Kesehatan

4 Juni 2021

Diabetes Tipe 1: Pengertian, Penyebab, Cara Merawatnya

Mengetahui bahaya, penyebab, dan perawatan orang-orang yang terkena diabetes tipe 1.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Diabetes tipe 1 adalah sebuah penyakit yang kronis. Pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 1 , sel pada pankreas yang memiliki tugas untuk membuat insulin sudah tidak lagi berfungsi dengan baik. Jadi, tubuh sudah tak lagi bisa membuat insulin.

Dilansir dari sebuah jurnal yang dipublikasi di laman U.S National Library of Medicine menjelaskan, diabetes tipe 1 sendiri merupakan sebuah penyakit autoimun kronis yang ditandai dengan berkurangnya insulin dan menyebabkan hiperglikemia.

Pengetahuan megenai diabetes tipe ini sudah meningkat pesat selama 25 tahun terakhir berkat berbagai macam penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli.

Insulin adalah sebuah hormon yang membantu sel dalam tubuh mengubah glukosa menjadi energi. Sementara tubuh kita mendapatkan glukosa sendiri dari makanan dan juga minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Insulin sendiri membawa glukosa dari darah menuju sel-sel dalam tubuh.

Baca Juga: Yuk Ketahui 5 Mitos dan Fakta Seputar Diabetes Pada Anak

Ketika sel dalam tubuh merasa sudah cukup memiliki glukosa, hati dan jaringan otot akan menyimpan sisa glukosa tersebut dalam gula darah dengan bentuk glikogen. Hal inilah yang dipercah menjadi gula darah dan akan dilepaskan ketika Moms membutuhkan energi di sela waktu makan, ketika olahraga atau bahkan saat Moms tidur.

Nah, pada penderita diabetes tipe 1, tubuh mereka tidak bisa memproses glukosa karena kekurangan insulin. Tanpa insulin, glukosa sendiri tidak bisa dibentuk sebagai energi untuk kemudian dipakai oleh tubuh agar bisa beraktivitas.

Hal inilah yang menyebabkan terlalu banyak glukosa yang bersirkulasi dalam darah. Kadar gila darah yang tinggi sendiri bisa menyebabkan masalah jangka pendek dan juga jangka panjang. Jadi, Moms perlu berhati-hati, ya!

Baca Juga: Patut Tahu Nih, 3 Tips Aman Makan Durian Untuk Penderita Diabetes

Penyebab Diabetes Tipe 1

diabetes tipe 1

Foto: Orami Photo Stock

Ketika diabetes tipe 1 menjadi sebuah kondisi yang menakutkan, Moms mungkin saat ini bertanya-tanya mengenai penyebab diabetes tipe yang ini.

Dilansir dari HealthLine, penyebab pasti dari diabetes tipe 1 sendiri masih belum diketahui. Namun, diketahui bahwa ini adalah sebuah kondisi autoimun.

Autoimun sendiri adalah sebuah kondisi ketika imun sistem yang dimiliki oleh tubuh kita salah menyerang sel yang berada di pankreas. Sementara sel yang berada di pankreas adalah sel yang membuat insulin. Para peneliti pun masih belum bisa mengetahui alasan atau penyebab diabetes tipe 1.

Meski demikian, ada berbagai faktor yang dipercaya terkait dan bisa menjadi penyebab diabetes tipe 1. Faktor tersebut adalah;

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sahur dan Berbuka Bagi Penderita Diabetes

1. Genetik atau Bawaan Lahir

Seseorang yang memiliki keluarga inti yang dalam hal ini berarti orangtua atau saudara kandung yang menderita diabetes tipe 1 memiliki risiko untuk menderita penyakit yang sama.

Hal ini juga diperkirakam karena keterikatan dengan gen HLA yang memiliki fungsi untuk menghasilkan protein dalam membentuk sistem kekebalan tubuh.

2. Usia

Tak bisa dipungkiri bahwa diabetes tipe 1 bisa menyerang orang dari berbagai kalangan dan juga berbagai usia. Namun para dokter dan ilmuan percaya bahwa penyebab diabetes tipe 1 sendiri adalah usia yang mulai menua.

Orang-orang yang sudah mulai memasuki usia senja memiliki risiko terkena diabetes tipe 1 lebih tinggi dari pada anak-anak. Terutama anak-anak yang berusia 4 hingga 14 tahun.

Baca Juga: Manis Legit nan Legendaris, Ini 6 Jajanan Tradisional dari Gula Merah Khas Indonesia

3. Letak Geografis

Mungkin Moms bertanya-tanya, kenapa letak geografis menjadi sebuah faktor penyebab diabetes 1. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin jauh tempat tinggal seseorang dari garis ekuator atau garis khatulistiwa maka semakin tinggi orang tersebut terserang diabetes tipe 1.

Jadi, meski penyebab diabetes tipe 1 masih belum diketahui secara jelas, faktor di atas bisa dipercaya sebagai faktor yang menjadi penyebab seseorang terkena diabetes tipe ini.

Baca Juga: Menderita Diabetes Namun Ingin Menikmati Pesta? Yuk Ikuti Panduan Ini

Cara Mengobati Diabetes Tipe 1

diabetes tipe 1

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms sudah ditetapkan terdiagnosa diabetes tipe 1, berarti tubuh Moms sudah tidak bisa membuat insulinnya sendiri.

Moms akan diminta untuk menyuntikkan insulin agar bisa membantu tubuh mengolah gula menjadi energi.

Melansir sebuah penelitian yang berjudul Type 1 Diabetes – A Clinical Perspective, tujuan paling penting dari pengobatan adalah dengan menjaga glukosa agar mendekati kisaran normal tanpa perlu menyebabkan hipoglikemia dalam jumlah yang terlalu banyak sehingga tak bisa diterima oleh tubuh.

Ada beberapa cara dalam mengobati diabetes tipe 1, seperti pembahasan berikut ini.

1. Menggunakan Insulin

Orang dengan diabetes tipe 1 harus mengonsumsi insulin setiap hari. Biasanya insulin sendiri dimasukkan ke dalam tubuh dengan suntikan.

Bukan hanya dengan suntikan, penderita kondisi ini pun bisa memasukkan insulin ke tubuh dengan menggunakan pompa insulin. Pompa tersebut diletakkan di kulit.

Bagi sebagian orang, menggunakan pompa insulin lebih mudah ketimbang harus menusuk diri sendiri dengan jarum. Pompa insulin juga bisa membantu meratakan naik turunnya gula dalam darah.

Jumlah insulin yang dibutuhkan pun bervariasi sepanjang hari. Orang dengan diabetes tipe 2 biasnaya akan mengatur konsumsi insulin dengan mengukur gula darah terlebih dahulu.

Dengan demikian mereka bisa mengetahui seberapa banyak insulin yang diperlukan. Pola makan dan olahraga sendiri bisa memengaruhi kadar gula darah.

Baca Juga: Pengertian Resistensi Insulin, Kondisi yang Bisa Menyebabkan Diabetes Tipe 2

2. Menggunakan Metformin

Metformin adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah yang bisa digunakan selain insulin.

Biasanya obat ini bisa digunakan sebagai obat tunggal atau dikombinasikan dengan obat penurun gula darah yang lain, Moms.

Dalam waktu bertahun-tahun, Metformin sendiri hanya digunakan oleh penderita diabetes tipe 2.

Namun, beberapa orang dengan diabetes tipe 1 bisa mengalami resistensi insulin. Ketika hal itu terjadi, penderita tidak akan mendapatkan atau merasakan manfaat dari insulin sebagaimana mestinya.

Metformin sendiri bisa membantu menurunkan gula dalam darah dengan mengurangi produksi gula di hati. Dokter sendiri pun mungkin akan menyarankan Moms menggunakan obat ini ketimbang insulin.

Baca Juga: 4 Vaksinasi Penting bagi Moms yang Sedang Merencanakan Kehamilan

3. Vaksin

diabetes tipe 1

Foto: Orami Photo Stock

Vaksin yang diperuntukkan bagi virus TBC mungkin saja bisa menjadi salah satu pengobatan bagi orang-orang diabetes tipe 1. Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang menerima 2 suntikan BCG vaksin megalami level gula darah yang stabil untuk paling tidak 5 tahun.

Pilihan ini mungkin masih belum bisa digunakan karena masih berada dalam penelitian.

4. Diet dan Olahraga

Salah satu cara untuk menangani diabetes tipe 1 adalah dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat.

Olahraga juga bisa membantu untuk menurunkan gula darah. Konsumsi insulin pun bisa jadi dibutuhkan dan disesuaikan setelah Moms melakukan olahraga.

Nah itu dia Moms, penyebab dan juga hal yang bisa dilakukan ketika terdiagnosa diabetes tipe 1. Sehat selalu, ya Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6661119/
  • https://www.healthline.com/health/type-1-diabetes-causes-symtoms-treatments#treatment
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5606981/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait