Kesehatan

30 Agustus 2021

Mengenal Daun Dadap Serep dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Daun dadap serep telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms familiar dengan daun dadap serep? Jika tidak, simak ulasan berikut ini, yuk!

Daun dadap serep ini ternyata memiliki banyak manfaat, lho. Namun, belum banyak orang yang mengetahui bahwa daun dadap serep dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tanaman dadap serep bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun panas (demam), memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, bahkan mengandung senyawa antikanker.

Baca Juga: Jarang Dilirik, Ternyata Ada 15+ Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan!

Mengenal Daun Dadap Serep

daun dadap serep

Foto: plantsoftheworldonline.org

Daun dadap serep memiliki nama latin Erythrina subumbrans. Tanaman ini merupakan flora asli Asia Tenggara dan tumbuh menyebar di Nusantara, khususnya Pulau Jawa.

Dadap serep termasuk dalam tumbuhan legume pohon, yakni tanaman berkayu dan pohonnya dapat mencapai tinggi 15-22 meter dengan diameter batang 40-100 cm.

Batang pohonnya tegak, bulat, percabangan simpodial, licin, dan berwarna hijau berbintik-bintik putih. Daun dadap serep memiliki bentuk segitiga dengan tepi rata dan ujung meruncing.

Setiap daunnya beranak 3 helai daun dan memiliki bunga berwarna merah kekuningan.

Baca Juga: 9 Manfaat Rebusan Daun Salam dari Ujung Kaki Hingga Ujung Rambut

Manfaat Daun Dadap Serep untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia banyak yang memanfaatkan daun dadap serep sebagai obat tradisional untuk mengatasi beragam penyakit. Misalnya, obat penurun panas, mengatasi pendarahan usai melahirkan, dan lainnya.

Namun, apakah benar daun dadap serep terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan tersebut? Berikut penjelasan mengenai manfaat daun dadap serep berdasarkan penelitian.

1. Menurunkan Panas (Demam)

manfaat daun dadap serep - 1

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat daun dadap serep yang pertama adalah mampu menurunkan panas. Masyarakat Indonesia telah lama menggunakan daun dadap serep ini untuk mengatasi demam karena sifat antipiretik yang dikandungnya.

Klaim ini dibuktikan dalam Jurnal MEDFARM: Farmasi dan Kesehatan yang menunjukkan bahwa ekstrak daun dadap serep dapat menurunkan suhu demam ketika diformulasikan dalam bentuk hidrogel.

Uji fitokimia dari berbagai bagian pada tanaman dadap serep ini juga dilaporkan memiliki kandungan saponin, flavonoida, polifenol, tanin, dan alkaloida.

Di mana kandungan zat-zat tersebutlah yang membuat tanaman dadap serep memiliki fungsi sebagai antimikroba, antiinflamasi, antipiretik, serta antimalaria.

Baca Juga: Ketahui 13 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Lebih dari Sekadar Rempah!

2. Mengandung Senyawa Antikanker

manfaat daun dadap serep sebagai antikanker

Foto: powo.science.kew.org

Daun dadap serep diketahui memiliki senyawa antikanker lho, Moms. Sebuah studi yang dilakukan oleh dosen dari Universitas Airlangga menemukan bahwa dadap serep memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan antikanker.

Bagian tanaman dadap serep yang diteliti adalah kulit batang, bagian yang sering digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional.

Selain itu, pemilihan kulit batang juga dipilih karena merupakan bagian yang paling banyak menyimpan metabolit-metabolit sekunder dari bagian tanaman yang lain.

Hasil penelitian dengan spektrometer pun menunjukkan, setidaknya terdapat 5 senyawa yang ditemukan pada dadap serep, yakni phaseollin, shinpterocarpin, 4’-O-methyl licoflavanone, alpinumisoflavone, dan 8-prenyldaizein.

Kelima senyawa tersebut diuji aktivitasnya sebagai senyawa sitotoksik atau antikanker dengan sel kanker leukemia.

Dari uji tersebut diketahui bahwa senyawa phaseollin, shinpterocarpin, alpinumisoflavone, dan 8-prenyldaizein pada dadap serep memiliki kekuatan yang moderat sebagai antikanker.

Sementara senyawa  4’-O-methyl licoflavanone yang bersifat tidak aktif sebagai antikanker.

Artinya, dadap serep tidak bisa menyembuhkan penyakit kanker, tetapi bisa untuk pencegahan.

Senyawa phaseollin dan senyawa 8-prenyldaizein pada dadap serep cukup aktif sebagai antioksidan, bahkan lebih aktif dari vitamin C. Senyawa antioksidan ini berfungsi untuk menekan radikal bebas dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi keriput, mencegah penyakit saraf, kanker, dan penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Sering Dijadikan Sebagai Tanaman Hias, Inilah Manfaat Daun Sarap Bagi Kesehatan

3. Meluruhkan Dahak saat Batuk

manfaat daun dadap serep - 3

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tanaman dadap serep yang berikutnya adalah digunakan untuk bantu meluruhkan dahak saat batuk.

Bagian tanaman yang digunakan dari dadap serep untuk meluruhkan dahak adalah kulit kayunya yang memiliki kandungan senyawa kimia alkaloid, eritradina, eritrina, eritramina, hipaforina, dan erisovina.

Dadap serep ini bersifat khas pahit, tetapi cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak.

Pasalnya, dadap serep mengandung beberapa senyawa kimia seperti alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol yang memiliki aktivitas mukolitik sehingga mempermudah pengeluaran dahak.

Dalam Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Bandung, disebutkan bahwa flavonoid bekerja dengan cara memecahkan benang-benang mukoprotein dan mukopolisakarida yang berbentuk selaput gel dari mukus.

Sementara saponin bekerja dengan cara mengiritasi saraf vagal dengan tindakan refleks yang menyebabkan peningkatan sekresi lendir di saluran udara.

Sama seperti halnya dengan golongan senyawa kimia saponin, alkaloid bekerja dengan cara meningkatkan sekresi dahak dengan mekanisme refleksif.

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa kulit batang dadap serep memiliki potensi sebagai mukolitik, dikarenakan memiliki kemiripan golongan senyawa kimia flavonoid, alkaloid, dan saponin.

Baca Juga: Seluk Beluk Tanaman Miana, Mulai dari Jenis hingga Manfaatnya

4. Memiliki Sifat Antimikroba

manfaat daun dadap serep sebagai antimikroba

Foto: indiabiodiversity.org

Tanaman dadap serep juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans (C. albicans) dan Staphylococcus epidermidis (S. epidermidis).

C. Albicansis adalah salah satu spesies jamur dari genus Candida dan flora normal di saluran pencernaan, selaput lendir, saluran pernapasan, vagina, uretra, kulit dan di bawah kuku. C. Albicans dapat menjadi patogen penyebab infeksi seperti septikemia, endokarditis atau meningitis.

Sedangkan S. Epidermidisis merupakan salah satu spesies dari genus bakteri Staphylococcus, yang biasa ditemukan pada kasus klinis. Staphylococcus epidermidis umumnya dapat menimbulkan penyakit pembengkakan (abses) seperti jerawat, infeksi kulit, infeksi saluran kemih, dan infeksi ginjal

Sebuah penelitian dalam Journal of Chemical Natural Resources menunjukkan bahwa ekstrak daun dadap serep mengandung alkaloid, flavonoid, saphonin dan triterpenoid yang bersifat sebagai antimikroba.

Baca Juga: Dianggap Sebagai Tumbuhan Liar Biasa, Inilah Manfaat Daun Pecut Kuda

Itulah informasi terkait daun dadap serep dan potensi manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/23807/pdf
  • http://etheses.uin-malang.ac.id/17774/1/15620013.pdf
  • http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/412/403
  • http://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2017-2-2-48201-821413104-bab1-15032018094727.pdf
  • https://fst.unair.ac.id/senyawa-pencegah-kanker-pada-dadap-serep/
  • http://jurnalfarmasidankesehatan.ac.id/index.php/medfarm/article/view/11/8
  • https://talenta.usu.ac.id/JCNaR/article/view/834/497
  • https://www.researchgate.net/publication/271646525_Phenolic_compounds_from_the_stem_bark_of_Erythrina_orientalis_and_their_cytotoxic_and_antioxidant_activities
  • http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/farmasi/article/view/23807
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait