Pernikahan & Seks

19 Desember 2019

Disfungsi Ereksi Dipengaruhi Kesehatan Mulut? Begini Penjelasannya

Jika Dads memiliki kesehatan mulut yang buruk, mungkin bisa terjadi disfungsi ereksi.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Disfungsi ereksi adalah salah satu masalah seks paling umum yang dilaporkan kepada dokter mereka. Dan ternyata ada hubungannya dengan kesehatan mulut! Disfungsi ereksi paling sering terjadi ketika aliran darah di penis terganggu.

Banyak faktor yang menyebabkan disfungsi ereksi, di antaranya adalah memiliki masalah kesehatan, yakni seperti mempunyai gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, kardiovaskular, dan kolesterol tinggi, lalu sering merokok, menggunakan narkoba, minum terlalu banyak alkohol, kurang berolahraga, stres, dan depresi.

Disfungsi ereksi nyatanya juga memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan mulut.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa pria berusia 30-an yang memiliki penyakit periodontal parah 3x lebih mungkin menderita masalah ereksi.

Peneliti Turki menemukan bahwa 53% pasien pria dengan disfungsi ereksi memiliki penyakit gusi parah dibandingkan dengan 23% yang tidak memiliki disfungsi ereksi.

Penelitian ini melibatkan 80 pasien pria dengan disfungsi ereksi dan 82 pasien pria tanpa penyakit tersebut.

Baca Juga: Kaitan Hernia dan Disfungsi Seksual, Benarkah Memicu Kemandulan pada Pria?

Hubungan Antara Disfungsi Ereksi dan Kesehatan Mulut

Disfungsi Ereksi Dipengaruhi Kesehatan Mulut Begini Penjelasannya 01.jpg

Foto: singlecare.com

Ketika gigi sakit, akan terjadi peradangan yang merupakan respon alami tubuh. Hal tersebut dapat menyebar dari gusi dan membahayakan bagian tubuh lainnya.

Penyakit gusi ditandai dengan pendarahan pada gusi dan struktur tulang gigi, dan jika tidak ditangani, dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kehilangan gigi karena sel-sel kekebalan melancarkan serangan terhadap patogen di mulut.

Bakteri ini juga dapat meresap ke dalam aliran darah dan merusak pembuluh darah. Karena masalah ereksi dapat disebabkan oleh gangguan aliran darah di penis, kebersihan gigi yang buruk dapat dikaitkan dengan disfungsi ereksi.

Hal ini diperkuat dengan data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, di mana sekitar 150 juta pria di seluruh dunia menderita disfungsi ereksi dan hampir setengahnya memiliki penyakit periodontal.

Baca Juga: Wajib Tahu, Moms. Ini 4 Cara Meringankan Gejala Sakit Gigi pada Anak

Bukan Menjadi Faktor Utama

Disfungsi Ereksi Dipengaruhi Kesehatan Mulut Begini Penjelasannya 02.jpg

Foto: shutterstock.com

Nancy L. Newhouse, DDS, MS, Presiden American Academy of Periodontology dan seorang periodontist yang berpraktik di Independence, Missouri, mengatakan, penelitian telah mengindikasikan bahwa penyakit periodontal mungkin berhubungan dengan penyakit pembuluh darah, yang merupakan penyebab umum disfungsi ereksi.

Walaupun begitu, kesehatan mulut bukan menjadi tolak ukur atau faktor utama penyebab maupun tanda dari disfungsi ereksi.

"Penyakit periodontal dapat dikaitkan dengan atau dianggap sebagai faktor risiko untuk disfungsi ereksi, tetapi tidak selalu menjadi penyebabnya," ujarnya.

"Ini perlu penyelidikan lebih lanjut," tambah Dr. Nancy L. Newhouse.

Menyikat gigi secara rajin dan teratur dan mengunjungi dokter gigi secara rutin dapat mencegah bakteri yang memicu peradangan.

"Ini adalah faktor risiko yang bisa dikendalikan. Jika kita memiliki gusi yang sehat, maka kita baru saja menghilangkan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesehatan secara menyeluruh," tandas Dr. Nancy.

Itulah penjelasan tentang disfungsi ereksi pria dan kesehatan mulut. Jadi, Moms, selalu ingatkan Dads untuk memperhatikan kesehatan mulutnya, ya.

Baca Juga: Adakah Pengaruh Diabetes Pada Kesehatan Gigi dan Mulut Anak?

(SA)

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait