Pernikahan & Seks

29 Juli 2021

5 Ide Dekorasi Pernikahan Modern yang Mewah

Cek juga spot mana saja yang harus dihias ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat akan menggelar pesta pernikahan, dekorasi pernikahan modern akan menyita perhatian yang cukup banyak.

Pasangan muda yang akan melangsungkan pernikahan lebih suka untuk memilih dekorasi pernikahan modern dibandingkan yang tradisional.

Hal ini bisa dikarenakan banyak faktor. Mulai dari ingin menyesuaikan dengan pakaian pengantin yang digunakan hingga ingin sesuatu yang berbeda dan sedang menjadi tren.

Dekorasi pernikahan modern memang menampilkan desain yang trendy dan kekinian sehingga banyak digandrungi oleh pasangan muda.

Baca Juga: 11 Manfaat Propolis untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya, Catat!

Spot yang Perlu Dihias untuk Dekorasi Pernikahan Modern

Dekorasi Pernikahan Modern

Foto: brideandco.co.za

Ketika akan menentukan pilihan dekorasi pernikahan, ternyata ada spot-spot yang harus diperhatikan karena harus dihias secara apik.

Spot-spot pada pesta pernikahan ini yang nantinya akan dihias dengan dekorasi pernikahan modern sehingga perlu Moms perhatikan saat akan menyewa wedding organizer. Beberapa spot tersebut adalah:

  • Pintu Masuk

Spot pertama dari dekorasi pernikahan modern adalah pintu masuk. Pintu masuk ini akan ada hiasan dekorasi pernikahan berupa rangkaian bunga atau daun yang berbentuk gapura atau gerbang atau tiang di kanan kiri pintu.

Spot ini menjadi bagian yang menyita perhatian saat Moms pertama datang ke acara pesta pernikahan.

  • Tempat Penerimaan Tamu

Setelah pintu masuk, ada tempat penerimaan tamu yang juga harus didekorasi karena di tempat tersebutlah para tamu undangan akan menuliskan nama mereka di daftar tamu dan juga menerima souvenir pernikahan.

Tempat penerimaan tamu biasanya dijaga oleh penerima tamu yang sudah didandani dan diberi baju seragam yang warnanya senada dengan warna dekorasi pernikahan modern.

Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2021 yang Bisa Dijadikan Pilihan

  • Jalan Setapak Menuju Pelaminan

Setelah melewati pintu masuk dan tempat penerimaan tamu, spot selanjutnya dari dekorasi pernikahan modern adalah adanya jalan setapak menuju ke pelaminan atau yang dikenal dengan nama aisle.

Mengapa jalanan setapak menuju pelaminan harus dihias? Hal ini dikarenakan jalanan ini akan dilewati oleh pasangan pengantin saat akan menuju ke pelaminan sehingga pastinya spot ini akan mendapat sorotan sendiri.

Jalanan menuju ke pelaminan pengantin ini akan dihias dengan menggunakan karpet khusus, taburan bunga, atau potongan kayu yang sudah dibentuk menjadi jalanan setapak yang apik.

  • Pelaminan Pengantin
Dekorasi Pernikahan Modern

Foto: instagram/eliordesign

Spot dekorasi pernikahan modern selanjutnya adalah pelaminan pengantin. Pelaminan ini akan menyita hingga 70% perhatian dari dekorasi pernikahan modern.

Sudah pasti karena pelaminan pengantin akan mendapatkan sorotan utama dikarenakan pasangan pengantin yang duduk di pelaminan.

Pelaminan pengantin ini bahkan ada budget tersendiri yang harus Moms keluarkan jika ingin memesan desain dekorasi pernikahan yang khusus.

Selain itu, pelaminan pengantin akan menjadi fokus dalam setiap foto pasangan pengantin sehingga Moms harus memberikan perhatian esktra saat memilihnya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Outfit Kondangan Remaja Perempuan Sesuai Tema Pesta Pernikahan

  • Tempat Makan VIP

Ketika Moms datang ke acara pesta pernikahan, pasti ada tempat makan VIP di mana tempat tersebut disediakan khusus untuk tamu VIP. Tamu VIP ini bisa berupa keluarga dekat hinga atasan kerja.

Tempat makan VIP ini akan terdiri dari meja dan kursi serta penyekat khusus yang pastinya akan dihias dengan dekorasi pernikahan modern. Hiasan yang digunakan bisa berupa taplak meja, kain yang dililitkan pada kursi, vas bunga, dan lain sebagainya.

Tempat makan VIP rata-rata hanya menyediakan setidaknya 5-7 meja saja dengan kapasitas tamu undangan hingga 20-40 orang saja.

  • Dekorasi Catering

Tempat catering juga harus dihias dengan dekorasi pernikahan modern. Catering ini akan terbagi menjadi dua bagian, yakni untuk penempatan makanan utama dan gubukan atau makanan pendamping seperti siomay, dimsum, bakwan Malang, sate ayam, dan lain sebagainya.

Untuk dekorasi catering ini akan diselaraskan dengan desain dekorasi pada bagian penerimaan tamu dan tempat makan VIP. Tapi ada juga yang mendekorasi catering dengan dekorasi yang berbeda tapi masih satu tema dengan tema pernikahan.

  • Photobooth

Semenjak diadakannya spot photobooth dalam acara pernikahan, tempat ini menjadi salah satu tempat yang paling populer, apalagi untuk yang suka berfoto dan mengabadikan momen berkesan saat datang ke pesta pernikahan.

Oleh karena itu, photobooth harus dihias sedemikian mungkin dengan dekorasi pernikahan modern yang sesuai dengan tema pesta pernikahan.

Photobooth ini akan berada di dekat pintu masuk dan ukurannya rata-rata hanya sekitar 1,5x2 meter saja. Selain itu, akan ada fotografer khusus yang bertugas untuk memotret kita sehingga foto bisa dicetak saat itu juga.

Baca Juga: 8 Prosesi Pernikahan Adat Aceh yang Sakral

Ide Dekorasi Pernikahan Modern

Setelah Moms mengetahui spot-spot yang membutuhkan dekorasi pernikahan modern, ada ide dekorasi pernikahan modern yang bisa Moms jadikan inspirasi, yaitu:

1. Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Fairy Tale

Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Fairy Tail

Foto: idewedding.com

Dekorasi pernikahan modern yang pertama adalah tema fairy tale. Ide dekorasi pernikahan modern ini sangat banyak digunakan karena membuat pesta pernikahan akan terlihat mewah, elegan, dan romantis.

Ciri khas dari dekorasi pernikahan ini adalah tampilannya yang bak istana negeri dongeng. Biasanya akan ada dekorasi berupa bunga-bunga segar yang menghiasi seluruh ruangan.

Ditambah lagi, akan ada rangkaian bunga yang menggantung tepat di jalan menuju ke pelaminan. Dengan begitu, tampilannya akan terlihat seperti di taman bunga yang ada di negeri dongeng.

Warna yang dipilih bisa bervariasi. Moms bisa bebas menyesuaikannya dengan baju pernikahan.

2. Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Country Rustic

Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Country Rustic

Foto: instagram.com/thebridedept

Selanjutnya ada dekorasi pernikahan modern yang bertema country rustic. Perpaduan dua tema yakni country dan rustic ini sedang digandrungi karena selain terlihat unik dan romantis, tema ini juga terlihat instagramable.

Dekorasi pernikahan modern bertema country rustic memiliki ciri khas desain yang menggunakan furniture kayu, daun, bunga, dan lampu yang temaram.

Oleh karena itu dekorasi pernikahan modern ini biasanya hanya menggunakan 3-4 warna yang dominan, yakni warna cokelat, hijau, putih, dan kuning. Tapi selain itu juga ada warna putih, krem dan merah muda, tapi penggunaannya hanya sedikit saja.

Untuk dekorasi ini bisa diaplikasikan pada pernikahan outdoor maupun indoor. Tapi kebanyakan menggunakannya pada pernikahan di luar ruangan karena suasananya di malam hari akan terlihat lebih romantis.

Baca Juga: 10 Fakta Midodareni, Rangkaian Upacara Adat Jawa sebelum Pernikahan

3. Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Secret Garden

Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Secret Garden

Foto: instagram/eliordesign

Selanjutnya ada dekorasi pernikahan modern bertema secret garden. Mendengar nama secret garden akan mengingatkan kita pada film bernama sama yang dirilis tahun 2020 lalu.

Secret garden atau taman rahasia ini sangat tren dijadikan sebagai tema dekorasi pernikahan modern karena terlihat asri dan berbeda.

Ciri khas dari tema ini adalah lokasinya yang diberada di luar ruangan alias di taman. Tak lupa juga ada hiasan dekorasi bunga dan tanaman-tanaman hijau yang dominan.

Untuk warna yang digunakan biasanya didominasi warna hijau dan putih. Sementara warna lainnya bisa beragam tergantung dari warna bunga-bunga yang digunakan nantinya.

4. Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Gold

Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Gold

Foto: instagram.com/dekorasipelaminan_

Tema dekorasi pernikahan modern yang satu ini banyak diminati karena memiliki kesan mewah dan megah.

Warna gold atau emas memang bisa mengubah tampilan pesta pernikahan Moms jadi lebih glamour. Warna gold ini diaplikasikan pada backdrop pelaminan, meja, kursi, hingga beberapa furniture yang digunakan sebagai dekorasi pernikahan modern.

Untuk mengimbangi warna gold ini supaya tidak terlihat norak, Moms bisa memadukan warna emas dengan putih, hijau, hingga warna-warna pastel yang bisa didapat dari warna bunga-bunga segar yang digunakan.

Dengan begitu, tampilannya akan terkesan mewah tapi elegan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Drama Korea tentang Pernikahan, Recommended!

5. Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Futuristik

Dekorasi Pernikahan Modern Bertema Futuristic

Foto: blog.bellacor.com

Dekorasi pernikahan modern yang terakhir ini bisa dikatakan terbilang cukup unik dan eksentrik karena tampilannya yang berbeda dari keempat dekorasi di atas.

Dekorasi pernikahan modern bertema futuristik adalah memiliki ciri khas tampilan warna neon yang bisa Moms pilih. Bisa warna biru neon, merah muda neon, hijau neon, dan lain sebagainya.

Selain itu, ciri khas lainnya adalah pencahayaannya yang dibuat agak temaram. Berbeda dengan tema country rustic yang pencahayaannya berwarna kuning temaran, pencahayaan pada tema futuristik memiliki warna neon yang temaram.

Meski demikian, hiasan bunga dan daun juga bisa digunakan sebagai hiasan dekorasi pernikahan modern yang bisa membuat suasana lebih apik.

Bagaimana menurut Moms? ide dekorasi pernikahan modern di atas terlihat keren dan bagus bukan? Semoga bisa menginspirasi Moms ya!

  • https://www.brides.com/gallery/modern-wedding-ideas
  • https://www.insideweddings.com/news/planning-design/21-ways-to-include-white-gold-details-in-your-wedding/42095/
  • https://www.brides.com/gallery/diy-wedding-decorations
  • https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/7-konsep-dekorasi-pernikahan-modern-yang-murah-dan-minimalis/
  • https://idewedding.com/70-inspirasi-dekorasi-pelaminan-minimalis-modern-hingga-klasik/
  • https://www.bridestory.com/id/blog/17-inspirasi-desain-dan-dekorasi-pelaminan-bergaya-modern-untuk-pengantin-kekinian
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait