Pernikahan & Seks

30 Juli 2021

8 Ide Dekorasi Pernikahan Simpel tapi Elegan

Cek juga persiapan sebelum memilih tema dekorasi pernikahan simpel
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat akan merencanakan pesta pernikahan simpel, dekorasi pernikahan simpel menjadi salah satu hal yang paling menyita perhatian, baik itu perayaan pesta pernikahan di gedung hingga rumah.

Dekorasi pernikahan simpel akan menunjukkan kesan yang diberikan oleh pengantin kepada para tamu undangan.

Dekorasi yang diperlukan tak perlu mewah karena kita bisa menampilkan dekorasi pernikahan yang simpel tapi terlihat elegan dan unik sehingga memiliki kesan berbeda.

Sebelum menentukan dekorasi pernikahan simpel yang akan Mom spilih, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal seperti menentukan berapa budget yang akan dikeluarkan nantinya, mengecek tata ruang rumah supaya bisa pas dengan dekorasi pernikahan simpel yang akan dipilih, hingga menyesuaikan pakaian pengantin dengan tema dekorasi pernikahan simpel.

Jika persiapan-persiapan tersebut sudah Moms lakukan dengan baik, maka proses memilih dan menentukan dekorasi pernikahan simpel akan menjadi lebih mudah.

Baca Juga: 13+ Rekomendasi Vitamin C di Bawah 100 Ribu untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Ide Dekorasi Pernikahan Simpel

Untuk tema dekorasi pernikahan simpel yang bisa Moms pilih sebenarnya ada banyak sekali. Tapi ada delapan dekorasi pernikahan simpel yang paling populer, yaitu:

1. Dekorasi Pernikahan Simpel Bertema Rustic

Dekorasi Pernikahan Simpel Tema Rustic

Foto: pinterest.co.id/floral inspo

Dekorasi pernikahan simpel yang pertama ini bertema rustic. Tema ini sangat populer beberapa tahun belakangan sehingga banyak digunakan sebagai dekorasi pernikahan simpel.

Warna yang digunakan dalam dekorasi pernikahan bertema rustic adalah cokelat tua, cokelat muda, krem, dan juga broken white.

Dekorasi pernikahan simpel bertema rustic memiliki ciri khas penggunaan daun dan bunga kering sebagai hiasannya. Ditambah lagi adanya kursi atau furniture berbahan rotan atau kayu yang dominan.

Selain menggunakan bunga dan daun kering, Moms juga bisa menggunakan bunga segar seperti bunga garbera, limonium, krisan, dahlia, astilbe, hingga hidrangea. Meski bisa menggunakan bunga segar, tapi usahakan warnanya masuk dalam tema rustic.

Tambahan lainnya untuk dekorasi pernikahan simpel ini adalah adanya lampu-lampu gantung yang cahayanya kekuningan. Dekorasi pernikahan simpel bertema rustic bisa digunakan dalam dekorasi indoor maupun outdoor.

Baca Juga: 10 Fakta Midodareni, Rangkaian Upacara Adat Jawa sebelum Pernikahan

2. Dekorasi Pernikahan Simpel Ala Garden Party

Dekorasi Pernikahan Simpel Garden Party

Foto: idewedding.com

Dekorasi pernikahan simpel yang selanjutnya adalah bertema garden party. Tema ini memang sangat difavoritkan karena bisa membuat suasana pesta pernikahan jadi lebih asri tapi tetap terlihat elegan.

Ciri khas dari tema dekorasi ini adalah warna hijau yang cukup dominan. Warna hijau ini didapat dari tanaman dan daun-daun hijau yang digunakan sebagai dekorasinya sehingga terlihat sangat asri.

Sementara untuk perpaduan warna lainnya, Moms bisa memilih warna putih sehingga mencerminkan suasana pesta pernikahan yang suci. Warna putih bisa digunakan sebagai tirai background atau pilihan warna bunga.

Selain warna putih, Moms juga bisa memilih warna merah muda atau krem sehingga tampilannya masih terlihat kalem.

Jenis bunga yang digunakan bisa bervariasi. Moms tak harus menggunakan satu jenis bunga, tapi bisa menggabungkan 2-3 lebih jenis bunga dalam dekorasi pernikahan simpel. Asalkan, warna yang digunakan sama ya Moms!

Tema ini juga menggunakan material kayu atau bambu dalam dekorasinya agar kesan naturalnya bisa terlihat.

Baca Juga: Kenali Prosesi Pernikahan Adat Padang dan Syarat serta Tradisinya

3. Dekorasi Pernikahan Simpel Bertema Putih

Dekorasi Pernikahan Simpel Tema Putih

Foto: ideasypeasy.popularladies.ru

Dekorasi pernikahan simpel bertema putih juga bisa Moms pilih sebagai ide. Dekorasi pernikahan simpel bertema putih ini akan terlihat sangat elegan dan cantik.

Moms hanya memerlukan kain putih dan juga bunga-bunga berwarna putih sebagai dekorasinya. Selain itu, agar tampilannya tidak monoton, tambahkan daun-daun segar atau artificial yang berwarna kehijauan sehingga suasana lebih segar.

Jenis bunga untuk hiasan yang bisa digunakan bisa berupa bunga mawar putih karena bunga ini sangat mudah didapat. Selain itu juga ada bunga hydrangea, lili, tulip, melati, kembang sepatu, kacapiring, anyelir, amarilis, dahlia, gladiol, dan gerbera.

Untuk pelaminannya, gunakan kursi dengan warna senada. Jika tidak ada warna putih, warna krem juga bisa digunakan.

Dekorasi pernikahan simpel bertema putih sangat cocok digunakan untuk pasangan pengantin yang ingin pesta pernikahannya terlihat simpel tapi tetap elegan.

Baca Juga: 7+ Ide Dekorasi Akad Nikah, Dari Minimalis Hingga yang Mewah

4. Dekorasi Pernikahan Simpel Bertema Vintage

Dekorasi Pernikahan Simpel Ala Vintage

Foto: www.myfrugalwedding.com

Pilihan tema selanjutnya adalah dekorasi pernikahan simpel dengan gaya vintage. Tema yang unik ini akan membuat suansana pesta pernikahan menjadi lebih seru dan pastinya berbeda.

Tema vintage ini sebenarnya agak sedikit mirip dengan tema rustic karena kebanyakan dekorasinya juga menggunakan material kayu.

Tapi perbedaannya adalah jika material kayu pada tema rustic menggunakan warna natural alias cokelat, pada tema vintage ini kebanyakan berwarna putih atau pastel.

Selain material kayu, material besi atau alumunium juga banyak digunakan dalam dekorasi pernikahan simpel bertema vintage.

Ciri khas dari dekorasi ini adalah penggunaan furniture lawas yang memperlihatkan suasana tempo dulu. Tak lupa juga ada ornamen-ornamen jadul yang membuat tampilan dekorasi semakin vintage.

Baca Juga: Mengenal Prosesi Pernikahan Adat Jawa yang Panjang Namun Penuh Doa dan Makna

5. Dekorasi Pernikahan Simpel dengan Adat

Dekorasi Pernikahan Simpel Ala Tradisional

Foto: riaspernikahan.wordpress.com

Dekorasi pernikahan simpel yang satu ini juga sering digunakan karena bertema adat. Tema adat atau tradisional ini sebenarnya bisa beragam karena Indonesia punya banyak adat yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Dekorasi pernikahan simpel bertema adat ini bisa berupa adat Jawa, Padang, Batak, Sunda, Betawi, dan lain sebagainya. Jadi tema ini nantinya bisa menyesuaikan dengan pakaian adat yang akan digunakan oleh pasangan pengantin nanti.

Meski demikian, tema dekorasi pernikahan simpel dengan gaya adat ini secara garis besar memiliki ciri khas khusus yakni penggunaan warna yang beragam, terutama warna emas dan pilihan material kayu sebagai pelaminannya.

Untuk hiasan bunga yang digunakan juga bisa beragam warnanya karena tidak terpaku pada satu warna dan satu jenis bunga saja.

Baca Juga: Prosesi Pernikahan Adat Betawi, Yuk Kenali!

6. Dekorasi Pernikahan Simpel Bertema Rustic Garden

Dekorasi Pernikahan Simpel

Foto: tokopedia.net

Baca Juga: 8 Prosesi Pernikahan Adat Aceh yang Sakral

Tema dekorasi pernikahan simpel di rumah dengan menggabungkan dua konsep tema juga bisa Moms lakukan. Jika proses pernikahannya dilakukan di luar ruangan, maka dekorasi bertema rustic dan garden bisa dipilih.

Dekorasi pernikahan simpel dengan menggabungkan tema rustic garden akan membuat suasana pesta pernikahan akan menjadi lebih unik. Moms juga bisa menggunakan pakaian pengantin bertema putih, hijau, krem, hingga cokelat.

Biasanya dekorasi pernikahan simpel bertema rustic garden ini memiliki ciri khas penggunaan material bahan kayu dan bambu yang dominan dengan dibarengi daun-daun dan juga bunga-bunga segar.

Untuk bunga-bunga yang digunakan sebagainya menggunakan satu atau dua warna saja yang cerah seperti warna putih atau merah muda. Hal ini dimaksudkan supaya warna hijau dari daun lebih mendominasi.

Untuk jenis pohon daun-daunnya, Moms bisa memasang pohon hias atau tanaman hias yang diletakkan dalam pot atau vas yang bermaterialkan kayu atau bambu.

7. Dekorasi Pernikahan Bertema Merah Muda

Dekorasi Pernikahan Simpel Merah Muda

Foto: bellavitaevents.com

Tema dekorasi pernikahan simpel yang selanjutnya adalah tema merah muda. Tema ini sangat disukai para kaum hawa karena terlihat cantik dan elegan.

Ciri khas dari tema ini adalah bahan-bahan dekorasi yang digunakan akan didominasi warna merah muda. Tapi sebaiknya, gunakan warna gradasi merah muda. Seperti warna merah muda fusha dan merah muda neon. Lebih bagus lagi kalau Moms menambahkan warna lainnya seperti warna putih atau krem sehingga suasana bisa lebih berbeda. Moms bisa mengaplikasikan tema dekorasi pernikahan simpel ini di dalam ruangan rumah atau di luar ruangan.

Baca Juga: 60 Ucapan Ulang Tahun Pernikahan untuk Suami yang Manis

8. Dekorasi Pernikahan Bertema Biru

Dekorasi Pernikahan Simpel Biru

Foto: community.praisewedding.com

Tema pernikahan simpel yang terakhir adalah tema biru. Buat Moms yang suka warna biru pasti suka dengan tema ini. Penggunaan warna biru pada dekorasi pernikahan simpel bisa membuat suasana pernikahan jadi lebih adem dan elegan.

Moms bisa menggabungkan dua warna dalam tema pernikahan ini, yakni dipadukan dengan warna putih. Untuk jenis warna biru yang dipilih bisa warna biru muda dan biru tua. Dengan perpaduan tiga warna ini, maka tampilan dekorasi pernikahan bisa menjadi lebih cantik.

Untuk hiasan, Moms bisa menggunakan bunga-bunga dengan warna senada. Moms bisa menggunakan pakaian pengantin berwarna putih, sementara untuk pengantin laki-laki bisa menggunakan jas berwarna biru.

Itulah beberapa ide dekorasi pernikahan simpe di rumah dan juga tips-tips saat menyiapkannya. Semoga bisa menginspirasi Moms dalam mempersiapkan pesta pernikahan nantinya.

  • https://balivintageflorist.com/article/dekorasi-pernikahan-bali.htm
  • https://www.hitched.co.uk/wedding-planning/organising-and-planning/vintage-inspired-wedding-decor/
  • https://www.theknot.com/content/easy-ways-to-decorate-your-wedding-reception
  • https://www.brides.com/gallery/diy-wedding-decorations
  • https://www.tokopedia.com/blog/ide-dekorasi-akad-nikah-rlt/
  • https://artikel.rumah123.com/7-tips-merancang-dekorasi-pernikahan-di-rumah-dalam-bentuk-sederhana-74886
  • https://www.99.co/blog/indonesia/dekorasi-pernikahan-di-rumah/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait