Parenting Islami

1 Februari 2021

3 Doa Agar Suami Tidak Selingkuh, Yuk Amalkan!

Baca doa agar suami tidak selingkuh untuk mengiringi suami saat berada di luar rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perselingkuhan bisa terjadi di mana saja, kapan saja dan dengan alasan apa saja. Apalagi saat ini, perkembangan teknologi yang canggih pun bisa mencari celah untuk berselingkuh, terutama saat sudah memiliki niat dan ada kesempatan.

Padahal, selingkuh adalah cobaan terberat dalam rumah tangga karena hal tersebut berkaitan dengan kepercayaan. Selain kepercayaan pasangan yang retak, anak akan menjadi korban yang paling menderita saat keluarga hancur karena perselingkuhan.

Karena banyak berada di luar rumah, suami menjadi pihak yang paling rentan untuk berselingkuh. Apalagi jika sudah memiliki harta dan jabatan, tak jarang para suami tergelincir dalam jurang kenistaan. Untuk itu, istri sangat berperan untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tahu Suami Berselingkuh?

Salah satu cara yang paling baik adalah dengan memanjatkan doa agar suami tidak selingkuh. Sebab, suami adalah kepala dalam kelurga yang bertanggung jawab langsung kepada Allah. Tentunya, berdoa kepada Allah adalah yang terbaik untuk meminta penjagaan Allah saat suami tidak bersama di rumah.

Untuk menjelaskan keutamaan berdoa, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat (itu) akan dibukakan untuknya. Tidak ada suatu permohonan yang lebih disenangi oleh Allah SWT dari pada permohonan (bagi) orang yang meminta keselamatan.

Sesungguhnya do’a itu bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan juga yang masih belum terjadi. Serta tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do’a (kita), untuk itu berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a.” (HR Turmudzi dan Hakim).

Doa Agar Suami Tidak Selingkuh

Doa Agar Suami Tidak Selingkuh -1

Foto: Orami Photo Stock

Lalu apa saja yang bisa dijadikan doa agar suami tidak selingkuh? Ada beberapa doa agar suami tidak selingkuh yang bisa dipanjatkan, salah satunya adalah berasal dari ayat suci Alquran.

Doa agar suami tidak selingkuh yang pertama adalah: “Allahumma innaa nas-alukat taubata wa dawaamahaa. Wa na’uudzu bika minal ma’shiyyati wa asbaabihaa wa dzakkirnaa bil khaufi minka qabla hujuumi khatharaatihaa wahmilnaa ‘alan najaati minhaa wa minat tafakkuri fii tharaaiqihaa wamhumin quluubinaa halaawata majtanainaahu minhaa wastabdilhaa bil karaahati lahaa wath thama’i limaa huwa bidhiddihaa."

Artinya: “Ya Allah, kami memohon petunjuk kepada-Mu sehingga kami senantiasa bertaubat dari segala dosa dan kesalahan. Dan saya berlindung kepada-Mu dari perbuatan maksiat serta sebab-sebabnya, dan jadikanlah kami senantiasa ingat kepada-Mu, sebelumnya datangnya keinginan untuk berbuat maksiat yang penuh bahaya.

Selamatkanlah karenanya ada perasaan tidak suka senantiasa pada perbuatan maksiat dan terbitkanlah dalam hati kami ada rasa loba untuk berbuat sebaliknya,”.

Ada juga doa agar suami tidak selingkuh selanjutnya yang meminta pengawasan untuk suami, yakni: “Walqoytu a’laika mahabbatam minii wa litusna’a ‘alaa ‘aini.”

Artinya: “Aku telah memberikan kepadamu sebuah kasih dan sayang yang datang dari-Ku, dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku,”.

Baca Juga: 6 Tips Menghadapi Suami Selingkuh, Hindari Bertindak Impulsif

Kemudian yang ketiga, para istri hendaknya membaca surat Ali Imran ayat 31 agar sang suami tetap setia, yakni: “Qul in kuntum tuhibbuuna Allaha fattabi ‘uunii yuhbibkumu Allahu wayaghfirlakum zunuubakum wallahu ghafuurun rahiim.”

Artinya: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS Al-Imran: 31).

Celah Selingkuh dari Pasangan

Doa Agar Suami Tidak Selingkuh -2

Foto: Orami Photo Stock

Ada salah satu cara untuk melihat celah perselingkuhan berdasarkan jenis kelamin. Menurut penelitian yang dilakukan Institute for Family Studies, laki-laki lebih cenderung berselingkuh daripada perempuan.

Penyebabnya adalah laki-laki sering mencari lebih banyak seks atau perhatian. Laki-laki mengungkapkan cinta dengan cara yang lebih mengandalkan fisik, jadi seks menjadi jalan penting menuju koneksi dan keintiman yang akan dirasakan oleh laki-laki.

Jika suami tidak puas secara seksual misalnya jika istri sering menolak berhubungan seks, maka suami akan mengingat penolakan itu dan itu dapat dengan mudah diterjemahkan menjadi perasaan ‘tidak dicintai’. Faktanya, pria lebih mungkin berselingkuh daripada perempuan karena perasaan tidak aman.

Ketika perempuan selingkuh, salah satu yang menjadi alasannya adalah mereka sering mencoba mengisi kekosongan emosional yang tidak diisi oleh pasangannya. Perempuan sering mengeluh tentang rentannya hubungan dari pasangan, dan keinginan untuk diinginkan dan disayangi.

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

Perempuan juga lebih cenderung merasa tidak dihargai atau diabaikan, dan mencari keintiman emosional dari hubungan di luar pernikahan yang sah. Perselingkuhan lebih sering menjadi media ‘transisi’ bagi perempuan sebagai cara untuk mengakhiri sebuah hubungan.

Bukan berarti kepuasan seksual bukanlah pendorong utama perselingkuhan bagi istri maupun suami. Demikian pula, kebosanan dengan hubungan perkawinan dapat menjadi penyebab lain saat laki-laki dan perempuan memutusakan untuk selingkuh.

Dalam sebuah penelitian dari International Journal of Sexual Health terhadap laki-laki dan perempuan yang secara aktif mengejar atau terlibat dalam perselingkuhan, keduanya mengatakan bahwa mereka berharap untuk meningkatkan kehidupan seks karena mereka merasa hubungan utama mereka kurang baik.

Mengingat hal-hal tersebut, ada baiknya untuk membaca doa agar suami tidak selingkuh, serta memperbaiki hal-hal terkait rumah tangga agar hubungan dengan pasangan tetap harmonis dan dijauhkan dari perselingkuhan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait