Home & Living

27 Agustus 2021

Intip 5 Ide Desain Kantor Minimalis, Bisa Bikin Produktivitas Meningkat!

Pemilihan dekorasi bisa memengaruhi semangat kerja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Desain kantor minimalis dan menarik tentu akan meningkatkan semangat kerja. Tak heran jika berbagai kantor mulai mendesain senyaman mungkin untuk para karyawannya.

Bagi Moms yang bekerja kantoran, kantor bisa dibilang sebagai rumah ke dua. Pasalnya, Moms menghabiskan waktu setidaknya 40 jam selama seminggu di kantor.

Nah, sama halnya dengan rumah, kantor pun harus didesain senyaman mungkin agar para karyawan semangat dan bisa lebih produktif. Jika Moms membangun kantor, desain kantor minimalis bisa diterapkan.

Lantas, bagaimana bentuk desain kantor minimalis? Yuk kita simak deretannya di bawah ini.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Meningkat, PPKM Darurat akan Diberlakukan Mulai 3 Juli, Ini Aturannya!

Ide Desain Kantor Minimalis

Dekorasi kantor minimalis sekarang sedang menjadi tren dan banyak digemari. Khususnya di kalangan generasi milenial, yang dikenal kreatif dan ceria.

Kantor minimalis tidak membutuhkan ruangan yang terlalu luas. Desain ini lebih banyak menggunakan interior minimalis yang mengutamakan kesederhanaan.

Berikut ini inspirasi dekorasi kantor minimalis yang bisa dijadikan referensi:

1. Desain Kantor Minimalis Serba Putih

desain kantor minimalis putih.jpg

Foto: pinterest.com

Warna putih menjadi warna yang paling banyak digunakan pada ruangan minimalis, lho. Hal ini karena ruangan berwarna putih dapat menciptakan dimensi ruangan yang lebih luas.

Namun, agar ruangan tidak terkesan monoton dan sepi, Moms bisa memberi splash of color dengan warna dan ornamen lain.

Cat dinding warna putih bisa dipadukan dengan karpet motif, furnitur berwarna, dan tirai jendela abu-abu. Tak lupa, penempatan tanaman hias di segala sisi juga menambah kesegaran alami pada ruangan.

2. Desain Kantor Minimalis Material Kayu

desain kantor minimalis kayu.jpg

Foto: pinterest.com

Material kayu adalah salah satu bahan dasar kantor yang kerap digunakan saat ini. Keuntungan menggunakan material kayu adalah menciptakan nuansa alami dan menangkan.

Kayu juga merupakan material ramah lingkungan dan memiliki daya tahan yang kuat.

Walau ruangan kantor tidak sepenuhnya menggunakan kayu, Moms bisa memanfaatkan meja dan kursi kayu dikombinasikan dengan material besi agar lebih kuat.

Baca Juga: Yuk, Kenali Sifat Wanita Berdasarkan Bulan Lahir dan Hari Lahir

3. Desain Kantor Minimalis Industrial

desain kantor minimalis industrial.png

Foto: pinterest.com

Moms, sering berjalannya waktu, desain kantor minimalis industrial menarik perhatian. Walaupun terkesan tua dan sederhana, desainnya mampu menggabungkan gaya vintage dan modern.

Dekorasi kantor industrial juga agaknya tak lepas dari material kayu. Untuk kesan industrial yang makin terasa, padukan kayu dengan furniture industrial berbahan metal.

Tembok yang terkesan belum diwarnai ini menampilkan pesona tersendiri dan justru membuat ruangan terasa stylish juga keren.

Saat merancang desain kantor industrial pastikan ruangan mendapat pencahayaan alami yang cukup agar tidak terkesan gelap dan pengap.

4. Desain Kantor Minimalis Playful

desain kantor minimalis playful.jpg

Foto: rapinteriors.co.uk

Desain kantor minimalis yang ceria bisa memberikan kenyamanan dan semangat sehingga para karyawan betah di meja.

Desain ini juga membuat suasana kantor lebih terasa bebas dan tidak kaku sehingga diharapkan dapat membuat produktivitas kerja karyawan meningkat.

Moms bisa menambahkan hiasan dinding ke dalam ruang kantor sehingga tidak monoton dan memiliki kesan artistik. Ruang kantor yang playful juga bisa diciptakan dengan karpet rumput hijau dan sofa-sofa empuk.

5. Desain Kantor Minimalis serba Hijau

Desain Kantor Minimalis serba Hijau.jpg

Foto: pinterest.com

Nuansa hijau dapat memberikan ketenangan dan suasana yang sejuk di ruangan. Tidak hanya itu, hijau menjadi warna yang paling nyaman untuk dipandang oleh mata.

Agar tidak terlalu ramai, Moms bisa kombinasikan warna hijau dengan putih. Perpaduan ini membuat ruangan sangat asri dan cocok untuk mencari ide.

Baca Juga: Moms sedang Program Hamil? Yuk Cek Masa Subur Pria Berapa Hari!

Tips Desain Kantor Minimalis

Desain kantor minimalis kini dimanati banyak perusahaan, terutama startup. Selain terbukti lebih hemat, konsep desain kantor minimalis juga tampak lebih rapi dan modern.

Umumnya, dekorasi kantor minimalis identik dengan bentuk geometris yang tidak banyak dekorasi. Kantor minimalis juga memanfaatkan bangunan yang cenderung fungsional.

Jika Moms berencana membangun kantor minimalis, pastikan telah memiliki perencanaan yang tepat agar kantor nyaman dan elegan. Berikut ini tipsnya:

1. Pemilihan Cat

pemilihan cat desain kantor.jpg

Foto: focusedcollection.com

Desain kantor minimalis umumnya menggunakan warna netral, seperti putih. Warna ini dipercaya memberi ketenangan sehingga karyawan lebih fokus.

Cat nertral juga mudah dipadukan dengan berbagai dekorasi kantor. Selain putih, Moms bisa memilih warna cokelat tua, ivory, abu-abu, dan sebagainya.

2. Penyusunan Dekorasi

Salah satu prinsip desain kantor minimalis adalah barang-barang yang digunakan fungsional dan tertata rapi. Artinya, pisahkan atau buang barang yang tak berguna.

Sebelum Moms membeli dekorasi, pilihlah barang yang multifungsi sehingga tidak memenuhi ruangan kantor.

Baca Juga: 11 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Rumah yang Menawan, Cocok untuk Ganti Suasana Rumah!

3. Penggunaan Sekat antar Ruang

dekorasi kantor.jpeg

Foto: ruemag.com

Saat mendesain kantor minimalis, jangan membuat pembatas ruangan secara berlebihan. Hal ini karena membuat ruangan menjadi lebih sempit.

Moms bisa menggunakan perabotan sebagai pembatas di antara dua ruangan, seperti lemari atau meja.

4. Pastikan Penerangan dan Sirkulasi Maksimal

Penerangan dan sirkulasi yang kurang membuat ruangan kantor terlihat kusam dan pengap. Karenanya, pastikan penerangan dan sikurlasi udara cukup.

Moms bisa memilih gedung yang menghadap ke arah terbitnya matahari sehingga mengurangi kelembapan ruangan dan memanfaatkannya sebagai pencahayaan alami.

Baca Juga: 8 Ide Dekorasi Mobil Pengantin yang Unik hingga Elegan, Bisa Dijadikan Inspirasi!

Nah, itu dia Moms ide dan tips desain kantor minimalis. Semoga membantu ya!

  • https://ianiko.com/best-tips-for-creating-a-minimalist-home-office/
  • https://renoguide.com.au/home-office/modern-minimalist-home-office-ideas-and-designs
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait