Kesehatan

8 Februari 2021

7 Dampak Kelebihan Vitamin C pada Tubuh, Wajib Tahu!

Sebagian besar gejalanya ringan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengonsumsi multivitamin menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di tengah kondisi pandemi virus Corona, wajar jika banyak orang mulai berburu suplemen vitamin.

Tetapi, Moms tentu tahu bahwa mengonsumsi sesuatu yang berlebihan dapat memberikan beberapa efek pada tubuh. Termasuk jika tubuh Moms kelebihan vitamin C.

Salah satu jenis suplemen vitamin yang sedang banyak dicari adalah suplemen vitamin C. Moms mungkin juga termasuk orang yang mencari suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Lalu, apa saja efek samping dari kelebihan vitamin C pada tubuh? Berikut ini penjelasannya.

Dampak Kelebihan Vitamin C

dampak jika kelebihan vitamin C

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin C berperan penting dalam proses pertumbuhan dan juga proses tubuh lainnya. Tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, sehingga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dari luar (makanan atau suplemen).

Cara kerja vitamin C adalah ia akan larut dalam air dan dibuang oleh tubuh melalui ginjal.

"Tubuh tidak akan menyimpan kelebihan vitamin C yang dikonsumsi, setiap kelebihannya akan dikeluarkan melalui ginjal lalu urin," menurut dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Ada beberapa dampak yang bisa dialami seseorang jika kelebihan vitamin C dalam seharinya. Karena itu, minum dalam jumlah yang tepat sangat direkomendasikan.

Berikut ini beberapa dampak yang bisa dialami pada tubuh jika kelebihan vitamin C.

1. Masalah Pencernaan

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-2

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Institute of Health, vitamin C memiliki toksisitas rendah dan tidak diyakini menyebabkan efek samping serius jika dikonsumsi tinggi.

Tetapi, keluhan yang paling umum dialami jika tubuh kelebihan vitamin C adalah diare, mual, kram perut, dan gangguan gastrointestinal lainnya, karena efek osmotik dari vitamin C yang tidak diserap dalam saluran pencernaan.

Pada sebagian orang, kelebihan vitamin C juga menyebabkan asam lambung dan perut terasa tidak nyaman.

Maka, seharusnya dosis vitamin C harus tepat untuk menghindari masalah pencernaan dari kelebihan vitamin C.

2. Sakit Kepala

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-3

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa efek samping dari kelebihan vitamin C bisa terjadi dan biasanya tidak memerlukan perhatian medis, salah satunya sakit kepala.

Sakit kepala adalah dampak ringan karena terlalu banyak asupan suplemen vitamin C. Meskipun dapat mereda, tetapi jika mengkhawatirkan, Moms dapat menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Baca Juga: 3 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kulit, Tertarik Mencobanya

"Pada beberapa orang yang punya masalah dengan batu pada ginjal dan saluran kemih, kelebihan vitamin C dan tidak disertai dengan asupan cairan yang cukup juga dapat menyebabkan urin menjadi asam sehingga memudahkan terbentuknya batu," tambah dr. Tirta.

3. Insomnia

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-4

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping karena kelebihan vitamin C mungkin akan menimbulkan gejala yang tak begitu terlihat atau gejalanya ringan. Hal ini seperti disampaikan oleh David Katz, MD, direktur Pusat Penelitian Pencegahan Universitas Yale di New Haven.

"Mungkin ada tanda-tanda kekhawatiran, tetapi itu akan menjadi tanda yang sangat halus," katanya.

Gejala yang cukup ringan ini mungkin termasuk sulit tidur atau insomnia, susah berkonsentrasi, atau masalah saraf seperti mati rasa atau kesemutan, lebih mudah marah.

4. Batu Ginjal

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-5

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Advances in Nutrition, kelebihan vitamin C dalam jumlah tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal, meskipun buktinya beragam dan tidak konsisten.

Kelebihan vitamin C dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa oksalat dan asam urat dalam urin. Senyawa inilah yang memicu pembentukan batu ginjal pada tubuh.

Karena itu, hindari konsumsi terlalu banyak minum suplemen vitamin C, terutama bagi Moms yang rentan terhadap pembentukan batu ginjal. Meskipun secara umum, vitamin C aman dikonsumsi, bahkan dalam dosis besar.

Sebuah studi menjelaskan, orang dewasa yang mengonsumsi suplemen 1.000 mg vitamin C dua kali sehari selama 6 hari, jumlah oksalat yang mereka keluarkan meningkat 20 persen.

Baca Juga: Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

5. Nutrisi Tidak Seimbang

nutrisi tidak seimbang dampak kelebihan vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Dampak kelebihan vitamin C lainnya yakni tubuh tidak dapat mencerna nutrisi secara optimal. Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan nutrisi tidak seimbang.

Ini dapat merusak kemampuan tubuh dalam mencerna nutrisi lain. Misalnya, kelebihan vitamin C menyebabkan kadar vitamin A, vitamin D tidak tercukupi atau meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Tidak adanya keseimbangan nutrisi ini tidak baik untuk tubuh dan dapat memicu penyakit serius.

6. Taji Tulang

taji tulang dampak kelebihan vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Orthopedics & Sports Medicine, sebuah studi di Duke University menemukan bahwa kelebihan vitamin C dapat menyebabkan tali tulang, yaitu mempercepat kerusakan pada sendi.

Vitamin C yang berlebih pada tubuh mengaktifkan protein yang menyebabkan taji tulang dan nyeri pada pasien dengan osteoartritis.

Sebaliknya, penelitian lain menunjukkan bahwa orang dengan 3 kali kadar vitamin C lebih rendah, mungkin mengembangkan rheumatoid arthritis daripada mereka yang memiliki kadar vitamin C secara normal.

Baca Juga: Bayi Cukup Zat Besi atau Belum ya? Yuk Pastikan dengan Cara Ini!

7. Radang Usus

Radang usus dampak kelebihan vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Kelebihan vitamin C pada anak juga bisa terjadi, salah satunya yakni masalah pencernaan yang menyebabkan radang usus.

Vitamin C larut dalam air, jadi setiap kelebihan akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin anak. Namun, dosis tinggi vitamin C tetap dapat menyebabkan mual, diare, batu ginjal, dan gastritis (radang usus).

Dilansir dariNational Institutes of Health, vitamin C untuk orang dewasa dan anak-anak berusia 4 tahun ke atas adalah 60 mg, baik laki-laki maupun perempuan. Ada cenderung peningkatakan menjadi 90 mg.

Fungsi Vitamin C untuk Tubuh

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-1

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Medline Plus, vitamin C diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di semua bagian tubuh. Beberapa manfaat dari konsumsi vitamin C seperti:

  • Membentuk protein penting yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.
  • Menyembuhkan luka dan bentuk jaringan parut.
  • Memperbaiki dan memelihara tulang rawan, tulang, dan gigi.
  • Membantu penyerapan zat besi.

Karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, penting untuk konsumsi vitamin C dalam makanan atau suplemen. Bagi kebanyakan orang, jeruk, stroberi, cabai merah cincang, atau brokoli juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan vitamin C.

Pada data Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, disebutkan kebutuhan vitamin C per hari seseorang yaitu sebagai berikut:

  • Bayi usia 0 bulan hingga anak usia 12 tahun (40-45 mg/hari).
  • Anak remaja usia di atas 12 hingga 18 tahun (65-90 mg/hari).
  • Orang dewasa +18 tahun (75-90 mg/hari).

Baca Juga: Suplemen Vitamin untuk Bayi, Perlukah?

Itu dia Moms, beberapa dampak dari kelebihan vitamin C baik dewasa ataupun anak-anak. Agar terhindari dari risiko ini, sebaiknya konsumsi sumber vitamin C yang alami, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait