Program Hamil

30 Mei 2021

11+ RSIA Bandung dengan Fasilitas Lengkap untuk Moms dan Si Kecil

Cari tahu juga tips memilih RSIA ya Moms, jangan sampai salah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan Dads yang tinggal di kota kembang, salah satu hal yang dipersiapkan untuk kedatangan Si Kecil adalah mengetahui daftar RSIA Bandung. Terutama, bila ingin memilih lokasi terdekat dengan tempat tinggal sehingga tak perlu risau bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena mengetahui daftar rumah sakit ibu dan anak terdekat.

Tentunya, daftar RSIA Bandung lebih disukai karena jenis rumah sakit ini memberikan perawatan yang luar biasa untuk ibu, calon ibu, bayi hingga anak-anak. Selain itu kelebihan dari RSIA dibanding rumah sakit biasanya adalah keberadaan ibu dan bayi yang tak boleh dipisahkan ketika perawatan.

“Seorang ibu dan bayinya tidak boleh dipisahkan - di rumah sakit, restoran, di mana pun,” kata Dr Helen Mactier, presiden Asosiasi Kedokteran Perinatal Inggris. “Pesan kami adalah bahwa orang tua adalah mitra dalam perawatan dan harus memiliki akses tidak terbatas ke bayi. ”

Daftar RSIA Bandung

Daftar RSIA Bandung

Foto Orami Photo Stock

Berikut ini beberapa daftar RSIA Bandung yang bisa Moms dan Dads ingat sebagai pilihan:

1. RS Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung

Daftar RSIA Bandung yang pertama adalah RS khusus Ibu dan Anak Kota Bandung, beralamatkan di Jalan KH Wahid Hasyim (Kopo) nomor 311, Kota Bandung. Nomor telepon 022 86037777/022 5200505 (IGD).

Fasilitas dari RS Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung digadang-gadang menjadi salah satu rumah sakit ibu dan anak tercanggih di kota dengan julukan kota kembang ini. Dibangun dengan 15 lantai, rumah sakit ini mampu menampung hingga 500 tempat tidur pasien.

Selain menyediakan fasilitas umum seperti ruang bersalin, ruang operasi, ruang perinatologi, ruang perawatan anak dan ruang perawatan ibu, RSKIA Kota Bandung juga memiliki fasilitas penunjang seperti ICU dan NICU (Intensive Care Unit/Neonatal Intensive Care Unit).

Terdapat pula beberapa kategori ruang rawat inap mulai dari kelas III hingga kelas I, serta ruang perawatan isolasi dan ruang isolasi bersalin.

2. RSKIA Harapan Bunda Bandung

RSKIA Harapan Bunda Bandung juga menjadi salah satu daftar RSIA Bandung. RSIA Bandung ini berada di Jalan Pluto Raya Blok C, Margahayu Raya, Bandung. Nomor telepon 0227506490/088802323283.

RSKIA Harapan Bandung ini Memiliki slogan ‘Melayani dengan Sepenuh Hati’, RS KIA Harapan Bunda memiliki berbagai pelayanan dan fasilitas lengkap untuk Mama yang sedang hamil dan akan melalui persalinan.

Mulai dari senam hamil, prenatal yoga, baby growth massage, USG 3D dan 4D.

Selain itu, rumah sakit ini juga menyediakan fasilitas ILA atau Intrathecal Labor Analgesia. ILA merupakan salah satu metode induksi persalinan dengan cara menyuntikkan obat bius ke pasien saat persalinan dengan pembukaan 4 atau lebih.

3. Melinda Hospital

Rumah sakit milik dokter Susan Melinda ini menjadi salah satu daftar RSIA Bandung favorit karena memiliki interior yang menarik seperti hotel. Melinda Hospital ini ada di dua tempat dengan alamat berbeda.

Yang pertama ada di Jalan Pajajaran 46, Bandung. Nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu 022 422 2788, 022 420 9088. Sedangkan Melinda Hospital kedua ada di jalan Dr Cipto No 1, Bandung. Kontak yang bisa dihubungi di (022) 4233777, Pendaftaran 08157100888 (Call & WhatsApp) dan UGD (022) 4232777.

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit dengan NICU di Jakarta Pusat

4. RSIA Limijati

Salah satu daftar RSIA Bandung favorit selanjutnya jatuh ke RSIA Limijati. Di RSIA Limijati terdapat Bandung Fertility Center yang bisa dikunjungi Moms dan Dads yang hendak melakukan program kehamilan. RSIA Limijati sebelumnya merupakan klinik bersalin.

RSIA Limijati sendiri adalah rumah sakit ibu dan anak tipe B milik swasta yang berada di wilaah Kota Bandung. Beberapa fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini di antaranya seperti PICU (Pediatric Intensive Care Unit) dan ICU/NICU (Intensive Care Unit/Neonatal Intensive Care Unit).

Ruang perawatan pun tersedia dalam beberapa kategori, mulai dari kelas III hingga kelas Super VIP.

Beralamatkan di Jalan L.L.R.E Martadinata (Riau) nomor 39, Bandung. Nomor telepon 022 420 7770 atau 022 8428 1333

5. RSIA Al Islam Bandung

RSIA Al-Islam Bandung juga kerap masuk daftar RSIA Bandung favorit . karena kerap rutin mengadakan kelas-kelas untuk ibu hamil seperti Prenatal Gentle Yoga, Hypnobirthing, dan kelas Laktasi yang tentu dibutuhkan oleh para Moms.

Tak hanya itu RSIA Bandung ini dilengkapi fasilitas USG 4D, tentunya ini juga jadi daya tarik untuk Moms dan Dads yang penasaran ingin melihat rupa Si Kecil dalam kandungan. RSIA Al-Islam beralamatkan di jalan Awi Bitung No.29-31, Cicadas, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, dan nomor telepon 022 7208284.

6. RSIA Hermina

RSIA Hermina merupakan RS Swasta yang mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan spesialistik kebidanan, penyakit kandungan, kesehatan anak, serta menunjang dengan unit-unit spesialis lain untuk Moms dan Si Kecil.

RSIA Hermina pun ada di dua tempat berbeda dan Moms serta Dads dapat memilih yang terdekat dari tempat tinggal. Yang pertama RSIA Hermina Pasteur, beralamatkan di jalan Dr. Djunjunan nomor 107, Pasteur, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Nomor telepon (022) 6072525, Call center 1 500 488.

Kedua yaitu RS Hermina Arcamanik, Moms serta Dads bisa memilih Hermina Arcamanik yang berada di Jalan A.H Nasution Nomor 50, Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Kota Bandung dan telepon 02287242525.

Baca Juga: 6 Mitos dan Fakta Melahirkan di Rumah Sakit selama Pandemi

7. Rumah Sakit Ibu dan Anak Sukajadi

Moms dan Dads yang beralamatkan di Sukajadi, bisa mencoba daftar RSIA Bandung ini yaitu Rumah Sakit Ibu dan Anak Sukajadi. RS ini memberikan pelayanan yang berkualitas, resepsionis yang informatif serta ruangan laboratorium yang dipenuhi peralatan canggih.

Rumah Sakit Ibu dan Anak Sukajadi ini berada di Jalan Sukajadi Nomor 149, Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162 dan Moms serta Dads bisa menghubungi (022) 2032941, (022) 2031768.

8. RSIA Grha Bunda

RSIA Grha Bunda ini juga masuk ke dalam daftar RSIA Bandung favorit karena gedungnya berkonsep modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit ini yakni USG 4D. Pelayanan USG 4D di RSIA Grha Bunda pun akan ditangani oleh dokter yang berpengalaman. Ada pula layanan senam hamil untuk Mama yang membutuhkannya.

Alamatnya di Jalan Terusan Jakarta nomor 15-17, Babakan Surabaya, Kiaracondong, Bandung. Telepon: 02287256789, whatsapp 08111056789.

9. RSB Emma Poeradiredja

Jarang terdengar namanya, RSB Emma Poeradiredja juga masuk daftar RSIA Bandung yang bisa Moms dan Dads kunjungi. Pelayanan yang tersedia di RSB Emma Poeradiredja di antaranya seperti pemasangan KB, imunisasi, serta konsultasi kehamilan. Selain itu, tersedia pula fasilitas penunjang kehamilan seperti kelas senam hamil dan kelas prapersalinan.

RSB Emma Poeradiredja ini terdapat ruang PICU (Pediatric Intensive Care Unit) dan ICU/NICU (Intensive Care Unit/Neonatal Intensive Care Unit), serta ruang HCU (High Care Unit) dan ICCU (Intensive Coronary Care Unit). Alamat di Jalan Sumatera No. 46-48, Kota Bandung, nomor telepon 022 420 6544.

10. RSIA Humana Prima

Walaupun RSIA Humana Prima tidak sebesar dengan Daftar RSIA Bandung lainnya dan termasuk ke dalam kategori rumah sakit tipe C. Namun, pelayananannya tidak kalah dengan rumah sakit besar serta gedungnya pun sudah direnovasi dan di sini pun tersedia USG 4D.

RSIA Humana Priam beralamatkan Jalan Rancabolang No. 21, Manjahlega, Kota Bandung dan nomor telepon yang bisa dihubungi di 022 756 3489.

11. RS Bersalin Buah Hati

Untuk warga yang bertempat tinggal di kawasan Lembang, maka tak ada salahnya mencoba RS Bersalin Buah Hati yang beralamatkan di Jalan Grand Hotel 66, RT 005/06, Lembang, Bandung dan kontak yang bisa dihubungi di 022 278 6452.

RS Bersalin Buah Hati melayani tindakan persalinan, cek kandungan, pemasangan KB, penanganan bayi prematur dan kebutuhan lainnya bagi pasien ibu hamil. Proses persalinan normal maupun operasi caesar juga bisa dilakukan di RS Bersalin Buah Hati.

12. RSIA Kartini Padalarang

Jika Moms dan Dads merupakan warga Padalarang bisa mengunjungi daftar RSIA Bandung ini yaitu RSIA Kartini Padalarang. RSIA Kartini ini merupakan rumah sakit Ibu dan anak yang berlokasi di Padalarang, Provinsi Jawa Barat.

Beralamatkan di Jalan Letkol G.A. Manulang No.46 Padalarang Kabupaten Bandung Barat dan nomor telepon (022) 6804440.

Baca Juga: Memilih Rumah Sakit Bersalin yang Paling Cocok untuk Anda

Tips Memilih Rumah Sakit Ibu dan Anak

Tips untuk memilih rumah sakit ibu dan anak

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahu daftar RSIA Bandung yang bisa dijadikan patokan, Moms dan Dads juga butuh tips untuk memilih rumah sakit ibu dan anak, berikut ini:

1. Keunggulan Klinis dalam Persalinan dan Kelahiran

Moms pasti ingin memastikan baik diri dan bayi berada di tangan yang ahli. Rumah sakit harus memiliki tim spesialis bersertifikat untuk memandu Moms melalui proses persalinan dan persalinan

2. Ruang Perawatan Khusus

Ruang Perawatan khusus mencakup tim neonatologis dan perawat berdedikasi yang terlatih dalam perawatan bayi prematur yang lahir setelah 32 minggu kehamilan yang memerlukan observasi ketat atau perhatian khusus lainnya. Moms menginginkan tim pengasuhan perawatan khusus yang mendorong orang tua dan pengasuh, jika memungkinkan, untuk datang ke kamar bayi agar terikat dan menghabiskan waktu bersama bayi mereka.

3. Opsi Persalinan

Melahirkan adalah salah satu peristiwa paling monumental dan mengubah hidup yang pernah Moms alami. Rumah sakit bersalin Moms harus memberi Moms alat untuk membuat rencana kelahiran yang menguraikan bagaimana Moms ingin melahirkan bayi Moms, termasuk teknik dan pendekatan persalinan yang mendukung apa yang Moms inginkan selama persalinan — mulai dari obat pereda nyeri hingga aromaterapi hingga bak pusaran air hangat.

4. Pilihan Pereda Sakit untuk Persalinan

Apakah Moms menginginkan obat untuk meredakan nyeri atau ingin menggunakan cara yang lebih alami untuk membantu meredakan nyeri persalinan, carilah rumah sakit yang menawarkan Obat pereda nyeri, termasuk anestesi regional dan local hingga alternatif, pendekatan pereda nyeri yang lebih alami

5. Perawatan Pascapersalinan untuk Moms dan Bayi Moms

Moms telah melakukan kerja keras, sekarang Moms ingin bersantai dan terikat dengan bayi dan keluarga Moms.

6. Dukungan Menyusui

Menyusui adalah salah satu hal tersehat yang dapat Moms lakukan untuk bayi Moms, tetapi ada tantangannya. Pastikan rumah sakit yang Moms pilih menawarkan:

  • Pusat laktasi dengan konsultan laktasi bersertifikat
  • Kelas menyusui untuk memulai persiapan sebelum Moms melahirkan
  • Konsultasi menyusui pribadi selama pemulihan pascapersalinan Moms dan setelah Moms pulang (jika Moms memiliki masalah)

Demikianlah daftar RSIA Bandung sekaligus tips memilih rumah sakit ibu dan anak yang bisa Moms dan Dads ketahui.

  • http://rskiakotabandung.com/
  • https://www.centrastatematernity.com/7-things-maternity-hospital/
  • https://www.dokter.id/rumah-sakit/rsia-sukajadi
  • http://www.stetoskoop.com/id/rumah-sakit/rumah-sakit-iibu-dan-anak-kartini--padalarang
  • https://www.sehatq.com/faskes/rumah-sakit-kota-bandung-2
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait