Kesehatan

KESEHATAN
22 November 2019

Ingin Coba Diet Bebas Gluten? Begini Caranya!

Diet ini cocok dilakukan oleh mereka yang menderita penyakit celiac
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak yang percaya bahwa diet bebas gluten hanyalah cara cepat untuk menurunkan berat badan. Namun, hal ini tidaklah benar.

Diet bebas gluten saat ini adalah satu-satunya pengobatan untuk orang yang menderita penyakit celiac.

Orang yang hidup dengan sensitivitas gluten non-celiac ('sensitivitas gluten') juga mendapat manfaat dari hidup bebas gluten ini.

Bagi orang yang tidak bisa mentolerir gluten, protein yang ditemukan dalam jenis gandum apapun, kelimpahan ini adalah berkah. Tetapi kini makanan bebas gluten menjadi populer.

Baca Juga: 9 Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan

Diet bebas gluten ini biasanya dipercaya dapat menurunkan berat badan, meningkatkan energi, mengobati autisme, atau umumnya untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

Namun menurut Dr. Leffler, asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School, orang yang peka terhadap gluten mungkin merasa lebih baik bila menjalani diet bebas gluten.

Namun, tidak bagi mereka yang normal. Diet ini hanya akan membuang-buang uang bila dijalani oleh mereka yang tidak sensitif tehadap gluten, karena produk-produk ini mahal.

Nah, untuk Moms yang ingin mencoba diet bebas gluten, bagaimanakah caranya? Kita lihat di bawah yuk.

Diet Bebas Gluten

diet bebas gluten

Menghindari gluten berarti lebih dari tidak makan roti tradisional, sereal, pasta, pizza, dan bir. Gluten juga mengintai di banyak produk lain, termasuk sayuran beku dalam saus, kecap, beberapa makanan yang dibuat dengan "perasa alami," suplemen vitamin dan mineral, beberapa obat, dan bahkan pasta gigi. Ini membuat mengikuti diet bebas gluten sangat menantang.

Jika Moms bertekad untuk diet bebas gluten, penting untuk mengetahui bahwa gluten dapat membuat kita kekurangan gizi. Mengapa? Karena roti dan sereal misalnya merupakan sumber dari vitamin B.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, walaupun telah banyak roti yang terbuat dari beras, tepung tapioka, dan bahan bebas gluten lainnya sudah mulai umum, jenis makanan ini tidak mengandung vitamin.

Hal ini bisa menjadi masalah bagi siapa saja, terutama bagi para wanita hamil atau yang akan hamil.

Mereka membutuhkan vitamin B9, atau yang lebih dikenal dengan folic acid untuk menghindari cacat lahir.

Mengonsumsi suplemen multivitamin-multimineral bebas gluten adalah ide bagus bagi siapa pun yang mencoba menghindari gluten.

Baca Juga: Sereal, Baikkah Untuk Anak?

Apa yang Harus Diperhatikan untuk Diet Bebas Gluten

diet bebas gluten

Menghindari gluten sepenuhnya bisa menjadi suatu tantangan berat. Ini karena gluten banyak ditemukan dalam bahan umum yang ditambahkan ke makanan.

Dilansir dari Celiac Disease Foundation, berikut beberapa makanan mengandung gluten yang harus dihindari:

  • Makanan berbasis gandum seperti roti, pasta, salad dressing
  • Sereal
  • Barley
  • Kacang panggang
  • Keripik
  • Pretzel
  • Pizza
  • Kue kering

Baca Juga: Ini yang Mungkin Terjadi Jika Ibu Hamil Mengonsumsi Gluten

Cara termudah untuk menghindari gluten adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung bahan tunggal. Jika tidak, Moms harus membaca label makanan dari sebagian besar makanan yang dibeli.

Oat bebas gluten secara alami. Namun, mereka sering terkontaminasi dengan gluten, karena mungkin diproses di pabrik yang sama dengan makanan berbasis gandum.

Itu dia beberapa hal yang harus Moms perhatikan bila ingin menjalani diet bebas gluten. Bila masih ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait