Program Hamil

6 Agustus 2021

6 Bahan Herbal untuk Detox Rahim untuk Mempercepat Program Hamil

Dinilai bagus untuk kesuburan dan menjaga kesehatan rahim
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Moms, pernahkan mendengar istilah detox rahim?

Walau mungkin terdengar asing bagi sebagian Moms, namun metode untuk "membersihkan" rahim ini ternyata sudah digunakan dalam berbagai rangkaian perawatan tradisional di Mesir, Jepang, Bahkan Native Americans.

Sebagaimana istilah detox pada umumnya yang berarti cara membersihkan tubuh dari racun, maka tidak berbeda halnya dengan pengertian detox rahim itu sendiri.

Mengutip Culture, Health, and Sexuality Journal, detox rahim dinilai bagus untuk kesuburan dan menjaga kesehatan rahim secara keseluruhan. Tidak hanya itu, detox rahim juga dipercaya bisa bantu mempercepat program hamil lho, Moms.

Bagi Moms yang melakukan detox rahim harus menjalankan cara tertentu dan dalam jangka waktu yang tertentu pula. Semua ini dilakukan dengan prosedur yang tepat agar hasilnya bisa maksimal.

Ini dia Moms, informasi seputar detox rahim yang perlu Moms ketahui. Yuk, disimak!

Baca Juga: Posisi Rahim Terbalik, Bisakah Hamil?

Manfaat Detox Rahim

pregnant eating.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pasti Moms sudah penasaran dengan manfaat dari detox rahim, bukan?

Istilah detox rahim menjadi salah satu alternatif yang banyak digunakan untuk mempercepat program hamil. Ini merupakan bagian dari Jurus Sehat Rasulullah atau JSR yang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia setelah dibagikan oleh dr. Zaidul Akbar.

Melansir Premama Wellness, detox rahim ini bisa mengatasi berbagai masalah hormonal seperti miom, kista, PCOS, melancarkan haid, membantu program hamil dan pastinya membersihkan rahim.

Namun hal yang perlu digarisbawahi, manfaat detox rahim demikian lebih cocok diklaim untuk jenis ramuan karena terbilang lebih aman. Kandungan berkhasiat dari bahan-bahan alami di dalam ramuan lah nantinya yang akan mendetox rahim secara lebih baik.

Baca Juga: 6 Fakta Tendangan Bayi Dalam Rahim

Bahan-Bahan Alami untuk Detox Rahim

Ada bahan-bahan herbal yang kandungannya baik untuk rahim dan bisa Moms gunakan untuk membuat minuman herbal. Berikut ini diantaranya:

1. Cengkeh

Minyak Cengkeh

Foto: Orami Photo Stock

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah serbaguna yang memiliki sensasi manis dan aroma harum yang sangat khas. Kandungan cengkeh seperti, kalsium, magnesium, dan vitamin C, E, dan K, sangat baik sebagai salah satu bahan untuk detox rahim.

2. Lemon

air lemon

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Natural Fertility, lemon menyediakan vitamin C dan antioksidan dalam jumlah yang baik, serta terbukti memainkan peran kunci dalam kesehatan reproduksi. Maka lemon juga bisa nih, Moms, masuk ke dalam rangkaian detox rahim yang sedang Moms jalani.

3. Madu

xx manfaat madu klanceng

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan dari nutrisi dalam madu sangat lengkap nyaris sempurna, seperti kalium, seng, magnesium, natrium, dan 24 jenis nutrisi lainnya.

Oleh karenanya, madu berfungsi sebagai bahan untuk detox rahim karena dapat mengatasi masalah PMS.

Selain itu, madu dipercaya dapat merangsang sel ovarium dan juga meningkatkan kesuburan sel telur agar mudah dibuahi ketika sperma masuk ke dalam rahim, sehingga cocok untuk kamu yang tengah program hamil.

Baca Juga: 3 Racikan Tradisional yang Aman dan Berbahaya Diminum Ibu Hamil

4. Kayu Manis

XX Manfaat Air Rebusan Kayu Manis

Foto: Orami Photo Stock

Bahan kedua yang bisa Moms masukkan ke rangkaian detox rahim adalah kayu manis. Kandungannya termasuk cinnzelanol, benzoate, benzyl, dan felandren.

Ini karena melansir Iranian Red Crescent Medical Journal, kayu manis meningkatkan kesuburan pada wanita karena menangani fibroid rahim, PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik), meningkatkan penurunan berat badan dan bahkan membantu mengatur aliran menstruasi yang normal.

5. Ketumbar

Selain Yoghurt, Ini 7 Cara Menghilangkan Keputihan dengan Bahan Alami ketumbar.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain menjadi pilihan untuk menambah cita rasa dari masakan, ternyata ketumbar juga dipercaya sebagai bahan ramuan detox rahim.

Ini karena kandungan stimulan alami dalam ketumbar yang merangsang kelenjar endokrin berfungsi untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Dengan mengonsumsi 6 biji ketumbar yang direbus dalam setengah liter air dan ditambah dengan satu sendok teh gula ini juga dapat mengatasi gangguan menstruasi yang tidak teratur.

6. Kapulaga

manfaat kesehatan kapulaga-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kapulaga adalah bahan alami untuk detox rahim, serta memiliki manfaat meringkan gejala haliotosis dengan kandungan limonene, borneol, eucalyptol, terpynine dan camphor di dalamnya.

Baca Juga: Cara Merawat Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

Resep Minuman Herbal untuk Detox Rahim

jamu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Metode detox rahim ini banyak dilakukan oleh para Moms karena mudah sederhana, karena hanya perlu mengonsumsi minuman atau ramuan herbal secara rutin.

Bukan hanya untuk program hamil, ramuan ini juga dipercaya bisa bantu memperbaiki organ reproduksi, mengatasi masalah menstruasi, gangguan hormonal, hingga menstruasi yang berkepanjangan. Sehingga bisa digunakan sejak remaja perempuan.

Berikut ini adalah resep minuman herbal detox rahim yang bisa Moms coba buat. Ternyata bahannya sangat mudah dan bisa ditemukan di dapur.

Bahan

  • 1 sdt kapulaga
  • Seruas jahe yang sudah digeprek
  • 1 sdt ketumbar
  • Sebiji cengkeh
  • 3-5 cm kayu manis
  • 1 sdm madu

Cara Membuat

  1. Rebus jahe dengan 250 ml air, cukup dua menit dan jangan sampai terlalu mendidih
  2. Tuang ketumbar, kapulaga, dan kayu manis ke dalam gelas. Setelah itu, tambahkan air dan jahe yang telah direbus barusan ke dalamnya.
  3. Tunggu sebentar, kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu dan aduk hingga rata.
  4. Saring terlebih dahulu kemudian minum secara rutin, satu kali sehari, di pagi hari sebelum makan.

Mengonsumsi minumban berbahan herbal tentunya terbilang aman apabila dalam jumlah wajar. Tteapi jika Mom ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, maka konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Baca Juga: Minum Jamu saat Hamil, Bolehkah Dilakukan? Ini Kata Ahli!

Cara Detox Rahim Lainnya

6. Jus Sayuran

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya dengan ramuan di atas saja, Moms juga bisa menerapkan beberapa cara berikut ini untuk detox rahim.

Sebagian besar langkahnya hampir sama dengan detox tubuh, ini karena program pembersihan atau detoksifikas bisa meningkatkan peluang hamil.

Detox tubuh akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan hormon sehingga tubuh optimal dan siap hamil.

Yuk Moms ikuti cara-cara berikut:

  • Mengonsumsi air jeruk lemon atau jeruk nipis secara rutin
  • Mengonsumsi jus buah dan sayuran, setidaknya selama 3 hari berturut-turut untuk mengurangi racun di dalam tubuh
  • Ubah pola makan. Perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Pastikan nutrisi makronutrien dan mikronutrien terpenuhi dengan baik setiap harinya.
  • Pastikan tubuh terhidrasi dengan cara rutin minum air mineral
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik
  • Rutin olahraga dan hilangkan kebiasaan tidak sehat seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Itu dia Moms informasi seputar detox rahim dengan bahan alami yang rendah resiko.

Ada pula detox rahim lain yang dikenal adalah dengan memasukkan bola pembersih, seperti sabun tetapi berukuran sedikit lebih kecil, berbahan herbal ke dalam vagina.

Metode tersebut terkenal di Amerika namun telah dilarang karena dapat menyebabkan endometriosis hingga kista ovarium, lho.

Jadi sebaiknya gunakan metode minuman herbal dan pola hidup sehat saja ya, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4443385/
  • https://www.theindusparent.com/marigold-is-the-best-pre-pregnancy-detox-food-for-your-uterus
  • https://natural-fertility-info.com/prepare-for-conception
  • https://natural-fertility-info.com/10-detox-tips.html
  • https://www.premamawellness.com/blogs/blog/birth-control-cleanse
  • https://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/health-news/women-putting-herb-balls-in-vagina-to-detox-their-wombs-have-been-warned-of-dangers-a6814671.html
  • https://www.verywellhealth.com/common-uterine-conditions-3521135
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait