Kesehatan Umum

11 November 2021

8 Daftar Buah untuk Sakit Pinggang, Disimak Ya!

Apa saja sih buah untuk sakit pinggang?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sakit pinggang merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum. Salah satu langkah awal mengatasi hal ini adalan mengkonsumsi buah untuk sakit pinggang lho Moms.

Menurut National Institute of Neurogical Disorders and Strokes penyebabnya adalah salah dalam melakukan aktivitas. Sebagian besar sakit pinggang akibat dari cedera, seperti keseleo atau ketegangan otot karena gerakan tiba-tiba atau mekanika tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat.

Nah, untuk mengetahui daftar buah untuk sakit pinggang yang bisa Moms coba, simak penjelasannya dalam artikel ini yuk.

Baca juga: Apa Perbedaan Sakit Pinggang Haid dan Hamil? Yuk, Cari Tahu!

Daftar Buah untuk Sakit Pinggang

Saat mengalami sakit pinggang, Moms mungkin akan berpikir kalau obat pereda nyeri adalah solusi yang terbaik. Padahal, terlalu banyak konsumsi bahan kimia juga tidak baik untuk tubuh lho Moms.

Dilansir dari chirocareflorida.com, ada hubungan era tantara makanan dengan kesehatan tulang belakang. Beberapa buah tertentu juga bisa membantu meringankan gejala sakit pinggang lho Moms. Berikut daftar lengkapnya.

1. Anggur Merah

Anggur merah

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk sakit pinggang salah satunya adalah anggur. Kandungan antosianin yang ada di dalamnya mengurangi peradangan serta risiko penyakit jantung, obesitas, gangguan mata, diabetes dan sakit pinggang.

Selain dalam bentuk buah, manfaat anggur juga bisa Moms rasakan setelah diolah menjadi minuman termasuk wine.

Anggur disebut sebagai makanan anti-inflamasi terbaik karena antioksidannya. Kandungan yang satu ini dapat mengurangi kerusakan sel dengan melindungi membran sel.

Konsumsi satu atau dua cup anggur setiap hari dapat membatasi bahan kimia yang menyebabkan peradangan di tubuh.

2. Ceri

Ceri juga salah satu buah untuk sakit pinggang. Konsumsi buah satu ini dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menekan protein inflamasi di dalam tubuh Mom.

Antioksidan dalam ceri juga mengurangi nyeri punggung dan nyeri lain akibat osteoartritis. Sebuah studi 12 orang menunjukkan bahwa orang dengan osteoartritis mengalami lebih sedikit peradangan setelah minum jus ceri dua kali sehari selama 21 hari.

Dari semua makanan anti-inflamasi, ceri memiliki kandungan anti-inflamasi tertinggi.

Moms yang tidak suka konsumsi buah ceri, dapat mengolahnya menjadi jus atau dikeringkan. Namun, pastikan olahan tersebut tidak mengandung banyak gula ya.

3. Blueberry

Blueberry untuk sakit pinggang

Foto: Orami Photo Stock

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, termasuk infeksi pada saluran kencing. Kondisi ini dapat diatasi dengan kondisi blueberry.

Buah yang dijuluki superfood ini kaya akan kandungan mikronutrien dan dapat membantu melawan peradangan dan juga mengurangi rasa sakit pada pinggang yang disebabkan oleh infeksi saluran kencing.

Selain konsumsi secara langsung, Moms juga bisa mengkonsumsi buah untuk sakit pinggang ini dengan cara diolah.

Konsumsi minimal satu hari sekali buah atau jus blueberry dapat membantu menurunkan gejala sakit pinggang, khususnya yang disebabkan karena infeksi saluran kencing pada Moms.

4. Delima

Sudah sejak lama, delima disebut sebagai buah yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Warna merah dari buah ini didapat dari polifenol, salah satu senyawa antioksidan yang sangat kuat.

Salah satu manfaat dari kandungan ini adalah mengurangi peradangan, termasuk sakit pinggang. Moms yang tidak suka mengkonsumsi buah untuk sakit pinggang ini secara langsung dapat mengolahnya menjadi jus.

Jus delima memiliki lebih dari 40 persen kebutuhan vitamin C harian Moms. Vitamin C dapat dipecah saat dipasteurisasi, jadi pilihlah jus buah delima buatan sendiri atau segar untuk mendapatkan nutrisi terbaik.

Baca juga: 14 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan, hingga Kesuburan

5. Semangka

semangka

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu kandungan dalam semangka adalah citrulline. Ini adalah asam amino yang sering dijual dalam bentuk suplemen untuk para atlet. Manfaat dari kandungan ini adalah meredakan nyeri otot pada tubuh termasuk bagian pinggang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukan, konsumsi jus semangka yang ditambahkan citrulline membantu para atlet dalam proses penyembuhan dari nyeri otot yang lebih cepat.

6. Jeruk Bali

Sakit pinggang dapat disebabkan tumbuhnya batu pada ginjal Moms. Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan rasa sakit di pinggang yang berlebihan.

Selain konsumsi obat, Moms juga dapat mencoba manfaat buah untuk sakit pinggang seperti jeruk bali.

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat. Asam sitrat, asam organik yang ditemukan dalam jeruk bali, mungkin efektif mencegahnya dengan mengikat kalsium di ginjal dan membuangnya keluar dari tubuh.

Korean Journal of Urology menjelaskan, asam sitrat memiliki kemampuan untuk meningkatkan volume dan pH urin. Hal ini dapat menghasilkan lingkungan yang kurang menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal.

Baca juga: 7 Efek Samping Daun Jambu Biji untuk Wajah, Atasi Jerawat dan Flek Hitam

7. Jambu Biji

Jambu biji

Foto: Orami Photo Stock

Menstruasi merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit pada bagian pinggang. Biasanya kondisi ini Moms rasakan ketika pre-menstruasi atau sebelum menstruasi.

Konsumsi jambu biji dapat menurunkan gejala pre-menstruasi seperti sakit pinggang. Ada beberapa bukti penelitian yang menyebutkan, jambu biji dapat mengurangi rasa nyeri kram saat menstruasi dan juga sakit pinggang.

Sebuah penelitian pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari dapat mengurangi intensitas nyeri. Tampaknya bahkan lebih kuat daripada beberapa obat penghilang rasa sakit

Ekstrak daun jambu biji juga dianggap membantu meredakan kram rahim.

8. Jeruk

Jeruk juga disebut sebagai salah satu buah untuk sakit pinggang lho Moms. Kandungan asam sitrat dapat mengurangi gejala sakit pinggang karena batu ginjal.

Selain itu, jeruk juga mengandung kalsium yang tinggi. Seperti yang diketahui, nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan dapat mencegah pengeroposan serta sakit pada pinggang.

Buah yang satu ini juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh lho Moms. Kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya kerusakaan sel dan stress oksidatif.

Baca juga: 5+ Rekomendasi Buah untuk Panas Dalam, Bukan Hanya Jeruk Lho Moms!

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

daging merah

Foto: Orami Photo Stock

Selain mengkonsumsi buah untuk sakit pinggang, Moms juga sebaiknya menghindari beberapa makanan yang dapat memperburuk sakit pinggang.

1. Daging Merah dan Olahannya

Daging merah, burger, dan daging olahan populer seperti hot dog, sosis, dan bacon dikaitkan dengan peradangan tinggi dan harus dihindari jika Moms menderita sakit pinggang.

Makanan ini mengandung gula yang disebut Neu5GC. Kandungan tersebut dapat memicu peradangan. Jika tidak ingin kondisinya semakin parah, sebaiknya Moms segara berhenti konsumsi mkanan ini ya.

2. Gula

Gula adalah salah satu penyebab peradangan terbesar, tetapi salah satu yang paling sulit untuk dikurangi. Namun, hal ini tidak berlaku pada gula alami yanga ada pada buah atau sayur ya Moms.

Kandungan gula yang ada dalam berbagai jenis olahan dapay dapat menyebabkan peradangan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kadar gula yang tinggi misalnya dapat meningkatkan kadar sehingga terjadi peradangan.

Jika Moms konsumsi makanan yang tinggi gula setiap hari dapat menyebabkan gangguan pada persendian. Mengurangi asupan gula mungkin sulit pada awalnya, tetapi akan sangat bermanfaat bagi Moms dalam jangka panjang.

Baca juga: 9+ Obat Sakit Pinggang Alami untuk Moms, Salah Satunya Rajin Stretching!

Demikian penjelasan mengenai buah untuk sakit pinggang dan juga makanan penyebabnya. Tetap waspada dan berhati-hati ya Moms.

  • https://chirocareflorida.com/foods-help-back-pain-relief/
  • https://www.webmd.com/pain-management/ss/slideshow-foods-fight-pain
  • https://www.healthline.com/health/low-back-pain-acute#prevention
  • https://www.laspine.com/foods-that-help-with-back-pain/
  • https://www.everydayhealth.com/news/can-good-diet-fight-back-pain/
  • https://www.news24.com/health24/medical/backache/causes-of-backache/3-foods-and-ingredients-that-can-worsen-your-back-pain-20190827-2
  • https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-blueberries
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait