Rupa-rupa

16 Agustus 2021

Intip 8 Ide Dekorasi Tedak Siten Sederhana Kreasi Sendiri

Moms bisa sesuaikan warna yang disukai
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Adat Jawa terkenal dengan tradisi dan budayanya yang unik, salah satunya upacara ritual tedak siten. Dekorasi tedak siten biasanya menghias kurungan ayam dan berisi aneka macam mainan.

Tedak siten sendiri merupakan upacara adat yang digelar sebagai bentuk rasa syukur karena sang buah hati akan mulai belajar berjalan. Umumnya, upacara adat ini dilakukan saat bayi berusia sekitar 7 atau 8 bulan.

Acara tedak siten tidak harus mewah dan di adakan di tempat yang besar. Moms, bisa membuat sendiri dan mengadakannya di rumah dengan sederhana tetapi terkesan menarik.

Jika Moms tertarik mengadakan upacara adat ini di rumah, ada beberapa dekorasi tedak siten yang bisa dijadikan inspirasi. Apa saja? Yuk kita simak di bawah ini.

Baca Juga: Bisa Jadi Referensi, Ini Dia Kumpulan Dekorasi Aqiqah Sederhana

Perlengkapan Tedak Siten

dekorasi tedak siten perlengkapan

Foto: Orami Photo Stock

Moms, sebelum melihat beberapa dekorasi tedak siten, juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan yang nantinya akan digunakan, yaitu:

  • Sesaji Selamatan: nasi tumpeng dengan sayur mayur, bubur merah dan putih, bubur boro-boro, jajanan pasar lengkap, umbi-umbian.
  • Jadah tujuh macam warna, yakni merah, putih, hitam, kuning, biru, jingga, dan ungu.
  • Bunga setaman yang diletakkan dalam bakor besar dan tanah.
  • Tangga terbuat dari batang tebu ungu.
  • Sangkar ayam berhiaskan janur kuning atau kertas beraneka warna.
  • Padi, kapas, sekar telon (tiga macam bunga, misalnya melati, mawar dan kenanga).
  • Beras kuning dan beberapa lembaran uang.
  • Barang berharga (gelang, bros, kalung, dan lainnya).
  • Barang bermanfaat (buku, alat tulis, dan sebagainya) yang dimasukkan dalam sangkar.

Baca Juga: 7 Aplikasi Game Penghasil Uang, Wajib Coba!

Dekorasi Tedak Siten

Nah, setelah mengetahui perlengkapan yang digunakan untuk dekorasi tedak siten, Moms harus menyesuaikan warna dan budget yang sesuai.

Dekorasi tedak siten memang sangat memukau dan memiliki banyak makna. Moms harus bisa mendekornya dengan sederhana, tetapi memiliki unsur budaya Jawa.

Berikut ini dekorasi tedak siten yang bisa Moms jadikan inspirasi, yaitu:

1. Dekorasi Tedak Siten Bernuansa Putih Cokelat

dekorasi tedak siten cokelat.jpg

Foto: instagram.com/marlynamelia

Upacara tradisi Jawa memang indentik dengan cokelat. Apabila Moms ingin acaranya memiliki unsur Jawa yang kental, dekorasi tedak sinten berwarna putih dan cokelat bisa menjadi pilihan.

Menggunakan backdrop berwarna putih polos dipadukan motif batik dan bunga membuat acara terkesan sederhana, tetapi elegan.

2. Dekorasi Tedak Siten Bernuansa Girly

Dekorasi Tedak Siten Berwarna Pink.jpg

Foto: instagram.com/novandito

Dekorasi ini cocok dirayakan untuk anak perempuan. Meski tedak siten dikenal sebagai tradisi sakral, Moms tetap bisa menggunakan balon sebagai pelengkap dekorasi.

Balon memang memberikan kesan meriah diberbagai acara. Nantinya, balon dihias di backdrop agar terlihat mewah dan cantik.

Umumnya, jenis balon yang paling banyak digunakan berjenis lateks karena tidak mudah meletus. Selain itu, jenis balon foil berupa tulisan juga bisa digunakan sebagai pelengkap.

Baca Juga: 9 Jenis Kecerdasan Majemuk dan Cara Mengasahnya

3. Dekorasi Tedak Siten Bernuansa Garden

Dekorasi tedak siten berwarna hijau.jpg

Foto: instagram.com/gazelleplanner

Moms, dalam merancang dekorasi tedak siten, warna menjadi satu hal yang harus ditentukan paling awal. Warna hijau membuat suasananya terlihat lebih nyaman dan sejuk.

Moms bisa memilih bakcdrop penuh dengan rumput sintetis yang nantinya akan memberikan kesan alami. Jangan lupa, tambahkan bunga berwarna putih agar tidak terkesan monoton.

4. Dekorasi Tedak Siten Bernuansa Pastel

dekorasi tedak siten pastel.jpg

Foto: instagram.com/gazelleplanner

Moms, dekorasi tedak siten tidak harus memiliki unsur tradisi Jawa yang kental, asalkan pelaksanaannya sesuai dengan tradisi yang ada.

Moms bisa memilih dekorasi yang memiliki tema, seperti kebun binatang. Perpaduan warna pastel ditambah gambar binatang memberikan kesan cantik dan menarik.

Moms juga bisa menggunakan backdroup kayu dan dihiasi aksesoris kayu kering dan balon memberikan nuansa cute dan simple.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Membayar Zakat Fitrah Menurut Ajaran Islam, Catat!

5. Dekorasi Tedak Siten Serba Putih Biru

Dekorasi Tedak Siten Berwarna Biru.jpg

Foto: instagram.com/tedaksiten

Dekorasi berwarna putih dan biru cocok digunakan untuk anak laki-laki. Hiasan berwarna biru, seperti taplak maupun bunga memberikan kesan elegan dan simpel.

Moms juga bisa menambahkan backdrop kain berwarna putih. Memberikan daun-daun juga bisa digunakan agar tidak terkesan monoton atau terlalu polos.

6. Dekorasi Tedak Siten Bernuansa Merah

Dekorasi Tedak Siten Berwarna merah.jpg

Foto: instagram.com/tedaksiten_dinsdecorations

Moms bisa memilih dekorasi tedak siten ini untuk acara Si Kecil. Warna merah memang memberikan kesan berani dan mewah.

Hiasan balon merah, putih, dan hitam merupakan perpaduan yang cocok. Agar dekorasi tetap memberikan unsur Jawa yang kental, Moms bisa menambahkan pajangan kaligrafi aksara Jawa.

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Sujud Syukur Sesuai Ajaran Rasullah SAW, Yuk Dihafal!

7. Dekorasi Tedak Siten Bernuansa Urban Grey

dekorasi tedak siten berwarna abu-abu.jpg

Foto: instagram.com/marthaputri99

Moms ingin dekorasi yang terkesan minimalis? Pilihlah dekorasi berwarna abu-abu. Warna abu-abu memang memberikan kesan yang sederhana.

Agar tidak terlalu polos, Moms bisa menambahkan balon yang menghiasi backdrop. Hiasan awan menciptakan suasana seolah-olah di atas awan. Dekorasi ini juga sangat netral, bisa untuk anak laki-laki maupun perempuan.

8. Dekorasi Tedak Siten Bernuansa Vintage

Dekorasi Tedak Siten Vintage.jpg

Foto: instagram.com/mystory.decoration

Dekorasi selanjutnya Moms bisa memanfaatkan kursi yang ada di rumah. Setelah itu, tinggal dipercantik dengan bunga, daun yang merambat atau boneka beruang besar.

Tema vintage untuk tedak siten sang buang hati juga bisa dipilih dengan mengedepankan unsur kayu sebagai teman utama, tak lupa sisipkan warna netral dan soft agar memberi kesan yang sederhana.

Baca Juga: 9 Jenis Imunisasi yang Disarankan untuk Bayi 0-9 Bulan dan Jadwal Pemberiannya

Itu dia Moms dekorasi tedak siten sederhana yang bisa dibuat sendiri. Moms jadi bisa menentukan dekorasi yang diinginkan, bukan?

Biaya yang dikeluarkan pun lebih murah, kalau hasilnya bagus Moms sendiri akan merasa puas dan bangga. Semoga inspirasi ini membantu ya!

  • http://www.javaans.be/c-tedak-siten-eng.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait