Kesehatan Umum

1 Oktober 2021

Daun Sente: Fakta, Manfaat, dan Efek Sampingnya

Daun sente banyak di daerah pegunungan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daun sente atau alocasia marorozos merupakan tanaman yang banyak terdapat di daerah pergunungan. Tanaman hias ini bisa tumbuh liar dimana saja, tetapi paling banyak di pinggir pantai.

Kebanyakan Moms mengira daun sente hanya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan juga hiasan di rumah. Padahal masih banyak manfaat lain dari tanaman ini lho. Yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Baca juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Fakta Daun Sente

Fakta daun sente

Foto: instagram.com/bunga.alif.82

Daun sente merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah subtropis dan tropis. Awalnya, tanaman ini ditemukan di India, tetapi belakangan sudah mulai tersebar hampir ke seluruh dunia. Di Indonesia, tanaman daun sente banyak ditemukan di tepian sungai atau daerah lembab seperti pegunungan.

1. Tanaman Liar

Daun sente merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di kawasan perkebunan karet. Daunnya memiliki bentuk yang beragam tergantung dari spesies tanaman tersebut.

2. Punya Nilai Jual Tinggi

Walaupun tidak populer, tetapi daun sente punya nilai jual yang cukup tinggi lho Moms. Beberapa masyarakat yang tinggal di pegunungan atau tepian sungai biasanya akan membudidayakan tanaman ini untuk diperjualbelikan.

Namun, tidak semua jenis daun sente dapat dikomersilkan menjadi uang lho Moms. Hanya jenis daun sente gunung yang bisa dikeringkan dan dijual hingga jutaan rupiah.

3. Punya Ciri Khas

Daun sente memiliki ciri khas masing-masing. Untuk yang berasal dari gunung memiliki bentuk daun besar, sementara yang ditanam di pekarangan daunnya lebih kecil. Jenis daun sente gunung banyak terdapat di perkebunan karet.

Ciri khas lainnya dari daun sente gunung adalah warna daunnya akan berubah menjadi kuning kecoklatan setelah proses penjemuran selama beberapa waktu.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Sembuhkan Luka

Manfaat Daun Sente

manfaat daun sente

Foto: instagram.com/anneu.mariane

Dalam 100 gram daun sente mentah mengandung 70 gram air, 100 kalori, 2,2 gram protein, 0,1 gram lemak lipid, 23 gram karbohidrat, dan 1,9 gram serat makanan.

Dalam jumlah tersebut juga mengandung mineral seperti 38 mg kalsium, 0,8 mg zat besi, 52 mg magnesium, 267 mg kalium, 30 mg natrium, dan 1,6 mg seng. Ini menyediakan vitamin seperti 0,02 mg Vitamin B1, 0,02 mg Vitamin B2, 17 mg Vitamin C dan 2 mg Vitamin E.

Jika dilihat dari kandungan nutrisnya, daun sente memiliki banyak sekali manfaat untuk tiubuh ya Moms. Mulai dari mencegah penyakit kudis hingga meningkatkan kesehatan otak, berikut manfaat daun sente untuk tubuh yang perlu Moms ketahui.

1. Mencegah Penyakit Kudis

Penyakit kudis adalah kondisi kesehatan yang disebabkan karena kekurangan vitamin C dalam tubuh. Gejala tersebut terjadi karena melemahnya tulang, pembuluh darah dan jaringan ikat yang melibatkan kolagen.

Kandungan vitamin C yang ada pada daun sente dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Sehingga, Moms dapat terhindar dari penyakit kudis.

2. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C adalah antioksidan yang mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, polutan dan bahan kimia beracun. Penumpukan radikal bebas menyebabkan penyakit kesehatan seperti penyakit jantung, radang sendi dan kanker. Radikal bebas terbentuk selama penguraian makanan atau terpapar tembakau, asap, dan radiasi.

3. Mengobati Jerawat

Zinc membantu menghilangkan jerawat dari kulit. Ini membantu mengatur kadar testosteron yang memainkan peran penting dalam pembentukan jerawat.

Kandungan ini dapat membantu menormalkan minyak kulit dan meningkatkan kesehatan kulit. Zinc meningkatkan jumlah sel darah putih dan menurunkan risiko infeksi. Zinc juga membantu mengurangi bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat.

Salah satu kandungan daun sente adalah Zinc yang bermanfaat untuk mengobati jerawat di wajah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba ramuan daun sente untuk pengobatan jerawat ya Moms.

Baca juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Menyeimbangkan Hormon

Zinc memiliki efek positif pada kesuburan dan kesehatan hormonal karena berperan penting dalam produksi hormon seperti peningkatan testosteron secara alami. Zinc mempengaruhi hormon seks wanita dan terlibat dalam pelepasan dan pembuatan sel telur dari ovarium.

Zinc sangat penting untuk produksi progesteron dan estrogen yang mendukung kesehatan reproduksi. Kehadiran berlebihan atau kekurangan estrogen akan membuat masalah dengan perubahan suasana hati, menstruasi, infertilitas dan menopause dini.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin E menurunkan kemungkinan degenerasi makula yang merupakan penyakit mata terkait usia yang menyebabkan kebutaan. Ini harus dikonsumsi dengan beta karoten, vitamin C dan seng.

Studi menunjukkan bahwa asupan tinggi Vitamin A dan Vitamin E meningkatkan penglihatan dan penyembuhan pada orang yang telah menjalani operasi mata laser.

Clinical Interventions in Aging menjelaskan bahwa makanan yang mengandung antioksidan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A dan E merupakan sumber antioksidan yang penting untuk tubuh.

6. Mengobati Insomnia

Magnesium dapat membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak. Mereka yang memiliki konsumsi nutrisi yang rendah dan penyerapan nutrisi yang rendah memiliki peluang tinggi untuk mengalami insomnia.

BMC Complementary Medicine and therapy menjelaskan magnesium dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan suplemen magnesium mengalami peningkatan waktu tidur, jumlah melatonin yang tinggi dan tingkat kortisol yang rendah yang berhubungan dengan stres. Magnesium membantu menurunkan gejala insomnia secara efektif, meningkatkan efisiensi tidur, onset tidur dan waktu tidur.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Magnesium mencegah detak jantung tidak teratur, kerusakan jantung dan stres otot. Ini menenangkan saraf dan memediasi proses pencernaan yang mencegah penyakit seperti gangguan pencernaan, muntah, kram, perut kembung, sakit perut dan sembelit. Kekurangan magnesium meningkatkan kemungkinan penyakit jantung yang fatal.

Baca juga: 11 Contoh Kuku yang Tidak Sehat, Bisa Jadi Tanda Anemia Hingga Penyakit Jantung

8. Mencegah Kram

Magnesium membantu mengobati sakit punggung dengan merelaksasi stres ginjal, otot punggung, dan ketegangan otot. Ini membantu dalam penyerapan kalsium yang mempercepat penyembuhan tulang. Kekurangan magnesium menyebabkan gejala seperti kelelahan umum dan kram kaki. Asupan magnesium yang cukup membantu menyembuhkan masalah kram kaki kronis.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Zat besi membantu suplai oksigen dalam darah. Sekitar 20% oksigen digunakan oleh otak sehingga zat besi berhubungan dengan fungsi dan kesehatan otak.

Aliran darah yang cukup di otak meningkatkan kognisi dan menciptakan jalur saraf yang membantu mencegah penyakit kognitif seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Pembentukan Hemoglobin

Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin dan juga memberikan warna merah gelap pada darah. Hemoglobin mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh.

Karena manusia kehilangan darah baik dalam luka luar maupun dalam, hemoglobin ekstra sangat penting. Wanita kehilangan darah saat menstruasi setiap bulan karena itu mereka memiliki peluang tinggi terkena anemia daripada pria.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Obesitas

Efek Samping Daun Sente

efek samping daun sente

Foto: instagram.com/anneu.mariane

Walaupun memiliki banyak manfaat dan juga nutrisi penting bagi tubuh, Moms tetap harus berhati-hati saat konsumsi daun sente ya. Karena ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat mengkonsumsinya.

1. Menyebabkan Gatal di Tenggorokan

Daun sente yang tidak diolah denganbenar dapat menyebabkan gatal di tenggorokan dan mulut. Oleh karena itu harus dimasak dengan baik sebelum dikonsumsi.

2. Mengandung Toxin

Umbi batang, kormel dan umbi yang membengkak beracun. Jika dikonsumsi mentah karena mengandung kristal Raphide Oxalic Acid yang dapat menyebabkan pembengkakan mulut dan tenggorokan yang berakibat fatal.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Bidara Arab dan Cara Menggunakannya

Demikian penjelasan mengenai fakta dan manfaat daun sente. Semoga artikelnya bermanfaat ya.

  • https://www.healthbenefitstimes.com/giant-taro/
  • https://www.anekabibitmurah.com/2018/01/tanaman-sente-hitam-banyak-khasiat.html
  • https://www.myspace-toys.com/2019/11/usaha-daun-sente-cukup-menjanjikan.html?m=0
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait