Parenting Islami

26 Mei 2021

3+ Doa Agar Terhindar dari Penyakit, Insya Allah Dikabulkan, Yuk Panjatkan!

Beberapa doa agar terhindar dari penyakit bersumber dari nabi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sehat adalah nikmat yang paling berharga dari Allah SWT. Namun ada kalanya manusi menghadapi beragam penyakit yang bisa mengancam. Selain dengan obat, ada ikhtiar lain yang bisa ilakukan yakni dengan membaca doa agar terhindar dari penyakit.

Dilihat dari perspektif psikologi menurut Jurnal UIN Antasari, doa memberi pengaruh luar biasa secara psikologis. Di antaranya mampu menenangkan serta meyakinkan diri tentang pilihan yang diambil.

Baca Juga: 10 Doa Agar Bayi Sungsang Bisa Kembali ke Posisi Normal, Yuk Amalkan!

Doa Agar Terhindar dari Penyakit

Doa Agar Terhindar dari Penyakit -1

Foto: Orami Photo Stock

Selain menjaga imunitas, umat muslim juga bisa membaca doa agar terhindar dari penyakit terutama yang menjadi pandemi saat ini di berbagai negara yaitu virus Corona. Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan, yakni:

1. Doa Agar Terhindar dari Penyakit yang Berbahaya

Doa ini merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dari hadis riwayat Anas RA, bahwa Rasulullah SAW pernah membaca doa agar terhindar dari penyakit ini pada suatu waktu yang bisa diikuti oleh umatnya.

Dalam hadis dari Anas RA tersebut disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan doa: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.” (HR Abu Daud).

Dikutip Nu Online, Abdul Muhsin Al-Abbad dalam Syarah Abu Dawud menafsirkan kata ‘sayyi’il asqam’ atau penyakit-penyakit buruk dalam hadits ini sebagai ragam penyakit yang membuat buruk rupa dan bahaya pada manusia.

2. Doa Meminta Kesehatan

Umat muslim juga disarankan untuk membaca doa meminta kesehatan. Sebab, akan banyak penyakit yang bisa dihindari jika memiliki tubuh yang kuat. Doa itu yakni: “Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Ada juga doa meminta kesehatan lainnya yang bisa dipanjatkan. Yakni: “Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka."

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

3. Doa Meminta Keselamatan

Doa meminta keselamatan ini juga termasuk dalam doa agar terhindar dari penyakit. Berikut lafadznya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Alqur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka.

Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

4. Doa Agar Diberi Perlindungan

Doa ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda: "Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku." (HR Muslim).

Ada juga doa dengan versi yang lain, yaitu: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu dan hilangnya kesehatan dari-Mu dan datangnya kutukan-Mu secara tiba-tiba dan dari segala kemarahan-Mu." (HR Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Baca Juga: 9 Doa Agar Anak Sholeh, Yuk Amalkan Moms dan Dads!

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Doa Agar Terhindar dari Penyakit -2

Foto: Orami Photo Stock

Memanjatkan doa agar terhindar dari penyakit juga bisa diperkuat dengan terus menjaga kesehatan tubuh. Dilansir RSI Jakarta Pondok Kopi, ada beberapa tips menjaga kesehatan tubuh, seperti:

1. Selalu Berpikir Positif

‘Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’. Maksud dari kalimat tersebut adalah jika jiwa seseorang selalu sehat dengan positive thinking, maka tubuh pun akan sehat. Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang.

Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan. Karena jika kita sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan memicu stres. Sikap mental yang positif juga merupakan bagian penting dari hidup sehat.

2. Kendalikan Stres

Ini termasuk dapat mengelola emosi dengan baik dan juga tidak mudah marah. Ini sangat penting karena akan mengikis energi tubuh dan juga tidak baik untuk kesehatan hati nantinya. Selain itu, perasaan seperti sedih, marah, cemas, kecewa, juga akan direspon oleh organ tubuh.

Stress yang dialami bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan akan mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit. Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjadi depresi yang merupakan tingkat gangguan psikis yang lebih berbahaya dibanding stress.

3. Kenali Bahasa Tubuh

Merasa kelelahan setelah melakukan aktifitas atau berolah raga menjadi bahasa untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu rehat. Jika sudah begitu, istirahat adalah jawabannya. Jangan dipaksakan karena merasa masih mampu untuk beraktivitas.

Istirahat merupakan hal yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina yang telah terkuras. Istirahat yang cukup dan teratur merupakan kunci pola hidup sehat. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan memiliki waktu tidur berkualitas sekitar 7 sampai 8 jam per hari.

Baca Juga: Lengkapi Ikhtiar dengan Doa Agar Cepat Hamil Ini, Yuk Lakukan!

4. Menjaga Pola Makan

Orang yang tidak bisa mejaga pola makan akan mudah terkena penyakit seperti maag. Gejalanya bisa berupa perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut. Untuk menghindari hal itu, berikut juga beberapa tips menjaga pola makan yang baik:

  • Mengkonsumsi gizi seimbang.
  • Hindari makan berlebihan atau kurang makan.
  • Makan dengan porsi sedikit tapi sering.
  • Hindari junk food.
  • Konsumsi makanan berserat.

5. Cukupi Kebutuhan Cairan

Air merupakan hal yang penting bagi tubuh, karena sebagaian besar tubuh terdiri dari cairan. Asupak air yang sesuai dibutuhkan karena seseorang dapat kehilangan cairan setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan.

Jumlah air yang dibutuhkan tergantung pada berbagai faktor, seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik, dan juga berat badan. Tetapi umumnya seseorang perlu 2,7 sampai 3,7 liter asupan air atau setidaknya 8 gelas air per hari.

6. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh membutuhkan asupan vitamin sebagai cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan vitamin C.

Vitamin D berperan untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri, menguatkan tulang, membantu mencegah berbagai penyakit, serta mengurangi resiko penurunan daya ingat. Vitamin C berguna untuk menstabilkan sistem imun agar tidak mudah terserang penyakit.

7. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang mutlak harus dilakukan jika ingin tetap sehat dan bugar. Ada begitu banyak bakteri, kuman dan virus di sekitar kita yang berpotensi menjadi sumber penyakit.

Salah satu adalah mencuci tangan sebelum makan. Hidup sehat dan bersih juga harus dipraktekkan di lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan makanan dan minuman serta memastikan makanan yang akan kita makan bebas dari kuman.

8. Olah Raga Teratur

Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolah raga secara teratur, misalnya dengan jogging, bersepeda dan sebagainya. Atau bisa juga dilakukan dengan memperbanyak jalan kaki. Selain itu, hindari duduk terlalu lama karena dapat membuat badan menjadi cepat lelah.

Sesuaikan waktu olah raga sesuai kemampuan, tapi dilakukan secara rutin. Ini akan berguna untuk melancarkan peredaran darah serta membakar lemak di dalam tubuh. Tanpa olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh bisa menempel di jantung sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung.

Memanjatkan doa agar terhindar dari penyakit dengan khusuk juga bisa dilakukan pada waktu diijabahnya doa, seperti di sepertiga malam.

  • https://jurnal.uin-antasari.ac.id
  • https://www.islampos.com/doa-agar-terhindar-dari-penyakit-183238/
  • https://islam.nu.or.id/post/read/117973/doa-agar-terhindar-dari-wabah-penyakit-seperti-covid-19
  • https://znews.id/2020/01/29/doa-terhindar-dari-penyakit-berbahaya/
  • https://www.genpi.co/berita/68832/doa-diberi-kesehatan-dan-dijauhkan-dari-segala-jenis-penyakit
  • https://rumahsakitislam.com/2016-09-26-04-37-49/tips-kesehatan/267-9-tips-menjaga-kesehatan-tubuh-agar-tetap-sehat-dan-bugar
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait