kata lain, musik tradisional merupakan musik asli daerah yang tumbuh karena pengaruh adat istiadat, kepercayaan dan agama, sehingga musik daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Karena keberagaman dan keunikannya, bahkan beberapa alat musik tradisional Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara.

Tertarik mengenal beragam alat musik tradisional Indonesia? Simak penjelasannya berikut ini yuk, Moms!

Baca Juga: 4 Budaya Jakarta yang Wajib Diperkenalkan ke Anak

Daftar Alat Musik Tradisional dan Cara Memainkannya

Nah, untuk lebih mengenal budaya Indonesia yang beragam, Moms bisa mengetahui apa saja daftar alat musik tradisional dan seperti apa cara memainkannya.

Yuk, simak lebih lanjut berikut ini, Moms.

1. Gamelan

gamelan.jpg

Foto: museumnusantara.com

Gamelan adalah alat musik tradisional Indonesia yang sering ditemui di berbagai daerah di nusantara, seperti misalnya di Bali, Madura, dan Lombok.

Namun istilah gamelan Jawa mengacu secara umum pada gamelan di Jawa Tengah. Alat musik ini diduga sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi, dilihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Prambanan.

Gamelan merupakan seperangkat instrumen yang dibunyikan dari beberapa alat musik, seperti diantaranya gambang, gendang, dan gong. Perpaduan ini memiliki sistem nada non diatonis yang menyajikan suara indah jika dimainkan secara harmonis.

Baca Juga: 4 Alasan Anak Harus Bergaul Dengan Teman Dari Beragam Latar Belakang Budaya

2. Angklung

Angklung.jpg

Foto: kompas.com

Alat musik tradisional Indonesia satu ini terbuat dari bambu. Angklung tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga mancanegara, ternyata banyak warga asing juga tertarik dengan alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini.

Cara memainkan alat musik tradisional angklung cukup mudah, Moms hanya perlu menggerakan tangan sembari mengikuti ketukan nada. Angklung terbuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan dengan tangan.

Setelah digoyangkan maka bunyinya akan keluar.

Hal ini disebabkan oleh benturan badan pipa bambu. Bunyi yang bergetar menghasilkan susunan nada 2, 3 sampai dengan 4 nada dalam setiap ukuran baim besar maupun kecil.

Ada banyak jenis angklung di Indonesia bukan hanya angklung Jawa Barat tetapi juga da angklung Bali, angklung Banyuwangi, Angklung Gubrag dan sebagainya.

Baca Juga: Cari Tahu di Sini Asal-usul 7 Tarian Tradisional Jawa Barat

3. Sasando

sasando.jpg

Foto: pinterest.com

Alat musik sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dari alat musik petik lainnya yakni berbentuk tabung panjang.

Sasando sendiri terbuat dari bambu, kayu, paku penyangga, senar string, dan daun lontar.

Cara memainkan alat musik tradisional Indonesia satu ini adalah dengan menggunakan kedua tangan untuk memetik dawainya, hampir menyerupai gitar.

4. Kolintang

Kolintang.jpg

Foto: greatnesia.com

Alat musik tradisional Indonesia lainnya yang mendunia adalah kolintang yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Bahkan permainan kolintang pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009 silam.

Tercatat hingga 3.011 orang memainkan alat musik bambu bersama-sama dan 1.223 orang memainkan kolintang secara massal di Stadion Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

Ribuan peserta memainkan alat musik mereka masing-masing secara apik sehingga nada yang dihasilkan pun tampak serasi dan memiliki nilai yang sangat tinggi. Tak sia-sia bila kemudian empat rekor dunia berhasil diraih.

Alat musik tradisional Indonesia ini terbuat dari kayu khusus yang disusun dan dimainkan dengan cara dipukul.

Biasanya alat musik kolintang digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan tari, pengiring nyanyian, bahkan pertunjukan musik.

Baca Juga: Resep Sop Konro, Sop Iga Spesial dari Makassar

5. Tifa

Tifa.png

Foto: pinterest.com

Alat musik Tifa bisa ditemukan di daerah Papua dan di Tanah Maluku. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu Lenggua yang dikosongkan isinya.

Namun, bentuk antara Tifa dari Papua dan Maluku berbeda. Alat musik tradisional Indonesia Tifa Papua terdapat pegangan di sisinya, sementara Tifa Maluku hanya berbentuk tabung biasa tanpa pegangan.

Terdapat tiga jenis alat musik ini, yakni Tifa Jekir, Tifa Potong, Tifa Dasar, dan Tifa Bas. Semua jenis tersebut ditentukan berdasarkan asal daerah dan ciri khas masing-masing.

6. Serune Kale

Serune Kale.jpg

Foto: sahabatnesia.com

Alat musik tradisional Indonesia ini telah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Alat musik ini sangat populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat.

Alat musik ini kerap kali dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tari-tarian atau penyambutan tamu kehormatan.

Bahan dasar sarune kale ini berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk alat musiknya hampir menyerupai seruling bambu. Warna dasarnya hitam yang berfungsi sebagai pemanis atau penghias musik tradisional Aceh.

Baca Juga: 4 Resep Mie Aceh yang Kaya Rempah, Begini Cara Membuatnya!

7. Saluang

saluang.jpg

Foto: dutaminang.com

Saluang adalah alat musik tradisional Indonesia khas suku Minangkabau di Sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu tipis atau bambu talang. Bambu talang dipercaya bisa mengeluarkan suara yang lebih bagus dan merdu.

Alat musik Saluang termasuk golongan seruling, tapi pembuatannya lebih sederhana. Cukup dengan membuat empat lubang pada bambu talang. Sama seperti seruling pada umumnya, alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara ditiup.

8. Panting

Panting.jpg

Foto: budayanusantara.com

Alat musik Panting adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang secara pemetaan tumbuh dan berkembang di daerah Tapin, Kalimantan Selatan.

Alat musik panting terbuat dari kayu, kulit zat pewarna, dan senar. Kayu yang digunakan di antaranya kayu pulantan, kayu kambang, kayu jingah, kayu halaban, dll.

Sedangkan bahan kulit diambil dari kulit hewan yang hidup di hutan seperti kulit kijang, rusa, atau kulit hewan melata seperti kulit ular puraca, ular sawa, dan biawak. Alat musik ini dipakai atau digunakan dengan cara dipetik.

Baca Juga: Kenali 10 Jenis Tarian Tradisional Jawa Tengah untuk Edukasi Anak

9. Slenthem

Slenthem.jpg

Foto: pinterest.com

Jawa Tengah juga memiliki alat musik tradisional slenthem yang cara memainkannya seperti gong yaitu dengan cara dipukul dengan alat pukul. Ternyata slenthem ini termasuk salah satu instrumen alat musik tradisional Indonesia, gamelan.

Seperti halnya instrumen lain dalam satu set gamelan, slenthem juga memiliki versi slendro dan versi pelog. Wilahan slenthem pelog umumnya memiliki rentang nada C hingga B, sedangkan slenthem slendro memiliki rentang nada C, D, E, G, A, C.

Baca Juga: Ini 5 Lokasi Wisata Lampung yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

10. Kompang

Kompang.jpg

Foto: kreativv.com

Kompang merupakan alat musik tradisional Indonesia dari Provinsi Lampung yang dibuat dari kayu dan kulit kambing.

Alat musik Kompang tersebar bersamaan dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Kompak digunakan dengan cara dipukul dan biasanya diiringi dengan lagu atau syair bernuansa islami.

Dalam perkembangannya, Kompang biasanya dimainkan pada beberapa acara seperti upacara adat, acara pernikahan, dan penyambutan pejabat yang sedang berkunjung.

Itu dia Moms ada 10 alat musik tradisional Indonesia yang harus Moms ketahui. Yuk bersama lestarikan budaya Indonesia!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait