Selebriti

SELEBRITI
14 Desember 2020

Kaleidoskop 2020: Daftar Artis yang Meninggal Mulai dari Ashraf Sinclair, Glenn Fredly, Hingga Barli Asmara

Turut berduka cinta untuk keluarga yang ditinggalkan
placeholder

Foto: instagram.com/barliasmara/glennfredly309

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak orang yang beranggap 2020 ini tahun yang gelap dan penuh duka. Apalagi, di tengah pandemi COVID-19 yang masih belum menunjukkan akan berakhir.

Di Indonesia, ada kematian beberapa artis yang secara tidak terduga, dan juga meninggalkan duka bagi banyak orang. Berikut nama-nama besar yang berpulang tahun ini.

1. Lina Jubaedah

sule4.webp

Foto: liputan6.com

Lina Jubaedah, mantan istri Sule meninggal pada Sabtu, 4 Januari 2020. Kabar mengejutkan ini diketahui dari manager Sule, Panji Komara, yang mengunggah kabar tersebut melalui Instagram story-nya.

Ibu dari Rizky Febrian itu meninggal secara mendadak di Bandung. Jenazah Lina dimakamkan selepas shalat dzuhur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sekelimus, Buahbatu, Bandung.

Baca Juga: Mantan Istri Sule Meninggal, Ini 5 Faktanya

2. Ria Irawan

Ria Irawan Meninggal, Ini 4 faktanya

Foto: Instagram/riairawan

Aktris Ria Irawan juga menjadi sosok artis yang meninggal dunia 2020.

Ria meninggal dunia pada Senin, 6 Januari 2020 sekitar pukul 04.00 WIB. Diketahui, Ria Irawan meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening sejak 2009 lalu.

Ria Irawan meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Sang aktris didiagnosis menderita kanker stadium 3C pada kelenjar getah bening di pelvis (tulang panggul) kanan pada tahun 2009, tapi dirinya sempat dinyatakan sembuh pada 2014 melalui pengobatan kemoterapi yang dijalaninya.

Sayangnya, di pertengahan 2019, kondisi Ria kembali memburuk, sehingga mengharuskannya untuk bolak-balik ke rumah sakit menjalani pengobatan.

Sel kanker Ria Irawan diketahui sudah menyebar ke beberapa organ tubuhnya, seperti kepala dan paru-paru.

3. Ade Irawan

fakta Ade Irawan meninggal-2.jpg

Foto: dream.co.id

Tidak lama berselang setelah kepergian putrinya, aktris senior Ade Irawan meninggal pada Jumat, 17 Januari 2020. Ibu dari mendiang Ria Irawan ini meninggal di usianya yang ke-82 tahun.

Ade Irawan meninggal dunia hanya berselang kurang dari dua minggu, tepatnya 11 hari, semenjak anaknya, Ria Irawan, meninggal pada Senin lalu.

4. Allan Wangsa

Allan Wangsa meninggal dunia-2.jpg

Foto: Instagram/allanwangsa

Presenter dan YouTuber Allan Wangsa juga menjadi sosok artis yang meninggal dunia 2020. Allan meninggal pada Selasa, 4 Februari 2020 malam, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kabar tentang kematian Allan Wangsa juga telah dikonfirmasi oleh sahabatnya, aktor Gandhi Fernando.

"Benar (meninggal dunia), dia (Allan) gagal ginjal stadium 4," kata Gandhi, mengutip Kompas.com.

Gandhi Fernando mengatakan, bahwa jenazah dari Allan Wangsa telah dimakamkan sejak Rabu, 5 Desember 2020 pagi pada jam 09.00 WIB di Cipanas. Allan meninggal secara mendadak, Allan tidak pernah menjalani rawat inap di rumah sakit.

Baca Juga: 4 Fakta Meninggalnya Allan Wangsa, Tak Pernah Jalani Pengobatan Rawat Inap

5. Ashraf Sinclair

ashraf sinclair meninggal.jpg

Foto: Instagram/ashrafsinclair

Ashraf Sinclair, suami dari penyanyi sekaligus aktris peran Bunga Citra Lestari, meninggal dunia pada Selasa, 18 Februari 2020 pagi. Disebutkan, Ashraf meninggal karena serangan jantung.

Hal ini dikonfirmasi oleh Doddy, manajer perempuan yang akrab disapa BCL. Pria bernama lengkap Ashraf Danoel Bin Mohamed Sinclair ini diketahui meninggal pada pukul 04.51 WIB, dini hari.

6. Rama Aiphama

Meninggalnya Rama Aiphama, Sisakan Duka untuk Keluarga dan Sahabat.jpg

Foto: dok. YouTube

Penyanyi Rama Aiphama meninggal dunia pada Rabu, 11 Maret 2020 pagi di usianya yang ke-63 tahun.

Rama Aiphama dimakamkan di TPU Al Muchdar, di Kawasan Cimanggis, Jakarta Timur. Sebelum meninggal, Rama mengeluhkan sakit lambung sebelum meninggal dunia kepada anaknya.

7. Purwaniatun

pur1.jpg

Foto: Instagram/vatemat, Youtube/Trans TV Official

Purwaniatun, aktris yang dikenal sebagai ratu pemeran asisten rumah tangga (ART) di sinetron pada masanya juga menjadi artis yang meninggal dunia 2020.

Meninggal kala usianya yang ke-66 tahun, kabar ini pertama kali beredar dari pesan berantai WhatsApp. Lalu, kabar tersebut dibenarkan oleh Gia, cucu Purwaniatun.

Purwaniatun meninggal dunia pada Senin 23 Maret 2020 di RS Mayapada Lebak Bulus pukul 10.33 WIB. Purwaniatun ternyata mengidap kanker rahim dan sempat dirawat di rumah sakit selama 40 hari sebelum akhirnya mengembuskan nafas terakhir.

Baca Juga: Mengharukan, Ini Bentuk Kangen Mutia Ayu pada Mendiang Glenn Fredly

8. Glenn Fredly

Perjalanan Karier Glenn Fredly, Berkarya Hingga Akhir Hayat.jpg

Foto: Instagram/glennfredly309

Penyanyi kondang Indonesia, Glenn Fredly, meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 sore. Hal ini pun menjadi kabar yang mengejutkan bagi publik dan sesama rekan artis.

Lahir pada 30 September 1975, Glenn Fredly telah berpulang di usianya yang ke-44 tahun.

Kabar meninggalnya Glenn Fredly telah dikonfirmasi oleh sahabat dekat sekaligus rekan sesama musisi, Tompi. Ia memberitakan berita duka tersebut kepada media.

"Telah berpulang saudara kami, Glenn friedly, malam ini. Mhn dimaafkan semua salahnya. Dia yg selalu hadir menggerakkan kita semua," tulis Tompi lewat pesan WhatsApp.

9. Fera Queen

fer3.jpg

Foto: Instagram/feraqueen

Penyanyi Fera Queen yang terkenal dari ajang pencarian bakat "X-Factor" meninggal dunia pada 14 April 2020. Kabar duka ini dikabarkan melalui akun Instagram pribadi Fera.

Manajemennya menuliskan:

"Kami dari management dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada fans, teman dan pihak pihak yg pernah ada dalam kehidupan fera queen."

Diketahui, Fera Queen meninggal setelah berjuang melawan kanker payudara.

10. Didi Kempot

didikempot.jpg

Foto: mediaindonesia.com

Didi Kempot yang dikenal sebagai penyanyi campursari meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo Jawa Tengah.

Didi juga masuk dalam daftar artis yang meninggal dunia 2020, pada Selasa, 5 Mei 2020, yaitu pukul 07.30 WIB.

Sebelumnya, Didi Kempot sempat mengeluh rasa sakit saat malam hari. Kemudian, penyanyi yang dijuluki dengan nama "Bapak Loro Ati Nasional" atau Bapak Patah Hati Indonesia, dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: Simak Perjalanan Karier Didi Kempot

11. Adi Kurdi

adi kurdi

Foto: Google

Aktor senior Adi Kurdi meninggal pada Jumat, 8 Mei 2020 siang hari. Kabar duka ini disampaikan oleh sahabat Adi Kurdi, Romo Yustinus Sulistiadi Pr.

Adi Kurdi meninggal di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), Jakarta Timur. Kematian Adi Kurdi konon disebabkan oleh COVID-19.

12. Stan Isakh

stanisakh2.jpg

Foto: kapanlagi.com

Penyanyi Stan Isakh yang tutup usia, bahkan dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona pada awal Mei 2020.

Meninggal dengan status PDP, Stan awalnya begitu optimis untuk sembuh. Dia bahkan sempat menuliskan rasa rindunya terhadap syuting.

Namun, nyawanya tak tertolong, dan ia pun menghembuskan nafas terakhirnya.

13. Henky Solaiman

Henky Solaiman Derita Kanker Usus, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Foto: Instagram/opahenky

Henky Solaiman meninggal dunia pada 14 Mei 2020, di usianya yang ke-78 tahun. Henky meninggal dunia karena kanker usus yang dideritanya.

Berita duka ini diumumkan oleh Mieke Amalia, yang menjadi lawan main di sinetron "Dunia Terbalik" sebelum Henky memutuskan untuk berhenti dari industri hiburan.

Sebelumnya, diketahui Henky mengidap penyakit kanker usus. Kondisinya ini yang kemudian membuat dirinya memutuskan untuk istirahat dari industri hiburan Indonesia pada Januari 2020 lalu.

Baca Juga: Henky Solaiman Menderita Kanker Usus, Ini Fakta-faktanya!

14. Benny Likumahuwa

benny likumahuwa.jpg

Foto: Mancode.id

Kabar meninggalnya ayah dari Barry Likumahuwa ini dibenarkan oleh manajer Barry Likumahuwa, Roy. Benny meninggal pada Selasa, 9 Juni 2020 pukul 8.30 WIB pagi, dalam usia 73 tahun.

Diketahui, Benny meninggal karena penyakit diabetes yang diidapnya.

15. Papa T Bob

Papa T Bob meninggal dunia-hero.jpg

Foto: Instagram/papatbob_official

Pencipta lagu anak-anak yang terkenal, Papa T Bob, meninggal dunia pada Jumat, 10 Juli 2020. Informasi ini juga sudah dikonfirmasi oleh sang anak.

Menjadi artis yang meninggal dunia 2020, mendiang Papa T Bob sempat menjalani perawatan karena penyakit diabetes yang dideritanya.

Musisi 59 tahun ini melakukan perawatan intensif di rumah sakit kawasan Jakarta Timur untuk menjalani pengobatan karena penyakit diabetes tersebut.

16. Omas Wati

omas7.jpg

Foto: Tribunnews

Komedian Omas Wati meninggal dunia pada Kamis, 16 Juli 2020, di usianya yang ke-54 karena penyakit paru dan diabetes yang sudah lama dideritanya.

Sayangnya, karena takut jarum suntik, saat kesehatannya memburuk Omas tidak ingin dibawa ke rumah sakit. Sepanjang hidupnya, Omas bergelut di kesenian, terutama kesenian Betawi.

Baca Juga: 5 Artis dalam Rancangan Barli Asmara, Sungguh Menawan!

17. Barli Asmara

barli5.jpg

Foto: Instagram/barliasmara

Perancang busana Barli Asmara meninggal dunia saat ia berusia 42 tahun. Barli diberitakan meninggal dunia karena sakit meningitis, dan sebelumnya sempat mengalami sakit lambung.

Barli Asmara meninggal dunia pada 27 Agustus 2020, tepat pada pukul 14.00 WIB.

18. Melisha Sidabutar

Melisha Sidabutar.jpg

Foto: Instagram/melishapricilla

Salah satu kontestan Indonesian Idol, Melisha Sidabutar, juga menjadi artis yang meninggal 2020. Di usianya yang ke-19 tahun, Melisha meninggal pada Selasa, 8 Desember 2020 karena pembengkakan jantung.

Diketahui, sebelumnya Melisha sudah merasa lemas sejak pagi hari, sayangnya karena pandemi, keluarganya ragu untuk membawa Melisha ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Namun, ia sempat dilarikan ke rumah sakit, dan peralatan di rumah sakit pun ternyata tidak memadai sehingga nyawa Melisha tidak tertolong dan dinyatakan meninggal.

Itu dia Moms, daftar artis yang meninggal sepanjang tahun 2020.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait