Kesehatan

4 Agustus 2021

Panduan Diet Golongan Darah O untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak orang percaya bahwa golongan darah seseorang dapat mempengaruhi diet mereka
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tengok aturan diet golongan darah O di sini, yuk.

Dipopulerkan oleh naturopath Peter J. D'Adamo, diet golongan darah dimaksudkan untuk menjaga kesehatan dan menurunkan risiko pengembangan penyakit tertentu.

Terlepas dari popularitasnya, belum ada penelitian ilmiah yang serius tentang diet golongan darah, dan hal tersebut tidak diakui oleh D’Adamo.

Baru di tahun 2014, ada studi yang diterbitkan dalam Public Library of Science, yang menyimpulkan bahwa: "Temuan ini tidak mendukung hipotesis diet golongan darah."

Selain itu, American Journal of Clinical Nutrition melakukan tinjauan data yang berkaitan dengan diet golongan darah dan menyatakan: "Tidak ada bukti untuk mengonfirmasi manfaat kesehatan yang diklaim dari diet golongan darah."

Meskipun bukti ilmiahnya kurang, kita akan mempelajari mengapa beberapa orang percaya bahwa golongan darah seseorang dapat mempengaruhi diet mereka. Dan manfaat lebih apa yang didapat diet golongan darah O.

Baca Juga: 9 Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan

Fakta Tentang Diet Golongan Darah O

Konsumsi Daging dan Unggas

Foto: Orami Photo Stock

  • Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa golongan darah berisiko terkena penyakit atau kondisi tertentu.
  • Orang dengan darah tipe O telah terbukti memiliki tingkat asam lambung yang lebih tinggi daripada orang-orang dengan golongan darah lain, yang membuat mencerna protein dan lemak lebih mudah untuk kelompok ini.
  • Darah O unik karena memiliki antibodi A dan B dalam plasma, meskipun tidak pada sel itu sendiri, sehingga tidak akan menyerang golongan darah A atau B sebagai penjajah asing.
  • Daging dan produk hewani, seperti ikan dan unggas, berada di bagian atas daftar pilihan untuk diet darah tipe O, karena mereka dimetabolisme dengan baik oleh kelompok darah ini.

Baca Juga: Diet Golongan Darah: Apa Benar Ampuh?

Menurut diet golongan darah, untuk kesehatan diet terbaik berdasarkan golongan darah, makanan tertentu harus dimakan atau dihindari dalam kelompok tipe O.

Berdasarkan teori diet golongan darah, orang dengan golongan darah O dapat melakukan diet yang terbaik dengan latihan fisik yang intens dan protein hewani, sementara produk susu dan biji-bijian dapat menyebabkan masalah.

Menurut D'Adamo, gluten, lentil, kacang merah, jagung, dan kubis dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada orang dengan golongan darah ini. Kondisi kesehatan yang terkait dengan tipe O termasuk asma, demam, dan alergi lainnya, dan radang sendi.

Makanan berikut adalah yang direkomendasikan oleh para pendukung diet golongan darah bagi mereka yang memiliki golongan darah O:

1. Protein Hewani

protein hewani untuk diet golongan darah o

Foto: Orami Photo Stock

Diet ini merekomendasikan bahwa orang dengan golongan darah O harus mengonsumsi produk hewani yang "bermanfaat", termasuk:

  • daging sapi
  • domba
  • daging domba
  • daging sapi muda
  • daging rusa
  • ikan kod
  • ikan haring
  • ikan kembung

Orang-orang dengan golongan darah O yang mengikuti diet diperbolehkan untuk mengonsumsi sebagian besar produk daging, termasuk ikan air dingin. Pengecualian tercantum lebih jauh di bawah artikel ini.

2. Susu

susu untuk diet golongan darah o.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun susu dan telur harus dihindari, orang yang mengikuti diet golongan darah o kadang-kadang dapat mengkonsumsi produk termasuk:

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Ampuh

3. Kacang

kacang untuk diet golongan darah o

Foto: Orami Photo Stock

Kacang-kacangan adalah sumber protein dan lemak sehat, dan orang yang mengikuti diet biasanya memiliki sebagian besar kacang, kecuali kacang yang tercantum dalam daftar "hindari".

Kacang dan biji yang cocok tersedia untuk dibeli secara online, termasuk kenari, hazelnut, dan almond. Biji labu dan kacang walnut dipercaya sebagai yang paling bermanfaat untuk dimakan.

Kebanyakan kacang dipercaya dapat ditoleransi dengan baik oleh orang-orang dengan darah tipe O, berikut jenis kacang untuk diet golongan darah o yang paling bermanfaat:

4. Berbagai Jenis Biji-bijian

gandum untuk diet golongan darah o

Foto: Orami Photo Stock

Hanya beberapa jenis biji-bijian, termasuk soba, gandum, beras, dan millet yang dapat diterima dalam diet tipe O.

Sementara sebagian besar biji-bijian harus dihindari, ada beberapa yang ditoleransi, termasuk:

  • soba
  • beras
  • kamut
  • kasha
  • jawawut
  • gandum hitam
  • dieja
  • roti essene dan ezekiel.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet? Pakai Timbangan Saja!

5. Sayuran

Sayuran-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kecuali beberapa yang harus dihindari, banyak sayuran diyakini dapat ditoleransi dengan baik. Beberapa yang direkomendasikan untuk diet termasuk:

Baca Juga: Yuk Mengenal Ketogenic, Diet Karbo dan Tinggi Lemak!

6. Buah-buahan

buah-buahan untuk diet golongan darah o

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa buah yang direkomendasikan untuk orang dengan golongan darah O antara lain:

7. Rempah-rempah dan Bumbu

rempah dan bumbu untuk diet golongan darah o

Foto: Orami Photo Stock

Rempah-rempah yang dapat dinikmati oleh orang-orang yang mengikuti diet meliputi:

  • bumbu berbasis rumput laut
  • garam beryodium
  • peterseli
  • kari
  • cabai rawit
  • biji cokelat
  • madu

Baca Juga: 7 Aturan dan Cara Minum Teh Hijau untuk Diet, Jangan sampai Salah ya!

Risiko Kesehatan dari Diet Berdasarkan Golongan Darah

risiko diet berdasarkan golongan darah

Foto: Orami Photo Stock

Pendukung diet golongan darah mengklaim bahwa program ini dapat membantu tubuh untuk membakar lemak lebih efisien, meningkatkan tingkat energi, mendukung sistem kekebalan, dan menurunkan risiko masalah kesehatan utama seperti penyakit jantung dan kanker.

Namun sekali lagi hingga saat ini, klaim diet berdasarkan golongan darah masih kekurangan bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini.

Selain itu, tidak ada penelitian yang mendukung bahwa diet golongan darah adalah strategi penurunan berat badan yang efektif. Justru cukup berisiko untuk kesehatan, lho.

Meskipun pendukung diet golongan darah menyarankan bahwa penggunaan suplemen makanan dapat membantu orang yang mengikuti rencana diet dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi suplemen makanan tersebut tidak dianggap sebagai pengganti yang masuk akal untuk rencana makan yang sehat dan seimbang ketika hendak diet atau mengatur pola makan.

Pasalnya, diet yang ditentukan untuk golongan darah A dan diet golongan darah O bersifat restriktif, ada beberapa kekhawatiran bahwa individu yang mengikuti diet ini mungkin gagal mencapai asupan vitamin dan mineral yang cukup yang penting untuk kesehatan.

Selain itu, tinjauan penelitian yang diterbitkan oleh Oxford Academic pada tahun 2013 menemukan bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung klaim kesehatan apa pun yang terkait dengan diet golongan darah.

Dalam ulasan ini, para ilmuwan melihat 16 laporan yang diterbitkan sebelumnya tentang diet golongan darah dan menyimpulkan bahwa "saat ini tidak ada bukti untuk mengonfirmasi manfaat kesehatan yang diakui dari diet golongan darah."

Nah, itu dia Moms penjelasan mengenai diet golongan darah O. Jadi, apakah Moms yang bergolongan darah O masih penasaran dan ingin mencobanya?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3893150/
  • https://academic.oup.com/ajcn/article/98/1/99/4578345
  • https://www.verywellfit.com/the-blood-type-diet-89893
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait