Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Bayi | Sep 18, 2018

Dicium Orang, Bayi Usia 11 Hari Ini Hampir Meninggal Kena Herpes

Bagikan


Siapa sangka sebuah kecupan bisa begitu membahayakan nyawa. Dikutip dari Dailymail.co.uk, seorang bayi berusia 11 hari hampir meninggal setelah dikecup seseorang yang terkena luka infeksi. Kecupan tersebut bahkan dinamai kecupan kematian.

Kisah perjuangan bayi bernama Oliver Miller itu diceritakan langsung oleh ibunya Lucy Kendall. Lucy menceritakan bahwa secara tiba-tiba anaknya menolak untuk menyusu. Oliver juga terlihat kesakitan saat melengkungkan punggungnya.

Melihat kondisi anaknya yang tidak biasa, Lucy langsung melarikan Oliver ke rumah sakit. Setibanya di rumah sakit, Oliver langsung masuk ruangan High Dependency Unit (HDU). Di sana, ia langsung mendapatkan bantuan oksigen, selang untuk makan, dan banyak selang lainnya untuk memasukkan obat.

Tertular dari Orang yang Memiliki Luka Infeksi

Setelah melalui serangkaian tes, dokter mendiagnosis Oliver mengidap herpes bayi yang dicurigai didapatkannya karena dikecup atau disentuh oleh seseorang yang memiliki luka infeksi. Orang dengan luka infeksi itu tidak sengaja menularkan virus herpes kepada Oliver.

Lucy mengatakan, ia kaget mendengar penjelasan dokter tentang sakit yang diderita anaknya. Menurut Lucy, dokter menjelaskan bahwa Oliver terkena virus herpes simplex-1 yang bisa ditularkan ke bayi baru lahir oleh orang-orang yang memiliki luka infeksi melalui kecupan atau sentuhan.

“Luka infeksi sangat menular jika masih basah. Mereka akan terus menularkan virus sampai betul-betul sembuh. Sangat mengerikan,” jelas Lucy.

Hingga saat ini, masih belum ada kejelasan siapa yang menularkan virus tersebut kepada Oliver mengingat baik Lucy maupun suaminya tidak memiliki luka infeksi.

Baca Juga: Kisah Baby Forrest, Anak yang Terlahir Tanpa Kaki dan Lengan Kiri

Harus Mengonsumsi Antibiotik selama Enam Bulan ke Depan

Oliver harus menghabiskan waktu selama 21 hari di rumah sakit sebelum diperbolehkan pulang. Oliver harus mengonsumsi antibiotik selama enam bulan ke depan dan harus terus menjalani tes.

“Ini sangat membuat kami trauma, terutama karena kami baru menjadi orang tua. Punya anak pertama saja sudah cukup menakutkan, ditambah lagi kondisinya seperti ini,” ucap Lucy.

Setelah kejadian mengerikan itu, Lucy meminta kepada seluruh ibu untuk melindungi bayi-bayi mereka dari orang-orang yang kemungkinan menyebarkan virus herpes.

“Kepada semua orang, tolonglah untuk menghargai bayi baru lahir dan menjauhlah jika Anda memiliki luka infeksi. Pastikan bayi-bayi aman,” tutur Lucy.

Baca Juga: 4 Perempuan Tertua di Dunia yang Melahirkan, Semuanya di Atas 60 Tahun!

Bukan Kasus Satu-satunya

Herpes bayi adalah penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang bayi yang sistem imunnya masih belum kuat untuk melawan virus tersebut. Kasus kematian karena virus ini juga sudah cukup banyak terjadi, salah satunya kasus kematian Leo Aldcroft.

Bayi mungil berusia 10 hari itu harus meninggal secara tragis setelah tertular virus herpes bayi dari ibunya.

“Satu dari tiga bayi yang bisa meninggal karena terkena virus itu. Ini sangat berbahaya dan semua orang harus memahaminya. Kami termasuk beruntung. Tapi jika terlambat sebentar saja, hasilnya mungkin akan berbeda,” jelas Lucy.

Sumber foto: dailymail.co.uk

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.