Kesehatan

25 Juli 2021

10 Diet Korea Idol, Mulai dari IU Hingga Jennie "Blackpink"

Rahasia langsingnya idol Korea
placeholder

Foto: instagram.com/dlwlrma

placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Amelia Puteri

Ketika mendengar tentang dunia hiburan Korea Selatan, pasti yang terlintas pertama kali adalah paras cantik dan bentuk tubuh yang bagus ya, Moms? Maka tidak heran banyak yang mencari cara diet Korea.

Namun, bentuk tubuh langsing yang mereka miliki saat itu pun didapat dengan cara yang tidak instan, lho Moms.

Selain berolahraga, menjaga asupan makanan menjadi salah satu cara yang paling penting dalam menjalani diet. Saat menjalani diet, para aktris dan idol K-Pop cantik ini harus berjuang menahan nafsu agar tidak tergoda makanan-makanan yang pantang mereka santap.

Nah, penasaran apa saja diet Korea ala selebritas Negeri Ginseng? Yuk Moms simak informasinya berikut ini!

Baca Juga: 9 Essence Korea untuk Kulit Cerah dan Lembap Seperti Artis Korea

Ragam Diet Korea Selatan

Diet Korea memang diklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat dalam waktu singkat. Jika Moms ingin mencari tahu seperti apa diet Korea ala idol, simak beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Diet Time Limit Ala Bae Suzy

4-suzy.jpg

Foto: pinterest.com

Diet Korea yang pertama adalah diet time limit yang dipopulerkan oleh Bae Suzy di Korea. Mantan anggota group girl band Miss A ini memang terkenal dengan postur tubuhnya yang sehat dan berisi.

Diet Korea satu ini sedikit berbeda, lho Moms. Wajar saja berkat diet time limit ini, penampilan Suzy menawan dan bugar. Ingin tahu rahasianya?

Suzy membatasi waktu makan dan jenis makanan yang bisa dikonsumsi tiap harinya. Suzy melatih diri untuk tidak makanan setelah jam 6 sore.

Pada waktu tersebut, dianggap bahwa tubuh mulai beristirahat dan kurang optimal memproses makanan. Menu ayam tanpa kulit, salad, beras merah, ubi-ubian termasuk dalam jenis makanan yang kerap disantapnya.

2. Diet Apel dan Yoghurt Ala Kang Sora

kang sora.jpg

Foto: pinterest.com

Artis cantik Kang So Ra juga mengawali kariernya dengan perjuangan diet. Bahkan, dulu ia sempat memiliki berat lebih dari 72 kg dan berjuang menurunkan hingga 48 kg.

Nah jika Moms sedang menghadapi berat badan berlebih, mungkin bisa meniru diet Korea satu ini.

Untuk menu dietnya, So Ra biasa mengonsumsi satu apel dan secangkir yogurt untuk sarapan, kemudian makan siang dengan semangkuk bubur labu dan makanan Korea (sayur dengan nasi merah).

Terakhir, ia mengonsumsi satu ubi jalar, selada, dan sepotong roti di malam hari.

Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Diet, Bisa Buat Langsing!

3. Diet Korea Ala Seolhyun "AOA"

Seolhyun.jpg

Foto: pinterest.com

Siapa yang tak kenal Seolhyun? Member dari grup AOA dan juga aktris ini, sangat terkenal dengan bentuk badannya yang dinilai body goals.

Namun siapa sangka, Seolhyun pernah memiliki berat badan mencapai 60 kg. Ini dia tips diet Korea ala Seolhyun.

Dalam sebuah acara televisi, ia pernah mengungkapkan bahwa dirinya menjalankan diet dengan hanya mengonsumsi ubi jalar, telur rebus, dan salad. Kini, ia tampil lebih percaya diri dengan bobot 47 kg saja.

4. Diet Jus Alami Ala Chanmi "AOA"

Chanmi.jpeg

Foto: soompi.com

Tips diet Korea selanjutnya datang lagi dari anggota grup AOA, Heo Chanmi.

Berbeda dengan Seolhyun, Chami mempercayakan detoks jus untuk berdiet. Dalam menjalankan dietnya, Chanmi dapat menghabiskan sampai lima atau enam botol jus untuk lima hari berturut-turut.

Diet ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Awalnya tubuh akan merasa tidak enak karena sedang melakukan detoksifikasi atau sedang mengeluarkan racun-racun.

Ini bukan diet untuk Moms yang tidak menyukai buah-buahan atau sayuran, ya. Karena tiap harinya, Moms harus membuat jus yang merupakan kombinasi antara sayuran dan buah.

Jaga berat tubuh agar lebih stabil dengan olahraga seperti angkat beban atau latihan kardio. 

Baca Juga: 5 Sayuran untuk Diet yang Membantu Menurunkan Berat Badan

5. Diet Batasan Kalori Ala Jennie "Blackpink"

Jennie.jpg

Foto: pinterest.com

Jennie melakukan diet Korea dengan batasan kalori per harinya. Hari pertama, Jennie hanya boleh mengonsumsi 1.000 kalori, hari kedua 500 kalori, hari keempat 900 kalori, dan hari keempat 600 kalori.

Selain itu, diet ala anggota Blackpink ini ini juga menerapkan aturan berupa, cara makan yang tidak boleh terburu-buru, makan harus tiga kali sehari walaupun hanya mengonsumsi 500 kalori, lalu menjaga asupan gula dan garam, minum air putih 2 liter per hari, terakhir konsumsi makanan dan minuman sehat.

6. Diet Kalori Ala IU

IU-20200902104438.jpg

Foto: pinterest.com

Beberapa saat lalu, diet Korea IU ramai menjadi perbincangan di dunia maya. Ini karena sekali bersantap, IU memastikan hidangan tidak lebih dari 700 kalori.

Adapun, menunya menggunakan tiga makanan saja, yakni satu apel untuk sarapan, satu ubi untuk makan siang, dan secangkir protein shake untuk malam hari.

Cara diet Korea IU ini diklaim sebagai diet Korea yang cepat menurunkan berat badan, yakni 8 sampai 10 kg dalam waktu satu minggu.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 6 Bahaya Diet Terlalu Ekstrem

7. Diet Pisang Ala Jeon Somi

somi.jpg

Foto: pinterest.com

Buah yang kaya dengan Pottasium ini mengandung serat yang mengenyangkan. Sepertinya diet ini cukup populer dikalangan aktor Korea Selatan sehingga dijadikan acuan diet Korea oleh mantan anggota girl band I.O.I, Jeon So-mi.

Coba cara efektif berdiet dengan pisang yang bisa divariasikan agar tidak bosan. Moms bisa coba dengan dua pisang dan dua gelas air putih untuk sarapan.

Saat makan siang sebaiknya makan sayur tanpa nasi. Lalu di sore atau malam hari bisa kembali makan pisang sebagai camilan sehat. 

8. Diet Kaya Buah dan Sayuran Ala Park Boram

Park Boram.jpeg

Foto: soompi.com

Idol cantik ini namanya makin dikenal melalui program audisi. Selama audisi berlangsung, ia memiliki berat badan mencapai 77 kg.

Lewat diet dan olahraga secara konsisten selama empat tahun, ia kehilangan lebih dari 32 kg. Lalu apa rahasia diet Korea ala Park Boram? 

Park Bo Ram mengungkapkan bahwa rahasianya adalah mengonsumsi ubi, tomat, paprika, dan mentimun untuk sarapan, sedangkan salad ayam ia konsumsi ketika makan siang.

Kemudian aneka kacang, pisang, telur rebus ia jadikan cemilan di sore hari. Sedangkan daging dada ayam dan kubis untuk di makan pada malam hari.

Baca Juga: Ingin Langsing? Pilih Diet atau Olahraga?

9. Diet Protein Ala Ailee

Ailee.jpeg

Foto: pinterest.com

Solois ternama Korea, Ailee, juga membuat banyak orang kagum karena mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Ia menarik perhatian publik ketika mengungkapkan bahwa ia melakukan diet ekstrim dan membatasi asupan kalori.

Pelantun lagu "I Will Go to You Like the First Snow" ini hanya mengonsumsi protein seperti dada ayam, steak, atau daging babi.

Untuk pagi dan siang hari, ia memilih makan 100 gram protein, dua mangkuk sayuran dan satu buah. Lalu ia akan melewatkan makan malam. Wah, bagaimana menurut Moms dengan diet Korea satu ini?

Baca Juga: 7 Restoran dan Kafe Milik Kpop Idol yang Harus Kita Kunjungi

10. Diet Korea Ala Soyou "SISTAR"

soyou.jpg

Foto: pinterest.com

Soyou SISTAR melaksanakan diet ketat dengan bantuan olahraga. Ia pun berhasil menurunkan berat badan sebanyak 8 kg dalam waktu satu bulan.

Menu makan diet Korea ala Soyou ini adalah satu ubi untuk sarapan, tiga telur rebus, dan sepotong roti untuk makan siang. Terakhir, makan malamnya adalah tiga potong gimbab.

Itu dia 10 cara diet Korea yang menjawab rasa penasaran Moms akan badan bagus para idol dan aktris Korea.

Tetapi, penting dicatat bahwa Moms sebaiknya berkonsultasi ke dokter bila ingin menurunkan berat badan, ya. Mengingat diet Korea memiliki jenis asupan makanan dan minuman, serta kalori yang cenderung lebih sedikit dari kebutuhan nutrisi harian pada seseorang.

  • https://www.healthline.com/nutrition/korean-kpop-diet
  • https://nylonpink.tv/10-reasons-korean-women-dont-get-fat-secrets-korean-diet/
  • https://www.creatrip.com/en/blog/7134/5-Korean-Celebrities-Diet-Menu

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait