Kesehatan Umum

28 Oktober 2021

10 Daftar Makanan untuk Jantung Bengkak, Sayur dan Buah Jadi yang Terbaik

Selain sayur dan buah juga ada kacang dan biji-bijian
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Makanan untuk jantung bengkak sangat perlu Moms ketahui supaya bisa menyehatkan kondisi tubuh. Pemilihan makanan yang tidak tepat bisa berdampak buruk bagi kesehatan penderita jantung bengkak.

Jantung bengkak atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai kardiomegali adalah kondisi di mana jantung tidak bisa memompa darah dengan baik sehingga sirkulasi darah tidak lancar. Hal ini mengakibatkan banyaknya cairan yang tertahan dalam tubuh, terutama pada bagian jantung.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari tekanan darah tinggi, kehamilan, tingkat stres yang sangat tinggi, berat badan yang berlebihan, penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, kolesterol yang berlebihan, hingga dikarenakan faktor usia.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Efusi Perikardial, Kondisi Saat Ada Cairan dalam Jantung

Daftar Makanan untuk Jantung Bengkak

Ketika Moms menderita jantung bengkak, pengobatan yang dilakukan memang tidaklah sebentar. Butuh pengobatan dalam jangka waktu lama sehingga bisa memulihkan kembali kondisi jantung.

Selama masa pengobatan, Moms juga harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan untuk jantung bengkak yang bisa Moms konsumsi sehari-hari, yaitu:

1. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau

Foto: scientificamerican.com

Makanan untuk jantung bengkak yang pertama adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti sawi, daun selada, bayam, brokoli, kale, asparagus, dan lain sebagainya sangat bagus dikonsumsi bagi penderita jantung bengkak.

Pasalnya di dalam sayuran hijau terdapat kandungan serat yang sangat tinggi dan juga rendah kalori sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab jantung bengkak.

Hal ini diperkuat dalam sebuah jurnal penelitian yang berjudul Cruciferous Vegetable Consumption is Associated with a Reduced Risk of Total and Cardiovascular Disease Mortality. Di dalam jurnal tersebut dijelaskan kalau cruciferous vegetable yang termasuk di dalamnya sayuran hijau bisa membantu menyembuhkan jantung bengkak.

Baca Juga: Kenali Gejala STEMI, Jenis Serangan Jantung yang Menyebabkan Kematian Mendadak

2. Buah Berry

Buah berry menjadi salah satu makanan untuk jantung bengkak yang bisa Moms konsumsi sehari-hari. Dalam buah berry terkandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu membantu mengobati jantung bengkak.

Dalam jurnal penelitan yang berjudul Berries: Emerging Impact on Cardiovascular Health, dijelaskan kalau buah berry mengandung anti inflamasi, kalsium, selenium, folid acid, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan masih banyak lagi.

Semua jenis buah berry bagus Moms konsumsi. Mulai dari strawberry, blueberry, cranberry, raspberry, hingga blackberry.

3. Alpukat

Buah Alpukat

Foto: mosherb.com.ng

Alpukat sudah sangat dikenal bagus untuk kesehatan jantung karena di dalamnya terdapat kandungan lemak tak jenuh.

Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat bisa membantu mengontrol ketegangan yang terjadi pada area arteri dan bisa mengontrol kadar kolesterol dengan baik.

Tidak hanya itu saja, dalam alpukat juga ada natrium dan kalium yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung bengkak.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Inggu, Konon Bisa Tolak Racun dalam Tubuh

4. Buah Sitrus

Selain buah alpukat dan buah berry, buah sitrus juga menjadi makanan untuk jantung bengkak. Buah sitrus merupakan buah-buahan seperti jeruk dan lemon.

Buah sitrus adalah kelompok buah yang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Jenis antioksidan yang ada dalam buah sitrus adalah flavonoid, karatenoid, dan lain sebagainya.

Kandungan antioksidan sangat diperlukan bagi tubuh yang terkena jantung bengkak. Hal ini disebabkan antioksidan memiliki kemampuan untuk membantuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Biji-bijian

Biji-bijian

Foto: www.spiceography.com

Biji-bijian sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan untuk jantung bengkak. Salah satu jenis biji-bijian yang bagus untuk jantung bengkak adalah chia seed dan flexseed.

Dalam chia seed dan flexseed terdapat kandungan omega-3 yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau LDL hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah jurnal yang berjudul The Cardiovascular Effects of Flaxseed and its Omega-3 Fatty Acid, Alpha-Linolenic Acid mengemukakan bahwa omega-3 bisa menurunkan risiko serangan jantung yang diakibatkan dari pembengkakan jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Capo, Disimak Yuk Moms!

6. Kacang-kacangan

Tak hanya biji-bijian saja yang kaya akan omega-3, kacangan-kacangan seperti kacang pecan, pistaschio, walnuts, almond, hazelnut, hingga kacang tanah juga kaya akan omega-3.

Selain omega-3, kacang-kacangan mengandung protein tinggi, serat, mineral, vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga bagus dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, terutama jantung.

Menjadi makanan untuk jantung bengkak, kacang-kacangan bekerja dengan cara membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga tekanan darah supaya tetap stabil.

Moms bisa menggabungkan konsumsi kacang-kacangan dengan bji-bijian menjadi satu sehingga manfaat yang dirasakan bisa lebih bagus lagi.

7. Gandum Utuh

Gandum Utuh

Foto: www.world-grain.com

Gandum utuh juga bisa menjadi makanan untuk jantung bengkak yang dapat Moms konsumsi setiap hari. Gandum utuh bisa Moms temukan dalam sereal, roti, hingga olahan oatmeal.

Gandum utuh mengandung vitamin, mineral, dan serat yang sangat tinggi sehingga bisa menurunkan LDL dan triglycerides yang merupakan kolesterol jahat.

Jika kolesterol jahat dalam tubuh bisa diturunkan, maka kondisi jantung bengkak bisa berkurang secara perlahan.

Moms bisa memadukan gandum utuh dengan biji-bijian dan kacang-kacangan untuk dijadikan sebagai santapan yang kaya akan nutrisi untuk jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Lompong, Bisa Menangkal Radikal Bebas

8. Susu dan Produk Olahannya

Makanan untuk jantung bengkak berikutnya adalah susu dan olahannya seperti yoghurt dan keju. Susu dan produk olahannya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama kesehatan jantung.

Dalam susu dan produk olahannya mengandung sedikit garam sehingga aman dikonsumsi setiap harinya. Kandungan natrium yang tinggi pada garam dapat meningkatkan risiko jantung bengkak.

Meski demikian, saat akan membeli susu dan prodok olahannya lainnya, pastikan kalau Moms selalu mengecek kadar kandungan garam di dalamnya. Selalu pilih kadar garam yang kurang dari 5%.

9. Daging Putih

Daging Putih

Foto: quoracdn.net

Jenis daging putih sangat bagus untuk kesehatan jantung bengkak. Daging putih seperti daging ayam dan ikan mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan sendiri mengandung omega-3 dan protein yang sangat tinggi sehingga bagus untuk kesehatan jantung bengkak.

Setidaknya, Moms harus mengonsumsi 2-3 kali daging putih dalam satu minggu untuk bisa merasakan manfaat untuk kesehatan jantung bengkak.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Inai untuk Kuku dan Kesehatan Tubuh

10. Buah Zaitun

Makanan untuk jantung bengkak yang terakhir adalah buah zaitun. Buah zaitun ini sudah lama dipercaya sangat bagus untuk segala macam jenis penyakit jantung, termasuk jantung yang membengkak.

Buah zaitun memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan begitu, risiko jantung bengkak bisa semakin diminimalisasi.

Moms bisa mengonsumsi buah zaitun untuk dicampurkan dalam olahan salad atau bisa juga menggunakan minyak zaitun dalam memasak makanan.

Itulah beberapa daftar makanan untuk jantung bengkak. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak dan berkolesterol tinggi seperti gorengan, jerohan, makanan olahan, hingga makanan cepat saji.

Moms juga harus rutin berolahraga setiap hari. Cukup dengan olahraga ringan asalkan rutin dilakukan. Semoga dengan adanya informasi di atas, Moms bisa menata kembali menu makanan harian yang lebih baik dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/321820#9.-Green-tea
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/321699
  • https://health.clevelandclinic.org/12-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/
  • https://www.webmd.com/heart-disease/ss/slideshow-foods-bad-heart
  • https://www.verywellhealth.com/foods-that-are-good-for-your-heart-2507169
  • https://www.healthline.com/health/enlarged-heart#prevention
  • https://www.webmd.com/food-recipes/features/11-top-heart-healthy-foods
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/in-depth/heart-healthy-diet/art-20047702
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait