Jalan-jalan

19 Agustus 2021

15+ Destinasi Wisata Garut yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga, Seru Banget!

Garut menawarkan banyak tujuan wisata alam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Biasanya, Garut dikenal karena makanan khasnya yakni dodol. Selain itu, banyak wahana wisata garut yang komplit dan bisa dinikmati sebelum membeli oleh-oleh. Mulai dari pegunungan, wisata air panas, hingga pantai yang indah.

Garut merupakan kabupaten yang terletak tidak jauh dari kota Bandung. Kota ini sudah cukup dikenal sejak zaman kolonial sebagai salah satu tujuan beristirahat. Salah satunya karena Garut dikelilingi banyak gunung, sehingga udaranya sejuk dan segar.

The Journal Tourism and Hospitality Essentials mencatat, Kabupaten Garut memiliki banyak potensi unggul untuk ditawarkan kepada wisatawan khususnya dalam bidang pariwisata. Salah satu potensi nya adalah wisata air panas.

Baca Juga: Destinasi Wisata Musim Dingin Di Asia yang Wajib Dikunjungi

Wisata Garut: Gunung dan Bukit

Wisata Garut -1.jpg

Foto: Travelspromo.com

1. Kawah Papandayan

Dulu, gunung Papandayan hanya bisa didaki oleh para pecinta alam. Namun kini, gunung beserta kawahnya tersebut sudah berubah menjadi wisata komersil yang bisa dikunjungi oleh siapa pun. Kawah Papandayan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memukau.

Terdapat juga sebuah danau bisa digunakan untuk berenang. Bukan hanya itu, Moms juga bisa menjajal aktivitas lain seperti hiking, berkemah hingga mengendarai motor trail. Berlokasi di Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, ini akan menjadi aktivitas weekend yang istimewa.

2. Karacak Valley

Bagi Moms dan keluarga yang suka berkemah atau camping, Karacak Valley dapat menjadi lokasi pilihan yang menarik. Berkonsep perbukitan dan memiliki cuaca yang sejuk, lokasi ini akan cocok untuk bermalam di tenda.

Saat malam, terdapat pemandangan kota yang luar biasa yang bisa dinikmati sambil makan malam di dekat tenda. Moms juga dapat melihat indahnya matahari terbit atau terbenam di lahan yang berlokasi di Jl Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Garut ini.

3. Leuweung Oko D’Great

Jika Moms ingin memanjakan mata dan menghirup udara segar, lokasi ini bisa menjadi pilihan, terletak di Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, lokasi ini terletak di daerah pegunungan dan pemandangan alami yang sangat indah.

Hal itulah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Harga tiket masuknya pun murah hanya Rp5.000 per orang. Tempat ini juga memiliki spot yang bagus untuk di jadikan sebagai background saat berfoto. Tempat ini buka pada pukul 08.00 hingga 17.00.

4. Kebun Jeruk Cigedug

Bukan hanya menyuguhkan pemandangan indah, kebun yang satu ini juga akan disukai anak karena aktivitasnya yang menarik. Di sini, Si Kecil dapat langsung memetik jeruk dari pohonnya langsung. Ditambah lagi, Moms bisa mencicipi segarnya buah jeruk langsung dari tempatnya.

Memiliki konsep agrowisata, kebun yang terletak di Jl. Raya Cikajang KM. 24, Mekarsari, Cikajang ini Moms bisa mengenalkan kepada Si Kecil segala hal terkait buah jeruk, misalnya cara menanam jeruk yang benar, cara merawatnya, cara memetik dan sebaginya.

5. Bukit Lolongokan

Pemandangan yang ada di sini sangat luar biasa dan juga ikonik. Jajaran bukit yang indah ini bertambah cantik dengan panorama berupa jalan yang meliuk liuk. Sehingga lewat sudut yang tepat, akan menghasilkan foto yang cantik.

Selain itu, hijaunya deretan pepohonan dan juga kebun kebun menjadi salah satu panorama alam yang yang indah dan juga segar. Sehingga, bukit yang berada di Sukamulya, Kecamatan Talegong ini banyak menarik minat wisatawan.

6. Kawah Kamojang

Berlokasi di Kecamatan Samarang, ini adalah salah satu destinasi wajib dari deretan wisata Garut lainnya yang memukau. Selain menawarkan panorama alam yang indah, kulit juga lebih sehat karena terpapar uap dari oleh kawah. Selain untuk kulit, uapnya juga sangat baik untuk peredaran darah dan pernafasan.

Tidak jauh dari sini juga terdapat pusat konservasi elang. Di sana Moms akan mendapatkan edukasi dan informasi lengkap mengenai elang. Tempat ini buka pada jam 09.00 pagi sampai dengan jam 16.00 sore. Lebih mengasyikan jika berkunjung bersama keluarga.

7. Papandayan Leisure Park

Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam tersendiri. Moms bisa mengajak anggota keluarga untuk bermain outbond ataupun sekedar berfoto dengan latar belakang pemandangan alam dan pegunungan yang sangat indah.

Selain itu, area ini juga sangat pas bagi Moms yang ingin pergi piknik. Sebab, lokasi ini memiliki hamparan rumput yang hijau yang tentunya menjadi tempat yang cocok untuk menjadi tempat menghabiskan waktu bersama keluarga.

8. Batu Patapaan

Berlokasi di Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, wisata Garut ini merupakan deretan tebing yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Tebing-tebing ini menjadi daya tarik bagi Moms yang menyukai fotografi alam.

Bagi Dads yang ingin meningkatkan adrenalin, bisa juga mencoba wall climber dengan 8 jalur pemanjatan yang berbeda. Jalur-jalur tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan kemampuan Dads.

Baca Juga: Jadi Tujuan Favorit Keluarga, 7 Destinasi Wisata Ramah Anak di Jepang

Wisata Garut: Wisata Air

Wisata Garut -2.jpg

Foto: Digarut.com

1. Talaga Bodas

Ingin merasakan pemandangan alam yang indah saat berendam di air? Lokasi ini bisa menjadi pilihan. Menghadirkan sensasi mandi dan bermain air di tengah kawah gunung berapi yang masih aktif yakni kawah Gunung Talaga Bodas, namun tenang saja, masih aman untuk dikunjungi kok.

Selain bermain air, di sini jug mengadirkan tanah-tanah yang berbukit, pohon-pohon yang menjulang serta air jernih yang ada di telaga yang cocok untuk hiking kecil atau sekedar berfoto. Moms bisa langsung meluncur ke Caringin, Kecamatan Karangtengah.

2. Sabda Alam Waterpark

Ini bisa menjadi pilihan wisata Garut untuk Moms yang ingin mengajak si kecil bermain air. Memiliki lokasi yang cukup strategis dan harga tiketnya yang cukup terjangkau, banyak yang akhirnya untuk menghabiskan akhir pekannya di sini.

Ada banyak wahana yang tersedia di sana, seperti kolam ombak, mandi busa, perosotan yang banyak, hinga ember tumpah. Moms bisa langsung membawa Si Kecil dan keluarga ke Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler.

3. Leuwi Jurig

Wisata Garut ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Meski Namanya menyeramkan karena kata’Jurig’ dalam Bahasa Sunda artinya ‘hantu’, namun destinasi ini tidak sesuai Namanya bahkan akan membuat Moms berdecak kagum.

Berlokasi yang tempat yang sedikit tersembunyi yakni di Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Moms akan disuguhi pemandangan indah berupa tebing bebatuan dengan jernihnya air serta udara yang sejuk. Tentunya, momen ini akan tambah asik saat berfoto bersama.

4. Situ Bagendit

Terletak di Kecamatan Banyuresmi, Garut, tempat ini cocok dikunjungi saat di hari libur bersama keluarga. Ini juga cukup dekat dengan terminal Garut, karena hanya berjarak 4-5 Kilometer. Situ atau danau ini berhawa sejuk dan tetap aman.

Ada beberapa fasilitas yang bisa dicoba. Misalnya rakit dan juga perahu bebek untuk berkeliling di sekitar danau ini. Di tepi danaunya juga ada berbagai permainan seperti kereta mini, dan juga ada cosplay boneka karakter kartun yang bisa diajak berfoto.

5. Leuwi Paranje

Wisata Garut selanjutnya adalah Leuwi Paranje. Moms bisa mengajak Dads bermain river tubing yang akan menguji adrenalin. Selain itu, saat menikmati wisata di area ini, Moms juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat memukau.

Memiliki suasana alam yang masih sangat alami dan khas pedesaan, aka nada spot foto yang menarik sebagai background foto. Ditambah lagi dengan hamparan sawah dan juga perbukitan menjadi daya tarik tersendiri yang akan memanjakan mata.

6. Darajat Pass Water Park

Ini menjadi salah satu wisata air dengan wahana permainan air yang cukup lengkap dan beragam. Harga tiket masuk yang cukup terjangkau juga menjadi salah satu keuntungan tersendiri yang bisa didapatkan saat berlibur di sini.

Selain memiliki wahana air yang lengkap, Moms juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan. Bentang alam yang hijau, deretan sawah dan juga kebun sayuran akan memanjakan mata hingga tiba di lokasi.

7. Curug Cibadak

Memiliki ketinggian hingga 100 meter, nama Cibadak diambil dari kata ‘Cai Badag’ yang berarti ‘Air yang Besar’. Sebelum mencapai ke lokasi ini, Moms harus menjelajahi hutan, perkebunan dan juga trekking selama beberapa menit.

Namun, rasa lelah akan terbayar saat melihat pemandangan yang alami dan juga segar. Air di Curug ini juga sangat jernih dan dingin. Moms bisa merasakan kesegaran dari air di curug yang berada di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip ini setiap saat.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Mengenal Hewan dan Tumbuhan Dengan Mengunjungi 5 Tempat Wisata Ini

Wisata Garut: Pantai

Wisata Garut -3.jpg

Foto: Pantainesia.com

1. Pantai Taman Manalusu

Pantai ini terletak di Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut. Banyak spot-spot menarik yang bisa menjadi tempat untuk mengambil foto. Bukan cuma berenang, Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk diving, snorkeling dan olahraga pantai lainnya

Tenang, kerena gelombang di pantai ini tidak begitu besar jadi masi aman untuk beraktivitas. Hijaunya lumbung dan hamparan pasir pantai berwarna hitam membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini.

2. Puncak Guha

Bukan hanya pemandangan pantai dan laut Samudera Hindia yang terlihat, Puncak Guha juga melihat gua yang menampung banyak sekali kelelawar dan menjadi sarang alaminya. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata Garut yang berlokasi di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang .

Di tempat ini, Moms bisa bersantai atau nongkrong bersama teman atau keluarga. Atau, Moms juga bisa menyaksikan indahnya sunset saat sore hari sambil makan bersama. Gunung Guntur

3. Pantai Cijeruk

Pantai ini memiliki paronama alam yang sangat indah. Berlokasi di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, pemandangan menakjubkan tersebut akan diperoleh dengan membayar tiket masuk yang hanya sebesar Rp 6.000 per orang.

Moms bisa menikmati udara yang segar sambil melihat pemandangan pantai yang menenangkan. Pantai ini juga memiliki pasir yang unik, karena memiliki pasir yang berwarna jingga seakan seperti sedang di padang pasir.

4. Pantai Rancabuaya

Moms bisa memilih pantai ini saat mencari lokasi untuk melihat indahnya matahari terbenam sambil menikmati suasana pantai yang indah, segar dan menenangkan. Lokasi pantai ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Purbayani.

Pantai ini memiliki bebatuan karang yang bagus dan indah, spot yang satu ini bisa dijadikan sebagai objek foto ikonik. Moms juga bisa menyaksikan sunset dan juga hembusan angin pantai yang sejuk bersama keluarga.

Itulah deretan wisata Garut yang menarik dan menyenangkan yang bisa Moms pilih untuk liburan nanti. Kira-kira, mana yang akan jadi favorit Moms?

  • https://www.javatravel.net/wisata-garut
  • https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-garut/
  • https://www.researchgate.net/publication/333240747_PENGARUH_KEUNGGULAN_BERSAING_DI_KAWASAN_WISATA_AIR_PANAS_TAMAN_AIR_SABDA_ALAM_HOTEL_DAN_RESORT_CIPANAS_KABUPATEN_GARUT_DALAM_MENINGKATKAN_KEPUTUSAN_BERKUNJUNG_Survei_Terhadap_Pengunjung_di_Kawasan_Wis
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait