Kehamilan

KEHAMILAN
31 Juli 2020

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS

Utamakan makanan dengan indeks glikemik rendah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Memiliki PCOS tentu saja membuat Moms harus memperhatikan banyak hal ketika sedang atau akan menjalani program hamil.

Salah satunya adalah menghindari makanan yang dapat memperburuk kondisi Moms.

Makanan Diet Prakonsepsi untuk Penderita PCOS

Nah, di bawah ini telah kami siapkan rangkuman mengenai makanan apa saja yang direkomendasikan untuk penderita PCOS selama menjalani diet prakonsepsi.

Baca Juga: Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil

1. Makanan Dengan Indeks Glikemik Rendah

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS 1

Foto: pexels.com

Sebuah studi dalam Journal of Nutritional Health & Food Science, menunjukkan bahwa asupan kalori penderita PCOS harus dibagi menjadi beberapa waktu makan per hari, dengan asupan kalori yang rendah dari makanan ataupun minuman.

Selain itu, asupan tinggi karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah harus dihindari karena berkontribusi terhadap penambahan berat badan, yang dapat memperburuk PCOS.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Jika Penderita PCOS Ingin Hamil

2. Biji-bijian Utuh dan Protein

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS 2

Foto: pexels.com

“Diet seimbang dengan biji-bijian, protein, sayuran berdaun hijau dan banyak konsumsi air sangat penting dalam diet PCOS. Idealnya, makanan harus terdiri dari 50% karbohidrat, 30% protein, dan 20% lemak,” kata Dr Usha Bohra, OB / GYN di Apollo Hospitals, Ahmedabad, seperti dikutip dari Hindustan Times.

“Kontrol porsi juga merupakan keharusan bagi pasien PCOS.”

3. Makanan Tinggi Serat

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS 3

Foto: pexels.com

Mengutip situs Unlock Food Kanada, makan lebih banyak serat dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kolesterol penderita PCOS. Serat juga membantu membuat Moms merasa kenyang lebih lama sehingga cenderung makan lebih sedikit. Ini sangat membantu untuk mengontrol berat badan penderita PCOS.

Beberapa sumber serat yang paling direkomendasikan untuk diet prakonsepsi bagi penderita PCOS antara lain:

  • Sayuran, terutama kacang polong, bayam, labu dan brokoli.
  • Buah, terutama beri, pir, jeruk, ara, dan kiwi.
  • Gandum utuh, beras merah, quinoa, gandum, jelai dan buckwheat.
  • Legum seperti lentil, buncis, kedelai dan kacang merah.
  • Sereal yang dibuat dari dedak gandum, psyllium atau gandum utuh.
  • Kacang dan biji, seperti almond, rami, dan biji bunga matahari

Baca Juga: 5 Mitos PCOS yang Wajib Moms Ketahui agar Tidak Simpang Siur

4. Protein Tanpa Lemak

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS 4

Foto: pexels.com

Makan lebih banyak protein tanpa lemak diketahui dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat kenyang lebih lama.

“Saya sarankan untuk menyertakan 2 hingga 3 porsi ikan (rendah merkuri) per minggu, ayam (panggang atau bakar), dan sumber protein nabati,” kata James Nodler, MD, direktur CCRM Houston, seperti dikutip dari situs CCRM Fertility.

Baca Juga: Sukses Hamil Setelah Berjuang Melawan PCOS, Fitrop Bagikan Kegembiraan Saat USG

5. Makanan Dari Kedelai Organik Utuh

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS 5

Foto: unsplash.com

Kedelai organik utuh telah terbukti meningkatkan kesuburan pada wanita dengan PCOS. Bahkan penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat meningkatkan kemungkinan hamil.

Adapun contoh makanan yang mengandung kedelai organik yang disebut-sebut baik untuk diet PCOS meliputi miso, edamame, dan tempe.

Baca Juga: Bagaimana Kacang Kedelai Dapat Memengaruhi Fertilitas

6. Makanan Anti Inflamasi

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS 6

Foto: pexels.com

Situs Parenting FirstCry menyebutkan bahwa kadar insulin bukan hanya menyebabkan penambahan berat badan dan peradangan, tetapi juga kelelahan dan kelemahan. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan anti inflamasi sangat penting untuk membantu mengurangi kadar insulin.

Makanan dan minuman anti peradangan yang diketahui baik bagi penderita PCOS adalah:

  • Teh hijau
  • Zaitun
  • Kacang-kacangan dan lentil
  • Cokelat hitam
  • Kelapa
  • Kunyit
  • Kayu manis

Selain itu, Moms juga dapat menggunakan extra virgin olive oil (EVOO) sebagai pelengkap salad atau kebutuhan masak sehari-hari. Sebagaimana diketahui EVOO adalah jenis minyak yang diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Itulah rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi saat diet prakonsepsi bagi penderita PCOS. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan makanan yang Moms inginkan.

Baca Juga: Apakah Diet Saat Program Hamil Tengah Berjalan Baik untuk Dilakukan?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait